8 wisata pantai di Bima yang paling banyak dikunjungi - WisataHits
wisatahits

8 wisata pantai di Bima yang paling banyak dikunjungi

8 wisata pantai di Bima yang paling banyak dikunjungi

Temukan berbagai pilihan wisata pantai terbaik di bima, Nusa Tenggara Barat. Obyek wisata bahari yang eksotik, populer dan paling diminati yang menarik untuk anda jelajahi saat berlibur.

Meski Kabupaten Bima jarang diketahui orang banyak, objek alam wisata pantainya tak kalah indahnya dengan wisata ke daerah lain. Bagi anda yang sedang berada di Kota Bima, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa objek wisata pantai yang dapat menimbulkan rasa kagum.

Untuk memudahkan Anda memilih wisata bahari terbaik, berikut daftar rekomendasi pantai terbaik di Bima yang bisa memanjakan Anda.

1. Pantai Merah Muda

Pantai Merah MudaKredit Gambar: Instagram anamada.homedress

Pantai Pink terletak di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna pink yang sangat bersih dan menggoda. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk liburan wisata bahari yang satu ini. Air lautnya cenderung tenang dan sangat jernih, bahkan Anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang bersembunyi di balik bebatuan.

Warna merah muda pasir pantai ini muncul akibat proses percampuran pecahan kerang dan kalsium karbonat yang ternyata berasal dari biota laut. Suasana menjadi semakin indah saat melihat pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Keadaan pantai yang masih sangat terawat menambah daya tarik untuk mengunjunginya.

Karena kondisinya yang relatif masih asri, akses menuju Pantai Pink cukup sulit. Pasalnya, Anda harus naik kano atau perahu dari Pelabuhan Sape menuju Pantai Pink. Meski memiliki akses perjalanan yang cukup melelahkan, semua perasaan ini akan terbayar. Pemandangan luar biasa yang jarang ditemukan di wisata bahari lainnya.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Lariti

Pantai LaritiKredit gambar: Twitter bogesi

Sampai saat ini Pantai Lariti masih menjadi primadona wisatawan yang datang ke Kabupaten Bima. Baik saat musim liburan maupun saat hari kerja, pantai ini banyak dikunjungi pengunjung lokal maupun mancanegara. Maka tak heran jika wisata bahari ini tak pernah sepi pengunjung. Bagi Anda yang sedang berada di Bima, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Pantai Lariti.

Pesona Pantai Lariti memang patut diperjuangkan, apalagi saat air laut mulai surut. Saat air surut Anda akan melihat pantai yang seolah terbelah dan terhubung dengan salah satu pulau yang masih dalam satu kawasan dengan Pantai Lariti. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Lariti, Anda bisa menuju Desa Soro, Lambu yang berjarak sekitar 7,1 km dari arah Pelabuhan Sape.

Mengunjungi Pantai Lariti tidak lengkap rasanya jika tidak memanfaatkan momen saat air laut surut. Sebagai saran, Anda bisa mengunjungi wisata bahari ini mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WITA untuk mengabadikan momen saat air laut terbelah. Jangan lupa ajak orang tersayang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Soro, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Tanjung Meriam

Pantai Tanjung MeriamKredit gambar: Google Maps Danis Cristian

Jika biasanya pantai identik dengan pasir putih bersih dan keindahan lautnya, di sini Anda akan melihat tumpukan batu karang yang seolah menempel di sekitar pantai. Batuan tersebut memiliki bentuk heksagonal yang merupakan hasil dari fenomena alam. Namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa tumpukan batu itu dibuat oleh manusia.

Selain menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mendaki bukit-bukit bebatuan di sepanjang pantai. Spot ini juga sering dijadikan tempat hunting foto oleh pengunjung. Lokasi Pantai Tanjung Meriam cukup dekat dengan Pantai Pink, jadi bagi Anda yang ingin mengunjungi dua wisata laut yang unik bisa ke Desa Nggelu, Lambu.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Pulau Kelapa

Pantai Pulau KelapaKredit gambar: Instagram mbojobackpacker_

Mungkin sebagian dari Anda mengira bahwa Pantai Pulau Kelapa dikelilingi oleh banyak pohon kelapa. Padahal, pantai tersebut hanya memiliki satu pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Meski begitu, pesona keindahan wisata bahari tak berkurang sedikit pun. Pasirnya yang bersih dan perbukitan yang hijau membuat suasana semakin tenang.

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata Pantai Pulau Kelapa, anda perlu naik boat atau perahu di sekitar Pelabuhan Sape. Saat mengunjungi Pantai Pulau Kelapa, pastikan untuk mampir ke Pantai Pasir Putih, Pantai Pink dan Pantai Tanjung Meriam. Pasalnya, beberapa pantai tersebut masih satu jalur dengan Pantai Pulau Kelapa.

