Rumah Zakat UMKM Festival Rayakan HUT RI ke-77 - WisataHits
Yogyakarta

Rumah Zakat UMKM Festival Rayakan HUT RI ke-77

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Rumah Zakat Yogyakarta bermitra dengan pemerintah desa Giwangan menggelar festival makanan. Kegiatan ini dihadirkan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus.

Sebanyak 26 UMKM Desa Giwangan mengikuti kegiatan di Bendhung Lepen, wahana wisata keluarga di bantaran Sungai Gajah Wong. Festival kuliner ini diawali dengan upacara memperingati 77 tahun kemerdekaan Indonesia.

Seluruh peserta UMKM di Desa Giwangan hadir dalam acara tersebut. Rangkaian acara ini terdiri dari lomba memasak yang diikuti oleh 20 peserta. Lomba memasak ini mengambil bahan baku Abon Kluwih yang merupakan potensi lokal dari desa Giwangan.

Dengan begitu, diharapkan potensi makanan pokok lokal dapat ditransformasikan menjadi kreativitas olahan yang dapat menjadi komoditas kuliner atau makanan khas yang mendukung perekonomian lokal. Acara ini juga dimeriahkan dengan sharing UMKM.

Ini merupakan program Gerai Berdaya BUMMa yang meliputi unit usaha Rumah Abon dan Bakpia. Kegiatan sharing UMKM ini diisi dengan kegiatan seperti pemberian voucher belanja gratis kepada pengunjung di retailer Lepen Bending.

Selain itu, Gerai Berdaya BUMMa mendistribusikan paket produk Abon Nabati ke TP PKK Desa Giwangan. Rangkaian acara festival kuliner tersebut dihadiri oleh Tri Karyadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi UKM Yogyakarta.

Turut hadir Pimpinan Cabang RZ Yogyakarta, Kepala Desa Giwangan, Muspika, Danramil, Kapolsek, dan Kelompok Wisata Bendhung Lepen. Dalam sambutannya, Tri menyampaikan dukungannya terhadap program pemberdayaan Rumah Zakat yang fokus mendukung UMKM.

Ia menegaskan, kita tidak bisa sendirian dalam memobilisasi dan memajukan UMKM di Kota Yogyakarta. Semua harus bersinergi dan bersinergi dengan seluruh pengambil kebijakan yang ada untuk saling melengkapi dan memperkuat.

“Semoga UMKM yang didampingi rumah zakat ini semakin maju dan mandiri ke depannya,” kata Tri, Kamis (18/8/2022).

Senada dengan itu, Warnitis, Branch Manager Rumah Zakat Yogyakarta, menambahkan bahwa Rumah Zakat secara konsisten mendukung UMKM. Termasuk dalam pelaksanaan salah satu gumpalan program ekonomi untuk mengoptimalkan zakat, infaq dan sedekah serta dana sosial lainnya.

“Ini merupakan salah satu bentuk tujuan kami secara keseluruhan dalam memenuhi amanat para donatur untuk menciptakan pemberdayaan berkelanjutan yang membawa kemandirian bagi penerima manfaat,” ujarnya.

Source: republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button