Roadshow Festival Film Bulanan 2023, Kemenparekraf Hadirkan Mobile Cinema di Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta - WisataHits
wisatahits

Roadshow Festival Film Bulanan 2023, Kemenparekraf Hadirkan Mobile Cinema di Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta

Roadshow Festival Film Bulanan 2023, Kemenparekraf Hadirkan Mobile Cinema di Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta

Piknikdong.com – Sebagai bagian dari Jelajah Festival Film Bulanan 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar “Bioskop Keliling” untuk pertama kalinya di Desa Wisata Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta mulai 3 hingga 5 Maret 2023.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 03/03/2023 mengatakan bahwa “Bioskop Keliling” merupakan acara pemutaran film yang diselenggarakan untuk mensosialisasikan film-film pendek karya sineas lokal sebagai tontonan alternatif yang patut menjadi trend di kalangan masyarakat luas. sekaligus berpotensi menjadi penggerak sektor ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan a Kemenparekraf Gelar “Bioskop Keliling” di Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta

“Melalui kegiatan sinema keliling ini, diharapkan sineas Indonesia, komunitas film lokal, pengelola desa wisata di Indonesia dapat bersinergi, bergandengan tangan, berkreasi, berkolaborasi menghasilkan karya dan turut serta membangun pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia”,

kata Menparekraf.

Film-film yang dihadirkan adalah film-film pilihan Festival Film Bulanan 2022-2023, antara lain film Semayam, Maramba, Memorabilia, Gemintang, Jagat, Kita, Krenteg, Subuh, Surro, Cerita di Waktu yang Salah, Di Bawah Langit Yang Sama, Menanti Panggilan Telepon Anda, Dua Pilar Satu Atap, Pesan Terakhir, Merajut Selamat Tinggal, Fakta, dan Akhir dari Sebuah Awal.

Mohammad Amin, Deputi Direktur Musik, Film, dan Animasi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf mengatakan, dengan sederet prestasi yang diraih para sineas muda di Yogyakarta, Yogyakarta bisa dikatakan sebagai salah satu provinsi dengan kemajuan ekonomi kreatif yang pesat.

“Jadi kami tidak salah memilih Yogyakarta sebagai lokasi pertama menggelar bioskop keliling sebagai bagian dari rangkaian touring bulanan Festival Film,”

kata Muhammad Amin.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Dadik Rahmanto dan Koordinator Pemasaran Desa Wisata Rejowinangun, Eed Kurniawan, memuji dan meyakini kehadiran bioskop keliling dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Melalui acara Mobile Cinema Festival Film Bulanan di Kampung Wisata Rejowinangun, dampaknya cukup signifikan.

Sebagai dukungan promosi bagi kami, Desa Wisata Rejowinangun dan juga Pokdarwis, serta dapat meningkatkan pendapatan bagi UMKM setempat,”

kata Ed.

Selain sesi pemutaran film pendek, ada juga sesi dialog “Peran film dalam dunia pariwisata” dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko; perwakilan komunitas film, Nissa Fijriani dan Riandhani Yudha Pamungkas.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan dari Sanggar Tari Argodumilah, Maju Jaya Band dan stand up comedy.

Berbagai produk ekonomi kreatif dan makanan khas Desa Rejowinangun juga ditampilkan untuk dinikmati pengunjung sambil menonton.

Lebih dari 200 pengunjung yang hadir dalam Mobile Cinema ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat, antara lain komunitas film, civitas akademika, pemerintah daerah, lembaga pemerintah desa dan masyarakat umum.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button