Pertama kali di Filipina? Ini 3 tips untuk solo traveler - WisataHits
Jawa Tengah

Pertama kali di Filipina? Ini 3 tips untuk solo traveler

KOMPAS.com – Filipina telah membuka kembali perbatasannya untuk turis asing sejak 10 Februari 2022.

Pembukaan tetap dilanjutkan dengan pengecualian tes Covid-19 sebelum keberangkatan bagi penumpang yang telah divaksinasi pemacu mulai 30 Mei 2022.

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke negara ini, sepertinya penting untuk mengetahui hal-hal berikut ini.

1. Aksesibilitas di Filipina

Travel blogger Decky Tri membagikan pengalamannya menggunakan angkutan umum di negara ini saat berkunjung ke Filipina beberapa waktu lalu.

Decky mengatakan wisatawan tidak perlu khawatir dengan masalah transportasi. Taksi sepeda motor juga tersedia di Filipina on line dan transportasi seperti bajaj.

Gambar Filipina - Gereja San Augustin.Ilustrasi SHUTTERSTOCK Filipina – Gereja San Augustin.

“Ada ojek di Filipina on line namanya JoyRide, kayak ojek on line di Indonesia. Kalau kamu jalan-jalan keliling kota seperti di Vigan, kamu bisa menyewa kalesa (sejenis gerobak) yang tersedia di jalanan di mana-mana,” Decky setuju. Kompas.comKamis (1/9/2022).

Senada dengan itu, salah satu pejabat Departemen Pariwisata Filipina (PDOT), Sinta, mengatakan tarif Bajaj di Filipina cukup murah. Dikonversi ke Rupiah hanya sekitar Rp 4.500 hingga Rp 6.000.

Transportasi bus antar kota di Filipina cukup mudah didapatkan. Wisatawan hanya perlu mengunjungi terminal bus “Partas”, yang tersedia di Manila dan kota-kota lain.

Baca Juga: Vigan, Situs Warisan Dunia UNESCO di Filipina yang Diguncang Gempa

“Akses transportasi antar kota di Filipina dapat diakses melalui bus Partas (sejenis DAMRI) yang banyak terdapat di terminal-terminal di Manila,” lanjut Decky.

FYI, ada perbedaan yang cukup mencolok antara jalan Indonesia dan Filipina, yaitu pada penggunaan pinggir jalan.

Orang Indonesia biasanya berjalan di sisi kiri jalan, sedangkan orang Filipina berjalan di sisi kanan jalan.

2. Asuransi Perjalanan untuk Filipina

Meski Filipina saat ini tidak lagi membutuhkan asuransi perjalanan bagi wisatawan, namun menurut Decky, asuransi tetap penting.

Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh karst batu kapur.  Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara.SHU/IGOR TICHONOW Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh tebing batu kapur karst. Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

“Lebih baik jika kamu mau Bepergian Untuk negara lain disarankan untuk mengambil asuransi perjalanan. Harganya juga tidak begitu mahal. Kemarin saya hanya mendapat Rp 120.000 selama lima hari. Harganya tergantung berapa lama turis di dalam negeri,” katanya.

3. Perkiraan biaya makan

Harga bahan makanan di Manila bervariasi. Namun, Sinta mengatakan tidak jauh berbeda dengan kisaran harga pangan di Indonesia.

Ilustrasi Filipina - Pulau Coron.Ilustrasi SHUTTERSTOCK Filipina – Pulau Coron.

“Anggaran makanannya mirip dengan Indonesia, makan bisa mulai dari Rp 20.000 dalam versi rupiah karena mata uang kita tidak jauh berbeda,” kata Sinta.

Sinta menyarankan agar wisatawan yang ingin bepergian sendiri ke Filipina dapat bergabung perjalanan terbukayang saat ini menawarkan harga rata-rata sekitar 5 juta rupiah untuk paket tiga hari dua malam termasuk penerbangan dan akomodasi.

Sedangkan bagi yang ingin solo backpacking, Manila dan Cebu adalah dua kota yang harus dikunjungi karena ramah dengan wisatawan asing.

“Jika kamu mau Tur kota Bisa ke Manila, kalau mau pantai dan laut hijau bisa ke Cebu,” pungkas Sinta.

Dinasti politik Deta Princess Marcos kembali ke puncak kekuasaan Filipina

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button