Pantai Yeh Gangga, pantai indah dengan pesona tradisional dan budaya lokal di Tabanan - WisataHits
wisatahits

Pantai Yeh Gangga, pantai indah dengan pesona tradisional dan budaya lokal di Tabanan

Pantai Yeh Gangga, pantai indah dengan pesona tradisional dan budaya lokal di Tabanan
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Yeh Gangga I, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bali di Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dan salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Pantai Yeh Gangga. Terletak di desa Sudimara, kecamatan Tabanan, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan perpaduan pasir hitam, ombak yang bergulung dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tidak terlalu tinggi, namun cocok untuk para peselancar. Peselancar dari berbagai daerah kerap datang untuk merasakan sensasi menyelam di antara ombak yang ganas. Tak sedikit juga yang datang hanya untuk menikmati suasana alam yang asri.

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali pada umumnya yang ramai, suasana di sini justru sangat tenang. Sedikit pengunjung yang datang, alasannya mungkin kurang populer. Namun nyatanya, inilah salah satu daya tarik yang dimilikinya. Dengan suasana yang tenang, ketenangan juga akan Anda dapatkan selama berkunjung.

Objek Wisata Pantai Yeh Gangga

Objek Wisata Pantai Yeh GanggaFoto Ni Putu Ardani di Google Maps

Meski sepi, Pantai Yeh Gangga memiliki banyak daya tarik. It’s worth perjalanan, bahkan jika Anda sering berada di pantai lain. Karena setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi pasir maupun warna air lautnya serta suasana yang mengelilinginya.

✦ Keindahan Pantai Yeh Gangga

Salah satu daya tarik utama pantai di Bali ini adalah panorama alamnya yang indah. Dikelilingi perbukitan hijau dan pepohonan rimbun, pantai ini memancarkan nuansa hijau. Wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan indah, seperti deburan ombak yang mengejar pantai atau bebatuan karang yang eksotis.

Pantai Yeh Gangga memiliki pasir berwarna hitam, sedikit berbeda dengan pantai putih di Bali. Namun hal ini semakin menambah keindahannya, terutama pada siang hari. Pasir hitam ini berkilau saat terkena sinar matahari, membuatnya tampak seperti permata kecil yang berserakan di pantai.

✦ Adat istiadat dan budaya masyarakat setempat

Dilihat dari kondisi alam dan geografisnya, sebagian besar penduduk pesisir berprofesi sebagai nelayan. Hal ini juga berlaku bagi warga Pantai Tabanan. Namun ternyata tidak sedikit dari mereka, hanya sebagian kecil yang berprofesi sebagai nelayan. Anda bisa melihatnya dari deretan perahu di pantai.

Perahu ini juga merupakan pemandangan unik tersendiri yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain selain Pantai Yeh Gangga. Selain menjadi nelayan, masyarakat di sini juga berprofesi sebagai petani. Hal ini terlihat dari banyaknya sawah dan kebun yang tidak jauh dari pantai. Tampilannya pun semakin sempurna, diperoleh warna hijau dingin.

✦ Suasana tenang dan damai

Meski pantai ini tidak terlalu ramai, namun beberapa pengunjung menganggapnya sebagai daya tarik. Selama seminggu, pantai ini dikunjungi puluhan wisatawan, sedangkan saat liburan sedikit lebih ramai. Suasananya tenang, cocok untuk menyegarkan jiwa. Selain itu, suasana hijau didapat dari persawahan dan perbukitan.

Wisatawan di Pantai Yeh Gangga biasanya bersantai di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati suasana alam. Ombak yang datang tidak terlalu tinggi, namun tetap mengeluarkan suara yang natural. Bahkan bisikan angin terkadang terdengar saat berhembus. Belum lagi di sekitar pantai biasanya terdapat burung camar yang sedang mencari makan.

✦ Pura Batu Bolong

Daya tarik lain yang pasti tidak akan Anda temukan di pantai lain adalah adanya tempat pemujaan yaitu pura. Pada tingkat bangunan hal ini biasa saja, tetapi letak bangunan itulah yang membuatnya unik. Disebut Pura Batu Bolong karena tempat pemujaan ini terletak di atas tumpukan batu yang cukup besar.

