Itinerary Tour Sehari di Gua Pindul Gunungkidul Bisa Turun Gua All - WisataHits
Yogyakarta

Itinerary Tour Sehari di Gua Pindul Gunungkidul Bisa Turun Gua All

KOMPAS.com – Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul menawarkan aktivitas gua sekaligus bermain di air terjun yang indah. Wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus.

“Ada beberapa paket wisata di sini, pergi saja ke Gua Pindul seharga Rp 50.000,- tabung aliran Oyo Rp 60.000 dan lain-lain. Tapi yang paling populer adalah Gua Pindul,” jelas Sugito, guide operator wisata Gua Pindul Kompas.comJumat (19/8/2022).

Baca juga:

Goa Pindul terletak di Jalan Daratan 2, RT.03/RW.16, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat wisata alam ini terletak sekitar 42 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Kawasan Gua Pindul sendiri didominasi oleh wisata Gaa dan sungai. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan baju ganti jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Baca juga:

Perlu diketahui bahwa beberapa kegiatan berikut dapat diikuti melalui paket wisata yang disediakan oleh operator, salah satunya adalah Goa Pindul Wirawisata.

Namun, Anda juga bisa membuat rencana perjalanan sendiri di sekitar Gunungkidul. Jika Anda ingin melakukan wisata sehari ke Gua Pindul dan sekitarnya, berikut beberapa idenya: rute yang bisa diikuti:

Goa Pindul

Pintu masuk Wisata Gua Pindul di kawasan Gunungkidul Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pintu masuk Wisata Gua Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Jika sampai di lokasi WIB sekitar pukul 08.00 pagi bisa langsung tempat penampungan Pengusaha Goa Pindul, kemudian meninggalkan barang berharga dan berganti pakaian.

Setelah Anda siap menggunakan pelampung dan perlengkapan lainnya, Anda bisa berjalan kaki sekitar 150 meter menuju pintu masuk Goa Pindul.

Baca Juga: Harga Paket Wisata Gua Pindul, Susun Tiga Gua Mulai Rp 150.000

Tour ini merupakan kegiatan menelusuri gua dimana Anda menaiki tabung apung di sungai bawah tanah di dalam gua. Saat berjalan melalui gua dengan lingkaran, Anda dapat melihat stalagmit dan stalaktit yang menawan.

Gua Pindul dibagi menjadi tiga zona yaitu zona terang, zona gelap dan zona gelap. Di akhir perjalanan, pengunjung bisa berenang di sungai dan berfoto Pekerjaan apa yang menarik.

Dengan panjang 350 meter, Jalur Gua Pindul membutuhkan waktu 45 menit hingga satu jam untuk menyelesaikannya. Biaya penyeberangan Goa Pindul untuk wisatawan domestik (Wisnus) mulai dari Rp 50.000 per orang.

Baca Juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

tabung aliran Oyo dan nikmati air terjun pengantin

River tubing di Sungai Oyo, objek wisata di dekat Gua Pindul di GunungkidulDermaga. Wirawisata Goa Pindul River berkelok-kelok di Sungai Oyo, objek wisata di dekat railing Goa Pindul di Gunungkidul

Pukul 10.00 WIB, jangan berganti pakaian terlebih dahulu karena Anda bisa melanjutkan petualangan menelusuri Sungai Oyo. Jaraknya sekitar satu kilometer dari Gua Pindul.

aktivitas tabung aliran Oyo juga bisa dinikmati dengan duduk di tengah ban dalam seperti Goa Pindul.

Baca Juga: 7 Aktivitas Wisata di Kawasan Gua Pindul, Goa hingga Offroad

Menyeberangi sungai, Anda bisa melihat tebing-tebing indah dan alami khas bebatuan karst Gunungkidul. Selain itu, Anda akan menemukan air terjun yang mempesona bernama Air Terjun Pengantin.

Sungai Oyo memiliki kedalaman 7-11 meter dengan panjang sungai mencapai 1.500 meter, sehingga pengarungannya memakan waktu satu hingga dua jam.

Wisnus yang mau coba tabung aliran harus membayar biaya mulai dari Rp 60.000 termasuk semua peralatan dan pemandu wisata.

