Resep donat empuk tanpa kentang, yuk! - WisataHits
wisatahits

Resep donat empuk tanpa kentang, yuk!

Resep donat empuk tanpa kentang, yuk!

Piknikdong.com – Mencari resep donat empuk yang sangat mudah tanpa kentang? Jangan khawatir, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Siapa yang tidak suka donat? Jajanan ini banyak sekali penggemarnya mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua.

Resep donat lembutResep donat lembut

Tekstur donatnya yang lembut dan bisa dimakan atau disajikan kapan saja menjadi salah satu alasan utama jajanan ini begitu digemari.

Pada umumnya donat terbuat dari tepung terigu, telur, ragi, mentega, gula, dan satu lagi kentang yang dapat membuat donat lebih lembut dibandingkan donat tepung.

Namun bukan berarti kita tidak bisa membuat donat empuk tanpa kentang lho.

Menambahkan kentang ke dalam donat selain menambah biaya untuk membeli bahannya, kentang juga tidak disukai semua orang.

Lantas bagaimana cara membuat donat empuk tanpa kentang?

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas resep donat empuk tanpa kentang.

Selain empuk banget, cara membuat donat empuk ini sangat simpel dan mudah. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Resep donat empuk tanpa kentang

Jenis: Camilan

Memasak: bahasa Indonesia

waktu persiapan: 30 menit

Waktunya memasak: 1 jam 50 menit

Jumlah waktu: 2 jam 20 menit

Bahan resep:

  • 500 g tepung
  • 250 ml air hangat
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 100 gr margarine, lelehkan
  • 6 g (1,5 sdt) ragi instan
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • minyak goreng
  • gula kastor halus

Petunjuk Resep:

Langkah 1, buat adonan: Masukkan 250ml air hangat suam kuku ke dalam mangkuk, lalu masukkan bahan utama donat seperti 5 sdm tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan aduk searah jarum jam hingga tercampur rata.

Langkah 2, menyempurnakan adonan donat: Langkah kedua adalah menambahkan setengah ukuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu masukkan telur, susu bubuk dan margarin leleh. Aduk atau uleni kembali hingga kalis, elastis dan tidak lengket, kurang lebih 6 sampai 8 menit.

Langkah 3, biarkan adonan istirahat: Jika adonan sudah matang, tutup dengan plastik wrap atau sejenisnya, dan biarkan adonan mengembang selama kurang lebih 30 menit (sampai mengembang dua kali lipat).

Langkah 4, kempiskan dan uleni sedikit lagi: Setelah kurang lebih 30 menit, kempiskan adonan, lalu bisa diuleni sebentar, dan diamkan hingga mengembang. Kali ini hanya 10 menit.

Langkah 5, goreng donat: Panaskan minyak untuk menumis. Sebelum donat digoreng, jangan lupa bentuk atau cetak donatnya, buat lubang dengan jari telunjuk (sesuai selera). Setelah itu bisa langsung digoreng dengan api kecil hingga matang.

Langkah 6, angkat dan sajikan: Jika sudah matang, angkat donat dan biarkan mengering sebentar, lalu bisa ditaburi gula halus atau sesuai selera misalnya keju parut atau coklat.

Tips membuat donat yang empuk

1. Bila menggunakan cetakan, setelah adonan mengembang 2 kali lipat, bisa dikempiskan kembali, lalu diuleni sebentar dan digulung dengan rolling pinsetelah itu cetak dan diamkan kurang lebih 10 menit, baru bisa langsung digoreng.

2. Jika Anda ingin menyimpan ke freezersetelah ukurannya menjadi dua kali lipat pada tahap pertama, Anda dapat mengempiskannya terlebih dahulu, diremas-remas sebentar, dibulatkan, dan disimpan dalam wadah kedap udara yang dibungkus plastik pembungkus atau plastik biasa, asalkan tidak ada udara yang masuk.

Kalau mau digoreng lagi, tinggal keluarkan, tunggu lentur lagi, cetak dan diamkan 10 menit baru bisa digoreng.

Ini adalah resep donat yang empuk meski tanpa menggunakan kentang. Sangat mudah bukan? Yuk langsung coba!

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button