Terdapat dua buah batu tempat pura berdiri di pantai Yeh Gangga, yang satu datar dan yang satu lagi agak menanjak. Batu berdiri ini memiliki lubang di tengahnya yang cukup besar. Begitu besar, Anda bahkan bisa masuk melalui lubang. Letaknya agak lepas pantai, jadi Anda bisa mengunjunginya saat air surut.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Yeh GanggaFoto oleh Vladimir Butov di Google Maps

Mengunjungi wisata bahari berupa pantai tidaklah terlalu sulit. Meskipun wilayahnya agak terpencil, tetap mudah diakses. Alamatnya sendiri berada di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika Anda datang dari pusat kota, jarak yang ditempuh sekitar 10 kilometer.

Jarak menuju Pantai Yeh Gangga biasanya dapat ditempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika menggunakan angkutan umum, waktu tempuhnya bisa lebih lama lagi. Ada banyak rute yang bisa Anda gunakan, tergantung arah kedatangan. Jika Anda datang dari pusat kota, sebaiknya melewati Jalan Pulau Menjangan.

Perjalanan dilanjutkan melewati Jalan Nias lalu ke Jalan Yeh Gangga I. Tujuan selanjutnya adalah desa Sudimara melalui jalan utama. Dari sana Anda bisa bertanya langsung kepada penduduk setempat. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk memudahkan mendapatkan rute terbaik.

Tidak ada biaya masuk ke Pantai Yeh Gangga yang harus Anda bayar, artinya gratis. Semua orang bisa mengunjungi wisata bahari ini tanpa terkecuali. Satu-satunya biaya wajib yang perlu dikeluarkan adalah untuk parkir kendaraan. Bagi Anda yang membawa sepeda motor, siapkan dana sebesar 2.000 rupiah, sedangkan mobil seharga 5.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Yeh GanggaFoto oleh Ts di Google Maps

Ketika Anda tiba di tur, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Namun pastikan Anda tidak melanggar standar dan peraturan yang berlaku. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti mengunjungi pantai pada umumnya.

1. Nikmati pemandangan alam

Pantai Yeh Gangga memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Anda bisa menikmati keindahan alam ini sambil bersantai di pantai. Deburan ombak yang datang menambah syahdu suasana dengan suaranya yang khas. Sedangkan pemandangan lain didapat dari perbukitan dan beberapa bebatuan.

2. Main air dan pasir

Karena tidak cocok untuk berenang, meski ombaknya tidak terlalu tinggi, sebaiknya hanya bermain air di pantai. Kegiatan ini kurang menyenangkan dibandingkan berenang. Namun, adanya pasir hitam yang juga bisa dijadikan mainan melengkapi kegiatan ini dan membuatnya menarik.

3. Mengunjungi Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga bukan hanya sekedar hiasan. Pura ini masih aktif dan digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Anda juga bisa berkunjung jika mau, meski hanya untuk melihat keunikannya. Jika saat itu sedang pasang, Anda bisa menyeberang dengan perahu.

4. Snorkling

Turis yang datang tidak begitu banyak, tapi mereka ada setiap hari. Ada yang mempraktekkan aktivitas yang disebutkan di atas, ada pula yang bertujuan untuk menyelam. Ada tempat khusus untuk kegiatan ini yang tentunya cukup aman. Berbagai biota laut bisa Anda temukan, mulai dari ikan kecil hingga terumbu karang, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Yeh GanggaFoto oleh Nikolay Plehanov di Google Maps

Tiket masuk ke Pantai Yeh Gangga gratis, sehingga fasilitasnya tidak terlalu lengkap. Namun fasilitas penting tetap ada, seperti tempat parkir mobil yang cukup luas. Selain itu, terdapat juga warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman. Ada juga toilet, meski kondisinya tidak banyak.

Daya tarik merupakan salah satu pertimbangan penting sebelum mengunjungi suatu objek wisata. Begitu juga dengan harga tiket, Anda perlu mempertimbangkan apakah tergolong murah atau mahal. Dilihat dari ulasan di atas, Pantai Yeh Gangga masih layak dikunjungi. Pasalnya, tidak ada biaya yang harus Anda keluarkan, namun memiliki banyak daya tarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button