Harga tiket: Rp300.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Nisa Wawi

Pantai NisawawiKredit Gambar: Facebook Bang Romeo

Nama Nisa Wawi mungkin terdengar asing bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal sebelumnya pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat wisata. Meski belum terkenal, keindahannya kalah menarik dibanding pantai lainnya. Pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih mampu menenangkan pikiran dari penatnya kehidupan kota.

Letaknya yang masih tergolong terpencil membuat pantai ini masih terjaga keindahannya. Menjelang sore, rona jingga dan ungu menghiasi langit semesta dan menghasilkan pemandangan yang begitu indah. Suasana romantis begitu kental saat mentari kembali ke ufuk barat. Tak heran jika banyak pasangan yang menghabiskan sore hari di Pantai Nisa Wawi.

Sayangnya, akses untuk mengunjungi pantai Nisa Wawi agak sulit dijangkau. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus parkir di sekitar rumah penduduk setempat. Kemudian, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 5 km. Ada juga alternatif lain berupa kano atau perahu di sekitar pelabuhan Sape.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sangia, Kec. Sape, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Moti To’i

Pantai Moti To'iKredit gambar: Google Maps Juliansyah Dermawan

Hampir seperti Pantai Nisa Wawi, wisata bahari Moti To’i juga cukup asing bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, pesona keindahan wisata ini juga layak menandingi beberapa pantai di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Lokasi pantai Moti To’i cukup dekat dengan pantai Nisa Wawi. Jadi Anda bisa mengunjungi dua pantai sekaligus.

Pantai Moti To’i juga memiliki akses yang cukup sulit, mirip dengan Pantai Moti To’i. Wisatawan diharuskan berjalan kaki atau menggunakan kano selama kurang lebih 2 jam. Meski tergolong sangat menguras tenaga, namun masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Moti To’i hanya untuk menghabiskan liburannya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat fajar dan senja. Dimana, matahari memancarkan cahaya kuning kemerahan yang seakan mewarnai langit. Bisa dikatakan Pantai Moti To’i merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta sunset. Jangan lupa abadikan setiap momen dengan mengajak orang tersayang.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sangia, Kec. Sape, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Lemah

Pantai WanKredit gambar: Twitter Baharudin

Pantai Wane merupakan potensi alam Bima yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Ombak yang relatif tinggi dengan pantai berpasir yang indah membuat setiap pengunjung merasa jatuh cinta. Salah satu daya tarik yang menjadikan pantai ini primadona wisata bahari adalah atraksi lumba-lumba yang menakjubkan.

Terkadang lumba-lumba tampil dan melompat di antara perahu wisata. Dulu, keberadaan lumba-lumba di pantai dianggap mustahil. Mengingat kawasan tersebut memang tidak cocok untuk menjadi tempat hidup lumba-lumba. Namun, satu per satu turis membuktikan keberadaan mamalia yang menakjubkan.

Hingga saat ini, keberadaan lumba-lumba tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dijadikan daya tarik utama di Pantai Wane. Bahkan, pemerintah juga mulai membangun beberapa fasilitas memadai yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung. sambil menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan lumba-lumba.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tolotangga, Kec. Monta, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai So Dau

Pantai SoDauKredit gambar: Twitter Perjalanan

Pantai yang terletak di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, NTB ini merupakan destinasi wisata bahari yang masih sangat bersih dan menenangkan. Mungkin sebagian dari Anda masih asing ketika mendengar nama Pantai So Dau. Pasalnya, lokasi pantai ini sendiri jauh dari pemukiman penduduk. Dengan demikian, keadaan pantai bisa dikatakan masih alami karena sedikit pengunjung yang datang.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai So Dau, Anda akan langsung dibuat takjub dengan panjang garis pantainya. Pasir putih dengan air laut yang tenang dan jernih membuat suasana semakin nyaman. Jika masuk ke pantai banyak terdapat terumbu karang yang masih asri. Uniknya, karang dan pasir pantai berada di tempat yang terpisah.

Jika Anda berjalan-jalan di sepanjang pantai, Anda tidak perlu takut dengan terumbu karang. Sehingga Anda selalu dapat menikmati keindahan pantai dengan tenang dan nyaman. Di kawasan terumbu karang, biota laut bersembunyi di antara bebatuan. Untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Tak hanya snorkeling, masih banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai So Dau. Beberapa di antaranya, memancing, berjemur, berenang, bermain pasir, mendaki bukit, mengunjungi pulau-pulau sekitar, dan masih banyak lagi. Puas menikmati pesona So Dau, Anda bisa mengisi perut lapar dengan mencicipi berbagai kuliner yang ada di sekitar lokasi.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Demikian rekomendasi wisata pantai di Kota Bima. Pantai dengan karakteristik agak tenang ini tentunya cocok untuk semua orang yang ingin bersantai. Ditambah lagi, beberapa pantai ini memiliki pemandangan unik yang mungkin sulit ditemukan di daerah lain. Selamat berlibur!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button