Rencana hibah Rp 6,5 juta untuk pembelian sepeda motor listrik di tengah 'kekurangan fasilitas' Pengamat: 'Mengapa tidak untuk pembangunan angkutan umum?' - WisataHits
Jawa Timur

Rencana hibah Rp 6,5 juta untuk pembelian sepeda motor listrik di tengah ‘kekurangan fasilitas’ Pengamat: ‘Mengapa tidak untuk pembangunan angkutan umum?’

Pada 2024, pemerintah menargetkan dapat mengerahkan 1,2 juta unit sepeda motor listrik, dan setiap unit yang terjual mulai tahun depan mendapat subsidi Rp 6,5 juta. Pemerintah akan membayar setidaknya hingga Rp 7,8 triliun.

Pemerintah berencana memberikan subsidi sebesar Rp 6,5 juta untuk pembelian sepeda motor listrik tahun depan, namun pengamat lalu lintas menilai subsidi ini lebih cocok untuk mengembangkan dan meningkatkan angkutan umum guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi z mobil dan sepeda motor.

“Jangan terulang lagi seperti transisi ke BBG yang gagal karena infrastruktur belum terbangun, SPBG terbatas. Jangan disubsidi, kehabisan uang, tapi SPKLU sedikit. Akhirnya gagal dan mereka tetap menggunakan BBM,” ujarnya. Sejumlah petugas kepolisian memeriksa motor listrik tersebut sebelum menguji kendaraan tersebut di Badung, Bali, Selasa (10/11).

energi hijau. Sehingga masyarakat luas dapat menikmati fasilitas tersebut secara bersama-sama,” kata Mulyanto. Manfaat sepeda motor listrik Pengunjung mencicipi kendaraan bermotor bertenaga listrik saat pameran di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11) “dan menyambut investasi yang lebih kuat setelah pandemi”

Lanjut membaca:
Berita BBC Indonesia »

Ful Medames, kuliner andalan Lebanon di masa krisis – ANTARA News

ANTARA – Banyak warga Lebanon yang tak mampu membeli berbagai jenis pangan akibat krisis ekonomi. Selain itu, mereka bergantung pada makanan murah seperti … Continue reading >>

Mulai tahun depan, pemerintah akan mensubsidi pembelian sepeda motor listrik Rp 6,5 jutaLuhut mengatakan, selain subsidi untuk sepeda motor listrik, sistem subsidi serupa untuk pembelian mobil juga sedang dipertimbangkan.

Luhut menyiapkan subsidi Rp 6,5 juta/unit untuk mendorong masyarakat membeli sepeda motor listrikPemerintah berencana mensubsidi harga sepeda motor listrik sebesar Rp 6-6,5 juta untuk mendorong warga beralih dari sepeda motor berbahan bakar bensin. Ini mengurangi subsidi bahan bakar dan melindungi anggaran nasional. Dari mana asal uang _amirul_hakim_ yang di anjurkan masyarakat?… kumpulin dulu uang BLT BBM buat beli motor?… Tesla motor listrik sensor Tesla

Menganggap Bali sebagai tujuan wisata kesehatan, Sandiaga Uno mengungkap rencana besarRencana Pemerintah Pusat menjadikan Bali sebagai destinasi wisata kesehatan, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan rencana besar

Mobil tidak boleh lewat, Pengelola Goa Resi Wonogiri menyiapkan tempat parkir khususPerbaikan retakan jalan masih dikomunikasikan dari Pemerintah Desa (Pemdes) Conto ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri.

Kepala BNPB pantau lokasi pemukiman kembali warga terdampak gempa Cianjur |Republika OnlinePemerintah daerah menyiapkan pemukiman kembali dan pemerintah pusat membangun rumah untuk warga

Pemda Jawa Barat dan Jawa Timur menolak beras impor dan siap memasok BulogPemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur meminta pemerintah pusat tidak mengimpor beras karena siap memasok beras ke gudang Bulog untuk memenuhi kebutuhan cadangan beras pemerintah.

“Subsidi itu akan menghabiskan uang negara di tengah krisis yang sedang berlangsung dan hanya akan mengalihkan masalah satu ke yang lain. PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Indonesia berencana memberikan subsidi pembelian sepeda motor listrik mulai tahun depan agar harganya lebih terjangkau bagi masyarakat Bali.

Memang polusi akan rendah, tapi kemacetan akan tetap tinggi,” ujarnya. “Kalau angkutan umum diperkuat, kemacetan dan polusi akan berkurang, dan inflasi juga akan turun,” ujarnya. Dikutip dari Reuters, Luhut mengatakan pemerintah sedang mematangkan program subsidi sepeda motor listrik Rp 6,5 juta per pembelian untuk mendongkrak penjualan ekonomi dalam negeri. Djoko juga mengingatkan pemerintah untuk mempertimbangkan kebijakan peralihan bahan bakar gas yang menurutnya gagal. Subsidi yang diberikan berkisar sekitar Rp6 juta hingga Rp6,5 juta. “Jangan terulang lagi seperti transisi ke BBG yang gagal karena infrastruktur belum terbangun, SPBG terbatas. Baca juga: Kabar Indonesia Akan Lelang Kepulauan Widi dan Membahayakan Ekosistem Laut Disorot Dunia: “Kalau Ingin Beralih Sepeda Motor ke Listrik Tahun Depan, Ya SPKLU Kecil Baca Juga: “Kita Promosikan Wisata Kesehatan untuk Siapkan Perjalanan tujuan dengan sekuat tenaga.

