Rumah Si Pitung yang terkenal, pengunjungnya juga turis asing - WisataHits
Jawa Barat

Rumah Si Pitung yang terkenal, pengunjungnya juga turis asing

jakarta

Rumah Si Pitung adalah tujuan wisata populer di Jakarta. Pengunjung datang dari berbagai daerah hingga negara lain.

Menurut Jakarta Open Data, jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Rumah Si Pitung mencapai 35.713 pada tahun 2019. Pengunjung cagar budaya sudah mulai ramai kembali setelah sebelumnya ditutup akibat COVID-19.

Ketua Rumah Si Pitung Tama mengatakan bahwa banyak pengunjung datang ke Rumah Si Pitung pada akhir pekan dan hari libur.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Itu ramai pada hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Biasanya banyak yang berziarah ke Masjid Al-Alam lalu datang ke sini,” katanya.

Pengunjung Rumah Si Pitung tidak hanya dari wilayah Jakarta. Tama mengatakan banyak juga dari kota-kota di sekitar Jakarta.

“Setiap hari banyak pengunjung dari luar Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Cirebon,” ujarnya.

“Para tamu jauh dari Kalimantan. Belanda paling jauh,” katanya.

Mereka datang ke sini untuk mengetahui sejarah Si Pitung. Selain itu, banyak yang memilih untuk istirahat dan makan di kawasan wisata di Marunda, Jakarta Utara.

Menurut Tama, kawasan Rumah Si Pitung sebenarnya juga merupakan ruang publik, terutama untuk kegiatan budaya dan seni. Latihan tari dan pencak silat berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, ada juga acara kuliner dimana pengunjung bisa belajar dan menikmati makanan khas Betawi seperti kulit telur dan es krim selendang mayang.

Selain itu, fasilitas di Rumah Si Pitung cukup lengkap. Mulai dari toilet, mushola, aula dan diakhiri dengan perpustakaan. Ada juga area tempat duduk yang luas bagi pengunjung yang ingin beristirahat.

Biaya masuk ke Rumah Si Pitung juga terjangkau. Ada biaya sebesar Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk pelajar. Waktu operasional dari Selasa hingga Minggu dari pukul 8 pagi hingga 4 sore WIB.

Hanya saja traveler tidak bisa berwisata ke sana untuk sementara waktu. Rumah Si Pitung akan ditutup sementara untuk pemeliharaan mulai 12 Oktober hingga 11 Desember 2022.

Tonton video Langkah Rob Cegah Banjir di Area Rumah Si Pitung
[Gambas:Video 20detik]
(pin/soket)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button