Sandiaga: Tidak hanya RS besar, UMKM juga bisa mendukung sektor kesehatan - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga: Tidak hanya RS besar, UMKM juga bisa mendukung sektor kesehatan

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pembangunan kesehatan tidak hanya dapat didukung oleh rumah sakit besar, tetapi juga oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Itulah konsep wellness tourism. Kami akan mempromosikan dan menampilkan berbagai produk dari perusahaan besar dan UMKM, karena ternyata wellness tourism adalah tentang demokratisasi kesehatan,” ujar Menparekraf saat membuka International Wellness Tourism Conference & Festival 2022 (IWTCF). . terpantau secara virtual di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

IWTCF 2022 mengusung tema “A Sustainability Strategy for the Recovery and Growth of World Tourism Through Wellness Tourism for All” yang dinilai tepat waktu.

Isu terkini pariwisata kesehatan akan dibahas pada konferensi tersebut. Nantinya, Sandiaga ingin berbagai ide yang terkumpul di konferensi tersebut menjadi Rencana Aksi Nasional Pariwisata Kesehatan 2022-2026.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Wisata Kesehatan Kini Jadi Pilihan Utama Wisatawan

“Harus kita akui banyak negara tetangga yang sudah mengembangkan wisata kesehatan, tapi akan kita tindak lanjuti. Kami sejauh ini maju untuk wisata kesehatan dan kami harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menyatukan pemerintah, sektor swasta, asosiasi terkait, media dan akademisi untuk memajukan wisata kesehatan, “katanya.

Setiap tahun, Indonesia dikatakan kehilangan $11 miliar dalam layanan kesehatan di luar negeri atau lebih dari 200.000 warga negara Indonesia.

Menurutnya, fakta ini harus dijadikan peluang bagi para pemangku kepentingan terkait untuk saling berkolaborasi, salah satunya melalui IWTCF 2022 yang juga akan memfasilitasi networking dan business matching.

“Saya berharap acara ini tidak hanya berhenti sebagai bagian dari G20, tetapi perlu melibatkan lebih banyak orang. Kami berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran akan layanan wisata kesehatan yang kita miliki, karena Indonesia sudah memiliki layanan wisata kesehatan, tinggal promosikan saja,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Promosi Wisata Kesehatan, Kemenparekraf Tuan Rumah IWTCF 2022

Baca Juga: Sandiaga Gelar Wisata Sejarah Sambut HUT RI ke-77

Wartawan: M. Baqir Idrus Alatas
Penerbit: Satyagraha
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button