Saat Anda menjelajahi pantai Siung Gunungkidul, ada arena pendakian! - WisataHits
Yogyakarta

Saat Anda menjelajahi pantai Siung Gunungkidul, ada arena pendakian!

solo

Jalan-jalan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang paket lengkap. Wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri kota bersejarah sambil menyadari keunikan budayanya.

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam bisa menuju ke selatan, tepat ke kawasan Gunungkidul. Ada banyak pantai yang indah untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Siung. Pantai ini dikutip dari jogjaprov.go.id dan terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dengan jarak 77 km dari kota Jogja, Pantai Siung dapat ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam.

Sepanjang jalan Anda akan menemukan jalan berkelok-kelok yang cenderung kering saat musim kemarau. Namun, sesampainya di Pantai Siung, rasa lelah perjalanan terbayarkan.

Wisatawan disuguhi pemandangan air laut yang biru dengan hamparan pasir putih yang indah. Belum lagi permukaan batu karang yang berbentuk seperti taring yang membuat pantai ini terlihat eksotis.

Banyaknya karang berbentuk taring, atau disebut anyelir dalam bahasa Jawa, menjadi dasar penamaan kawasan Pantai Siung.

Tentunya wisatawan bisa leluasa bermain air laut di pantai yang indah ini. Namun, wisatawan masih harus memperhitungkan ombak yang terkadang cukup besar di pantai Laut Selatan.

PantaiPendakian di Pantai Siung. Foto: (Fikri oktaviani/d’Traveler)

Pantai ini juga memiliki batu karang yang menjulang tinggi. Awalnya memang beberapa wisatawan mencoba memanjat tebing di atas batu karang tersebut.

Kini tempat tersebut menjadi spot panjat tebing yang populer dan memiliki sekitar 250 rute dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Untuk memasuki kawasan Pantai Siung, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk tiket ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan yang bersebelahan dengan Pantai Siung.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Siung cukup lengkap mulai dari parkir, kamar mandi, mushola hingga warung makan.

Tonton video Menenggelamkan Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
[Gambas:Video 20detik]
(telinga/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button