Revitalisasi Candi Mangkunegaran, Erick dukung wisata solo - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi Candi Mangkunegaran, Erick dukung wisata solo

Revitalisasi Candi Mangkunegaran, Erick dukung wisata solo

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di Kompleks Candi Mangkunegaran. Revitalisasi Taman Pracima merupakan bentuk dukungan BUMN dalam melestarikan dan memelihara kekayaan budaya lokal, menggerakkan perekonomian nasional dan memperkuat kunjungan wisata lokal.

“Ini bagian dari upaya mengembalikan Solo menjadi kota wisata yang berkelanjutan,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (21).

Menurut Erick, kepemimpinan KGPAA Mangkunegara X saat ini bisa menjadi bagian dalam membangun sejarah dan budaya Jawa. “Membangun sejarah dan budaya Jawa yang kadang terlupakan seiring berjalannya waktu,” ujarnya.

Erick juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan BUMN yang terlibat dalam revitalisasi Candi Mangkunegaran. “Kita bisa membangun cerita yang sudah berlangsung lama. Apa yang dulu tidak bisa dinikmati, kini bisa dinikmati bersama,” ujarnya.

Sebelum revitalisasi Taman Pracima, Erick juga telah memimpin upaya revitalisasi lokomotif Mak Itam di Sumatera Barat, dibangun dan berganti nama menjadi Sarinah, serta mulai merevitalisasi kawasan Sanur Bali.

Hasil sinergi

Gerakan mempercantik Taman Pracima dimulai pada 2022. Dalam tinjauan November 2022, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming dan KGPAA Mangkunegara X menunjukkan bahwa revitalisasi ini dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah mungkin berhasil. .

Taman Pracima dan bangunan di dalamnya, termasuk Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik, bertujuan untuk menjadi wadah pengembangan seni, kolaborasi budaya dan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). serta makanan khas Mangkunegaran.

Walikota Surakarta berharap revitalisasi ini mampu menjadikan kawasan Candi Mangkunegaran menjadi destinasi dan ruang publik baru di Kota Solo. Sekaligus sebagai ruang terbuka hijau untuk meningkatkan fungsi paru-paru kota dan memperluas area pengambilan air tanah.

Energi terbarukan

Sebelumnya, PT PLN (Persero) menjadikan Keraton Mangkunegaran Surakarta sebagai situs heritage pertama yang menggunakan Renewable Energy Certificate (REC).

Dalam keterangan tertulis PLN, KGPAA Mangkunegara X merinci langkah-langkah yang dilakukan Keraton Mangkunegaran untuk memanfaatkan REK PLN sebagai bentuk komitmen Istana untuk menggalakkan penggelaran energi bersih secara masif.

Sebagai pusat budaya, Candi Mangkunegaran akan membawa pesan pemanfaatan energi bersih berdampingan dengan pesan pelestarian budaya agar masyarakat lebih memperhatikan masalah lingkungan.

“Kami berharap semakin banyak pihak terutama anak muda yang peduli dan mendukung gerakan energi hijau. Dan mereka bisa menularkan semangat itu kepada generasi muda lainnya,” ujar KGPAA Mangkunegara X.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan bersedia mendukung langkah REC Istana Mangkunegaran untuk menggunakan energi bersih. Sebagai dukungan, PLN menyumbangkan 20 unit REC atau setara dengan 20 MWh listrik bersih.

REC merupakan salah satu inovasi green product PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel dan diakui secara internasional serta tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button