Rumah Zakat UMKM Festival merayakan HUT RI ke-77 - WisataHits
Yogyakarta

Rumah Zakat UMKM Festival merayakan HUT RI ke-77

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, Rumah Zakat Yogyakarta bermitra dengan Pemerintah Desa Giwangan menyelenggarakan festival kuliner yang menarik 26 UMKM dari desa tersebut. Acara digelar di wahana wisata keluarga Gajah Wong di tepi sungai Bendhung Lepen, Rabu (17/8/2022).

Acara festival kuliner ini diawali dengan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-77 yang diikuti oleh seluruh pelaku UMKM di Desa Giwangan. Rangkaian acara ini terdiri dari lomba memasak yang diikuti oleh 20 peserta.

Lomba memasak ini menggunakan bahan baku dari Abon Kluwih yang merupakan potensi lokal desa Giwangan. Harapannya adalah terciptanya kreativitas olahan dari bahan pokok potensi lokal yang dapat menjadi komoditas kuliner atau makanan khas yang menunjang perekonomian masyarakat setempat. Acara ini juga dimeriahkan dengan UMKM Sharing, program dari BUMMAS Gerai Berdaya yang meliputi divisi Rumah Abon dan Bakpia.

Kegiatan sharing UMKM ini berbentuk sharing kupon belanja gratis di dealer Bendhung Lepen bagi pengunjung. Selain itu, BUMMAS Gerai Berdaya juga menyalurkan paket produk Abon Nabati ke TP PKK Desa Giwangan.

Rangkaian acara festival kuliner ini dihadiri oleh Tri Karyadi, Kepala Dinas Koperasi Industri dan Usaha Kecil Menengah, Tri Karyadi, Pemimpin Cabang Rumah Zakat Yogyakarta Warnitis, Kepala Desa Giwangan, Dyah Murniwarini, Unsur Muspika Umbulharjo, Danramil , Kapolsek dan pengurus Kelompok Wisata Bendhung Lepen.

Kepala Dinas Koperasi Industri dan Usaha Kecil Menengah (Perinkopukm), Tri Karyadi dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh terhadap program Pemberdayaan Rumah Zakat yang didedikasikan untuk mendukung UMKM.

“Dalam hal memobilisasi dan memajukan UMKM di Kota Yogyakarta, kita tidak bisa sendiri. Semua harus bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada agar kita saling melengkapi dan menguatkan. Semoga kedepannya UMKM yang didampingi oleh rumah zakat ini semakin maju dan mandiri,” ujar Tri Karyadi dalam siaran pers yang diterima RepublikKamis (18/822).

Menurut Perinkopukm Service, Branch Manager Rumah Zakat Yogyakarta Warnitis mengatakan Rumah Zakat terus konsisten melaksanakan salah satu klaster program ekonomi untuk mengoptimalkan zakat, infaq, sedekah dan dana sosial lainnya. “Ini merupakan salah satu bentuk upaya besar kami untuk memenuhi amanat para donatur untuk menciptakan pemberdayaan berkelanjutan yang membawa kemandirian bagi penerima manfaat,” ujarnya.

Source: repjogja.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button