10 tempat wisata favorit di Dieng - WisataHits
wisatahits

10 tempat wisata favorit di Dieng

Dataran Tinggi Dieng adalah daerah pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Meski mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui seluk beluk kehidupan dan pariwisata di Dieng, ternyata banyak fenomena aneh, unik dan menarik terjadi di kawasan Dieng. Selain itu, Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif, sehingga banyak wisata di Dieng yang terkait dengan hal tersebut.

Selain terkenal dengan keunikan bentang alamnya, kawasan Dieng juga terkenal dengan produksi pertanian dan wisata alamnya. Contoh produk pertanian Dieng yang terkenal adalah kentang, purwaceng dan buah carica. Bagi yang belum tahu, carica merupakan buah endemik Dieng yang bentuknya mirip pepaya, namun lebih kenyal. Yuk, intip tempat wisata Dieng 2018 yang paling recommended!

Ini adalah wisata favorit Dieng

Bukit Sikunir dan Danau Cebong

Wisata Bukit Dieng SikunirBukit Sikunir (c) @xspheriksx

Destinasi wisata Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan, sebuah bukit yang menawarkan pemandangan indah. Pemandangan paling menakjubkan di sini adalah menyaksikan matahari terbit. Lebih baik lagi jika Anda mengunjungi bukit ini dari bulan Juli hingga Agustus, saat tidak banyak hujan dan langit lebih cerah.

Karena pemandangan paling indah terlihat saat matahari terbit, jadi bersiaplah untuk bangun pagi untuk sampai ke tempat kejadian. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak homestay dan hotel yang tersedia di sekitar Dieng.

Danau CebongDanau Cebong (c) @sitiumaerah_han

Setelah menikmati pemandangan dari Bukit Sikunir, wisatawan biasanya melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Danau Cebong karena letaknya tidak jauh dari Bukit Sikunir. Di tempat ini, Anda bisa melihat areal tanam milik warga sekitar yang juga menambah keindahan lokasi Danau Cebong. Dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, banyak yang mengatakan Danau Cebong adalah “danau di atas awan”.

Danau Telaga Warna

Danau Telaga WarnaTelaga Warna (c) @pigijoo

Destinasi wisata di Dieng yang tak kalah indahnya adalah Telaga Warna. Danau ini terletak sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, dan jelas pemandangannya sangat indah. Danau ini sangat unik karena memiliki warna yang berbeda dengan danau lainnya.

Terkadang warna air di sini bisa merah, hijau, biru, putih, bahkan ungu. Fenomena alam yang menarik ini bisa terjadi karena airnya mengandung belerang. Saat terkena sinar matahari, belerang ini bisa tampak berubah warna. Wisata Dieng Telaga Warna sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam.

Danau Pengilon

Danau PengilonDanau Pengilon (c) @naazz08

Perjalanan Anda ke Dieng belum lengkap jika belum mengunjungi Danau Pengilon. Selain Telaga Warna, Telaga Pengilon juga merupakan destinasi wisata yang layak masuk dalam daftar kunjungan Anda. Meski terletak berdampingan dengan Danau Warna, Danau Pengilon memiliki karakteristik yang berbeda dengan Danau Warna.

Air di Danau Pengilon terlihat jernih, berbeda dengan Danau Warna. Namun jangan salah, bukan berarti Danau Pengilon terlihat biasa saja. Jika Anda menyukai pemandangan alam dan fotografi, tentu Anda akan menyukai pemandangan di sekitar Danau Pengilon yang penuh dengan perbukitan hijau dan indah.

Danau Merdada

Danau MerdadaDanau Merdada (c) @nuryandiabdur

Keindahan Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah sepertinya tidak ada bandingannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisata alam yang siap dinikmati wisatawan setiap saat. Selain Telaga Warna dan Telaga Pengilon, ada juga telaga terbesar di Dieng yaitu Telaga Merdada. Yang menarik dari Danau Merdada adalah bentuknya. Jika dilihat, bentuk Danau Merdada menyerupai kaldera hasil letusan gunung berapi yang berisi air. Bentuk ini akan terlihat sangat jelas jika dilihat dari ketinggian.