Baca Juga: Pesona Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, Gunung hingga Pantai

Dengan biaya tersebut, Anda bisa sekaligus menyelam ke Air Terjun Pengantin yang berada tepat di tepi Sungai Oyo. Air terjun ini terbentuk dari aliran air yang jatuh lebar dengan ketinggian sekitar delapan meter.

Dengan peserta tabung aliran Sungai Oyo ingin mencoba melompat dari ketinggian, mereka bisa melakukannya di air terjun ini. Kegiatan ini cukup aman karena diawasi oleh seorang pemandu.

Untuk makan siang

Goa Pindul Wirawisata, desa binaan BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Goa Pindul Wirawisata, desa peduli BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul.

Puas berjalan menyusuri goa dan bermain air terjun, Anda bisa beristirahat sejenak dengan membersihkan diri dan mandi di kamar kecil yang telah disediakan.

Setelah itu Anda bisa bersantai di gazebo tempat penampungan sambil menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta yang lezat.

Paket kulinernya juga beragam, ada paket pelajar Rp 17.000, paket I Rp 12.000, paket ekonomi Rp 20.000 – Rp 25.000 dan lainnya.

Isinya cukup lengkap. Misalnya, paket pelajar Rp 17.000 terdiri dari nasi putih, ayam goreng, tempe goreng, sayur lodeh, sambal, kerupuk, lengkap dengan buah dan teh.

Baca Juga: Hindari Praktik Broker di Gua Pindul, Sarankan Pemandu Wisata

Untuk paket yang lebih lengkap seharga Rp22.500-50.000 sudah termasuk hingga 12 menu. Rinciannya adalah nasi merah, tiga sisi, tahu dan tempe, rempeyek, sambal dan buah.

Ada juga aneka jajanan tradisional mulai dari bakwan, tahu isi, mendoan, pisang goreng, serabi, lontong, klepon, kacang rebus, gethuk hingga lumpia.

Menjelajahi Gua Kristal

Telusuri Goa Kristal, atraksi sampingan di sebelah Goa Pindul di Gunungkidul. Dermaga. Wisata Gua Pindul, Gua Kristal, atraksi penunjang selain Gua Pindul di Gunungkidul.

Puas dengan basah kuyup dan perut kenyang, kini saatnya mencoba gua tanpa air di Crystal Cave.

Dengan panjang 350 meter, gua ini memiliki medan yang gersang sehingga memudahkan wisatawan untuk menjelajahi dan menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit di dalamnya.

Biaya untuk menjelajahi Gua Kristal mulai dari Rp 40.000 untuk turis asing dan mulai dari Rp 50.000 untuk turis asing (wisatawan).

Baca Juga: Desa Nglanggeran, Wisata Lengkap dari Gunung Api Purba ke Air Terjun

Uji adrenalin jip off-road

Mobil jeep offroad di kawasan Goa Pindul, Gunungkidul. Dermaga. Kewirausahaan Goa Pindul Mobil jeep offroad di kawasan Goa Pindul, Gunungkidul.

Sekitar sore hari pukul 15:30 WIB belum lengkap rasanya jika tidak menjelajahi indahnya Desa Wisata Bejiharjo dengan menggunakan jeep.

Anda bisa menguji adrenalin dengan merasakan keseruannya off-road melalui jalan pedesaan, melalui hutan minyak kayu putih dan melintasi Sungai Oyo.

Baca Juga: 5 Wisata Gunungkidul Lantai Dua Pemandangan Bukit Yang Indah

Dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer, perjalanan ini memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Perlengkapan keselamatan dan pengemudi disediakan sehingga Anda dapat menikmati pemandangan di sepanjang jalan dan mengambil foto sebanyak mungkin.

Karena satu jeep memuat maksimal empat orang, dengan biaya mulai Rp 450.000 per mobil.

Baca juga:

Setelah selesai naik jeep, di malam hari anda bisa bersiap untuk kembali ke penginapan di kawasan Gunungkidul atau kembali ke kota Yogyakarta.

Tertarik untuk berwisata satu hari di sekitar kawasan Gua Pindul di Gunungkidul?

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button