Akhirnya gagal dan terus menghabiskan BBM,” ujarnya. Luhut menambahkan, skema subsidi serupa juga sedang dipertimbangkan untuk pembelian mobil. Sepeda kami menyelesaikan berapa juta yang ingin kami subsidi. Sumber gambar, captionSejumlah polisi memeriksa sepeda motor listrik sebelum melakukan uji kendaraan di Badung, Bali, Selasa (10/11). Anggota Komisi VII DPR Energi Mulyanto mengatakan wacana subsidi pembelian sepeda motor dan mobil listrik tidak masuk akal. Ia merasa wacana tersebut hanya menguntungkan pengusaha, sedangkan masyarakat kecil tidak diuntungkan. Indonesia memiliki target penjualan sepeda listrik minimal 1,2 juta dan 35. “Daripada mensubsidi pembelian sepeda motor dan mobil listrik, sebaiknya pemerintah lebih fokus membangun ekosistem energi hijau, termasuk mensubsidi penyediaan sarana dan prasarana umum di jalan hijau. energy.com, Rabu (30/11/2022). Sehingga masyarakat luas dapat berbagi fasilitas tersebut" kata Mulyanto. Produsen kendaraan listrik mengatakan permintaan kendaraan listrik (EV) sedang tumbuh, tetapi volume penjualan masih sangat kecil dibandingkan mobil bertenaga minyak karena harga EV yang lebih tinggi.

Berdasarkan data Departemen ESDM, pada tahun 2022 akan ada 439 SPKLU dan 961 Stasiun Swap Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Pada tahun 2030, pemerintah menargetkan untuk membangun lebih dari 48. Jadi kalau mau jual (kendaraan) ke depan, jual ini lebih baik, pilih itu,” tambah Luhut. Pengunjung menjajal kendaraan bermotor bertenaga listrik dari Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11) saat pameran. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah merencanakan subsidi sekitar Rp sekarang sedang disiapkan sepedanya agar lebih baik lagi,” kata Luhut.

“Jadi kita segera luncurkan mobil listrik dengan subsidi, misalnya sepeda motor kita selesai, berapa juta kita mau kasih subsidi sepeda motor, mungkin Rp 6 juta. Di Thailand mungkin Rp 7 juta, kalau kita mungkin Rp 6,5 juta. , begitu mirip. Berapa juta mobil yang mau kita sumbangkan,” kata Luhut dalam acara bertema “Selamat Datang Investasi Kuat Pasca Pandemi” yang disiarkan secara daring, Rabu (30/11). Jika Anda menderita asma, itu lebih sehat. Rencana itu ditempuh karena menurut hasil perhitungan akan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang memakan anggaran negara, kata Luhut. “Kenapa? dia tidak akan membeli bensin lagi.

Jadi kami menghitung bahwa masih lebih menguntungkan menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor fosil dan mobil juga… dan sekarang kami ingin mengubahnya, atau menukar mesin sepeda motor dengan sepeda motor listrik, dan berhasil, dan sekarang Disiapkan seperti itu, sepeda motor dibuat lebih baik,” kata Luhut. Luhut menambahkan, penggunaan kendaraan listrik juga akan meningkatkan kualitas air yang rusak akibat knalpot kendaraan berbahan bakar fosil. Presiden Joko Widodo mengatakan Kementerian Perindustrian menargetkan untuk memproduksi dua juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2025. Saat ini terdapat 35 pabrik mobil di Indonesia dengan kapasitas produksi sekitar satu juta unit per tahun, yang diperkirakan akan meningkat menjadi dua juta unit pada tahun 2023. Perhitungan pemerintah NTARA PHOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat Caption, Petugas memberikan kepada pengunjung Pameran Baterai Kendaraan Listrik sebagai bagian dari de r G20 Summit Series at the Bali Collection, statement on electric motorcycles, Nusa Dua, Bali, Sabtu (12/11).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan dalam website Kementerian ESDM bahwa ada 120 juta sepeda motor di Indonesia. Jika satu unit menggunakan satu liter per hari, maka totalnya adalah 800.000 barel minyak. “Kalau harga saat ini US$100 per barel maka kita sudah membakar US$80 juta atau setara Rp 1,2 triliun untuk BBM. Dengan pertumbuhan sepeda motor dari enam menjadi delapan juta unit per tahun, bisa dibayangkan berapa anggaran yang akan dikeluarkan selama 10 tahun ke depan,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Departemen Energi dan Sumber Daya Alam, dengan menggunakan 2 juta mobil listrik dan 13 juta sepeda motor listrik, baik rekondisi maupun baru, akan menghemat bahan bakar hingga 8,1 juta kiloliter dan mengurangi emisi CO2 hingga 17,6 juta ton. Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam mengatakan setiap pengguna sepeda motor listrik akan menghemat bahan bakar Rs 2,6 juta per tahun. Sedangkan dengan menggunakan unit motor listrik, pemerintah menghemat BBM hingga 335 liter per tahun dan offset pertalite lebih dari Rp 532.500 per tahun. Lalu, dengan menggunakan mobil listrik menghemat biaya bahan bakar dan perawatan Rp 17,62 juta per tahun.

Manfaat bagi pemerintah, satu juta mobil listrik akan mengurangi impor BBM sebesar 1,5 juta kiloliter, menghemat devisa Rp 13,02 triliun. Ini juga akan mengurangi emisi CO2 sebesar 3,21 juta ton/tahun dan meningkatkan konsumsi listrik sebesar 2,2 TWh/tahun. Saat menelusuri aplikasi jual beli online, harga sepeda motor listrik saat ini berkisar di bawah Rp 10 juta hingga di atas Rp 30 juta tergantung spesifikasinya. Topik-topik yang berkaitan .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button