Pantai Siung, permata di Gunungkidul surganya para pecinta pendakian - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Siung, permata di Gunungkidul surganya para pecinta pendakian

PeekLifestyle Celebrities – Pantai Siung adalah salah satu pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Bagi anda yang ingin merasakan pengalaman liburan dengan suasana yang tenang, pantai ini bisa menjadi referensi anda. Anda bisa menemukan banyak pantai indah di Gunungkidul, Yogyakarta.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat dan mempelajari budaya di sana. Yogyakarta dikenal masih penuh dengan adat istiadat.

Pantai Siung sendiri terletak di Desa Duwet Kecamatan Tepus. Dengan tiket masuk yang cukup murah, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Nah, bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang keindahan pantai ini, yuk menggulir Lanjutkan dengan artikel berikut sampai akhir.

Suasana Pantai Siung

Pinterest

Foto: Pinterest

Lokasinya yang dekat dengan Pantai Nglambor sehingga memiliki pemandangan dan keindahan yang mirip dengan pantai. Suasana di Pantai Siung sendiri memiliki 2 unsur yaitu perpaduan antara ketenangan dan keindahan.

Pantai berpasir coklat muda dan struktur pasir lembut. Di bagian belakang, wisatawan disuguhkan pemandangan beberapa paviliun dan perahu-perahu lokal yang terparkir.

Belum lagi rimbunnya pepohonan yang bisa dilihat di tempat ini. Pantainya sendiri dipisahkan oleh tebing karang dimana banyak ditemukan bebatuan pantai.

Sementara itu, ombak di pantai ini cukup kuat. Jadi wisatawan perlu berhati-hati saat berenang.

Pemandangan di Pantai Siung

Pinterest

Foto: Pinterest

1. Sejarah Pantai Siung

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Siung diperbolehkan melakukan banyak hal di sana. Misalnya, belajar sejarah sesederhana nama pantainya.

Menurut warga sekitar, Pantai Siung mendapatkan namanya karena banyaknya bebatuan runcing. “Siung” sendiri berarti gading.

Salah satu batu besar yang disebut “Siung Wanara” telah menjadi ikon di daerah tersebut. Saking populernya, batu ini bahkan menjadi objek terbaik untuk fotografi.

2. Pacu adrenalin dengan panjat tebing

Hal terdekat yang bisa dilakukan wisatawan ke Pantai Siung adalah panjat tebing. FYI: Ada lebih dari 250 rute pendakian di area ini.

Bahkan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara sudah mengetahui aktivitas wisata ekstrem ini. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemula. Misalnya, mereka tidak boleh mengunjungi pantai untuk panjat tebing saat musim hujan. Pasalnya, area pendakian menjadi licin dan terlalu berbahaya.

Sejak tahun 1989 hingga saat ini pantai ini terkenal dengan tebing dan pantainya. Ini membuatnya cocok untuk fasilitas pendakian.

Tidak heran bahwa sebuah kompetisi diumumkan pada tahun 1990 Pertemuan Pendakian Asia di Pantai Siung. Lintasan masih dapat ditambahkan selama aturan berlaku dengan izin dari pabrikan jejak sebelumnya.

3. Berkemah di pantai

Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia masih minim. Akomodasi belum tersedia di sini.

Ini adalah hal lain yang dapat dicoba wisatawan ketika mengunjungi Pantai Siung. Anda dapat membangun tenda dan bermalam di pantai.

Kegiatan berkemah sangat populer di pantai ini. Setelah membayar biaya izin, wisatawan tinggal memilih tempat untuk mendirikan tenda. Di pagi hari, wisatawan bisa langsung masuk ke air untuk berenang atau snorkeling

Bagaimana menuju ke Pantai Siung?

Google Maps

Foto: Google Maps

1. Dari kota Yogyakarta

Rute pertama adalah dari rute Kota Yogyakarta. Anda langsung ke jalan lingkar Selatan, lalu belok kiri setelah pertigaan dengan Terminal Giwangan.

