Ribuan orang memeriahkan tarian Jogja di kompleks candi Prambanan - WisataHits
Yogyakarta

Ribuan orang memeriahkan tarian Jogja di kompleks candi Prambanan

sleman

Ribuan penari dari berbagai daerah memadati Lapangan Syiwa yang terletak di Kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, untuk memeriahkan Jogja Menari. Acara ini diadakan sebagai persiapan untuk menjadikan Jogja Menari sebagai event internasional tahun depan.

Pengelola utama tari jogja, Muhammad Romahurmuziy mengatakan, ini kali kedua pihaknya menggelar Jogja Menari. Menurutnya, event kedua ini menarik hingga 5.000 peserta yang kemudian tampil dalam beberapa sesi.

“Acara Jogja Menari kali ini diikuti oleh 5.142 penari dan paling jauh dari (Kabupaten) Soppeng, Sulawesi Selatan. Jumlah ini naik dibanding tahun 2018 yang hanya diikuti 5.000 penari,” ujarnya kepada wartawan di Kompleks Candi Prambanan, Sleman. Minggu (18/12/2022).

Pesertanya, kata pria yang kerap disapa Romi ini, mulai dari kalangan mahasiswa hingga masyarakat umum. Nantinya, mereka akan memperebutkan kategori Best Group, Best Costume dan Best Dancer dengan total hadiah Rp 100 juta.

“Ini adalah lomba tari dari sebuah koreografi yang kami buat berjudul Harmoni Nusantara. Sedangkan Harmoni Nusantara merupakan gabungan dari 8 tarian Indonesia dan musiknya yang berasal dari Aceh hingga Papua,” ujarnya.

Selain itu, Romi mengklaim tahun depan Jogja Menari akan menjadi event internasional. Pasalnya, Kemenparekraf memberikan dukungan.

“Seperti yang disampaikan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kami mengapresiasi dorongan untuk menjadikan ini sebagai pertunjukan bertaraf internasional. Tahun depan Jogja Menari 2023 digelar dengan tajuk ‘Yogyakarta International Dance Festival’,” ujarnya.

Rizki Handayani, Deputi Produk Pariwisata dan Penyelenggara Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI, mengatakan event Jogja Menari sebenarnya diadakan di tingkat nasional. Hal ini ditunjukkan oleh para peserta yang berasal dari berbagai daerah.

“Acara ini sebenarnya bisa berskala besar, sukses secara nasional. Tapi tidak ada festival tari yang dikemas secara khusus dalam skala besar, dan itu bisa dijadikan ajang internasional,” ujarnya.

Tonton video panggung Westlife dengan pencahayaan minim setelah beberapa perpindahan
[Gambas:Video 20detik]
(telinga/telinga)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button