Kawah Sikidang

Kawah SikidangKawah Sikidang (c) @aa12ya

Seperti diketahui, kawasan Dieng sebenarnya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Salah satu tanda aktivitas vulkanik ini adalah adanya beberapa kawah berukuran sedang hingga besar. Contohnya adalah kawah Sikidang. Kawah ini memiliki ukuran sekitar 200 meter persegi. Terletak di tanah datar, sehingga wisatawan dapat melihat asap yang keluar darinya.

Namun, jika perjalanan Anda ke Dieng termasuk mengunjungi kawah ini, ingatlah untuk selalu berhati-hati karena tentu saja udara di sekitarnya mengandung belerang dalam jumlah besar. Untuk menjaga keamanan wisatawan, pihak pengelola kawasan wisata ini telah memasang pengamanan di sekitar lokasi.

Pendakian Mont Prau

Gunung PrauGunung Prau (c) @muhammadsidik99

Mendaki Gunung Prau merupakan destinasi wisata di Dieng yang lebih cocok bagi pecinta alam atau yang suka mendaki gunung. Seperti pendakian lainnya, pendakian Mont Prau juga membutuhkan persiapan. Mungkin Gunung Prau bukanlah jalur yang sangat terkenal seperti Sumbing, Sindoro dan Merapi, namun mendaki gunung ini memiliki kelebihan tersendiri dan pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indahnya. Jalur pendakian dapat diakses dari Kendal atau Dieng.

Dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, ketinggian Gunung Prau lebih rendah dari gunung lainnya. Hal menarik di sini yang bisa kamu temukan di berbagai foto wisata Dieng adalah Bukit Teletubbies. Memang ada bagian Mont Prau yang terlihat seperti perbukitan di film Teletubbies.

Candi Arjuna

Candi ArjunaCandi Arjuna (c) @yogiahmad94

Selain menawarkan wisata alam yang indah, Dataran Tinggi Dieng juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata budaya karena banyaknya pura. Salah satu candi yang ada di Dieng adalah Candi Arjuna. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi candi-candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi dan Candi Sembadra. Menurut tulisan yang terdapat di dalam Candi Arjuna, kemungkinan besar Candi Arjuna dibangun pada awal abad ke-9.

Teater dataran tinggi Dieng

Teater dataran tinggi DiengTeater dataran tinggi Dieng

Keberadaan teater ini merupakan bentuk kepedulian pengelola kawasan wisata Dieng untuk memajukan kawasan ini, sekaligus mengangkat statusnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Tempat dibangunnya Teater Dieng ini pernah menjadi lokasi syuting film dokumenter tentang Dataran Tinggi Dieng berjudul “Bumi Khayangan Dieng”. Teaternya sendiri berkapasitas 60 orang. Jika Anda tertarik maka pastikan untuk berkunjung karena perjalanan Anda ke Dieng tidak lengkap tanpa mengunjungi teater ini.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan AnginBatu Ratapan Angin

Destinasi wisata yang diberi nama unik ini adalah sebuah tebing tinggi yang terletak di sebelah Telaga Warna. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena dari sini wisatawan bisa melihat Telaga Warna dan Danau Pengilon dari ketinggian.

Anda bisa membayangkan keindahan yang bisa diamati dari atas sana. Namun karena letaknya yang begitu tinggi, tentunya ada tambahan tenaga yang harus dikeluarkan untuk mencapainya. Jangan takut, karena usaha Anda akan terbayarkan begitu sampai di sana.

Sumur Jalatunda

Objek wisata ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk diteliti. Sumur ini memiliki diameter sekitar 90 meter, yang menurut para ahli merupakan hasil letusan gunung berapi jutaan tahun lalu. Meski tersembunyi dan membutuhkan perjalanan panjang untuk mencapainya, Anda bisa mencatatnya sebagai salah satu wisata Dieng 2018 yang harus dikunjungi karena keunikan dan nilai sejarahnya.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button