Mereka akan menuju ke Jalan Piyungan, kemudian jalan menanjak menuju Bukit Bintang Jogja. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunung Kidul.

Ambil jalan menuju Pantai Baron, setelah berjalan sekitar 9km ada pertigaan di Desa Mulo.

Lurus terus hingga sampai di jalur Mentel, Bintaos, Tepus hingga pertigaan Winangun. Belok kanan dan ikuti jalan menuju Pantai Siung.

2. Rute alternatif melalui Baron

Rute kedua masih sama dan dimulai dari kota Yogyakarta. Perbedaannya terletak pada pilihan jalan melewati Pos Pembalasan Pantai Baron.

Setelah melewati Pos Pembalasan ada pertigaan, jika ke kanan menuju ke Pantai Baron sedangkan ke kiri menuju rangkaian pantai yang lain. Ambil jalan ke kiri dan Anda akan melewati sejumlah pantai menakjubkan lainnya seperti Pantai Kukup, Pantai Panjang, Drini, Pantai Krakal, Sundak, Indrayanti hingga Anda mencapai desa Tepus dan bertemu pertigaan Winangun.

Rute alternatif ini sebenarnya lebih jauh dari yang pertama. Namun jika melalui jalur ini Anda akan mengetahui lokasi pantai yang cukup dekat satu sama lain. Setelah menjelajahi Pantai Siung, Anda bisa berhenti di pantai-pantai sekitarnya.

Dalam perjalanan menuju resor pantai Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan kapur yang ditumbuhi pohon jati. Jalan yang berkelok dan menanjak menjadi tantangan tersendiri untuk dilalui sebelum sampai di Pantai Siung.

Namun ketika sampai pemandangan yang disuguhkan sungguh menakjubkan. Perjalanan panjang terbayar begitu Anda tiba.

3. Dari Klaten

Jika memulai perjalanan dari Klaten, jarak menuju Pantai Siung lebih pendek, yaitu sekitar 60 km. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 1,5 jam.

Ambil jalur selatan ke Semanu lalu ke Giripanggang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Sumberwungu, Klayu, Gude dan Blekonang hingga akhirnya menerobos ke Winangun.

Kemudian ikuti petunjuk menuju pintu masuk Pantai Siung. Tunggu sebentar, ada rute lain.

Setibanya di Giripanggang, Anda dapat memilih untuk melakukan perjalanan ke selatan melalui Cuelo sampai Anda tiba di Winangun. Kemudian ikuti rambu menuju Pantai Siung.

4. Oleh Solo

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Solo, Anda juga bisa mengambil jalur cepat menuju Pantai Siung. Anda tidak harus pergi ke pusat kota Yogyakarta terlebih dahulu karena akan memakan waktu yang lama.

Dari Praci Anda dapat mengendarai kendaraan Anda ke distrik Rangkop atau Baran. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Nglindur.

Ikuti jalan ke selatan dan Anda akan sampai di pertigaan di depan Pasar Ngrancah. Belok kanan hingga sampai di Pasar Jepitu. Langsung saja ke pertigaan Winangun, lalu belok kiri menuju Pantai Siung.

Tiket masuk Pantai Siung

Google Maps

Foto: Google Maps

Tiket ke pantai ini tidak perlu dikhawatirkan. Rata-rata biaya masuk objek wisata pantai di Gunungkidul sangat terjangkau.

Anda hanya perlu menyiapkan Rp 10.000 rupiah per orang. Dengan jumlah yang terjangkau, Anda tidak hanya dapat mengunjungi pantai Siung, tetapi juga pantai Jogan dan Nglambor.

Artinya, Anda hanya perlu membayar sekali untuk ketiga properti pantai tersebut. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan dengan mengunjungi Pantai Siung sebagai gantinya. Berhenti juga di Pantai Jogan dan Nglambor yang terletak di sebelahnya.

Jadi inilah pesona pantai di Gunungkidul. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu menikmati pemandangan dan bersantai dari suasana perkotaan, Pantai Siung adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. (bb)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button