Rekomendasi kuliner dan wisata di Salatiga - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi kuliner dan wisata di Salatiga

Sendang Senjoyo (foto Instagram andridanu2)

SIGIJATENG.ID – Salatiga merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki udara sejuk seperti pegunungan. Kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang ini memiliki destinasi wisata dan kuliner yang patut Anda kunjungi.

Yuk simak rekomendasi kuliner dan destinasi wisata di Salatiga yang bisa kamu kunjungi akhir pekan ini.

  1. Sendang Senjoyo

Mata Air Senjoyo Mata Air atau Umbul Senjoyo merupakan sebuah kolam dengan mata air tersendiri dan pemandangan yang indah.

Lokasi tepatnya di Jalan Senjoyo IV Kadipurwo, Desa Gedongan, Kecamatan Tingkir, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah.

Berada di ketinggian 650 m dpl, tempat wisata ini menjanjikan keindahan alam dengan suasana yang sejuk dan air yang segar, dingin, dan jernih, sangat cocok untuk bersantai dan bersantai bersama keluarga.

  1. Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan adalah prasasti yang ditulis di atas batu besar mirip andesit dengan panjang 170 cm, lebar 160 cm, dan keliling 5 meter. Prasasti ini ditemukan di Dusun Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Prasasti Plumpungan berumur kurang lebih 1264 tahun, isinya ditulis dalam bahasa Jawa Kuna dan bahasa Sansekerta. Tulisannya diukir dalam kotak persegi panjang bergaris ganda yang menjorok masuk dan keluar di setiap sudut.

Dari segi isi, prasasti itu sendiri merupakan informasi bebas pajak berupa wilayah kekuasaan. Cara ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh raja-raja pada zaman Mataram Kuno.

Biasanya diberikan kepada desa-desa yang melayani kerajaan. Daerah ini dibebaskan dari kewajiban pajak atau upeti untuk Salatiga dan sekitarnya oleh Raja Bhanu.

  1. Goa Rongview

Goa Rong View merupakan objek wisata baru di Salatiga dengan pemandangan alam yang hijau dan luas. Salah satu tempat wisata baru di Salatiga yang cocok untuk menemani liburan Anda bersama orang tersayang adalah Goa Rong View. Hilangkan rasa bosan dan penat dengan menikmati keindahan tempat wisata Salatiga terbaru ini.

  1. Tahu Campur Pak Min Kalitaman

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui tempat mana saja yang harus dikunjungi, kini Anda perlu mengetahui kuliner apa saja yang patut dicoba saat berkunjung ke Salatiga. Salah satunya adalah Tahu Campur Pak Min.

Tahu campur adalah makanan khas salatiga yang terdiri dari lontong, bakwan, kol, tahu, kerupuk uleni dan bumbu kacang.

Salah satu yang paling terkenal adalah Warung Tahu Campur Pak Min, Anda bisa memilih bumbu kacang sesuai selera, Anda juga bisa memesan menu tahu campur spesial.

Anda hanya perlu merogoh kocek 5.000 hingga 10.000 rupiah untuk menikmati seporsi tahu campur ini.

  1. Babak hebat

Bagi pecinta minuman panas di Jawa Tengah, Wedang Ronde Jago merupakan salah satu kedai legendaris di Salatiga. Kedai yang berusia lebih dari setengah abad ini selalu menjadi rujukan bagi siapa saja yang berkunjung ke Salatiga, apalagi kota yang bertengger di punggung Gunung Merbabu ini berhawa dingin.

Sejak “kehilangan arah” ke Wedang Ronde Jago sekitar setahun yang lalu, saya sudah beberapa kali mengunjungi warung di Jalan Jenderal Sudirman nomor 9, hanya lima menit dari alun-alun kota itu. Pemilik saat ini adalah generasi keempat.

Menu favorit saya di toko ini adalah Ronde Sekoteng yang sepertinya menjadi favorit sebagian besar pengunjung. Jika Anda mengunjungi tempat ini, yang terkesan kuno namun nyaman, cobalah untuk memesannya! Ronde Sekoteng memiliki aroma yang khas, perpaduan wangi jahe dan sekoteng. Rasanya juga benar-benar otentik, yang merupakan warisan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Toples Sekoteng bulat berisikan bulat, kacang tanah, rumput laut dan sebagainya. Semua bahan ini kemudian dibilas dengan campuran jahe dan air gula. Itu terasa seperti? Manis, sedikit pedas dan menyegarkan, serta ada rasa hangat di tenggorokan.

Wah menarik sekali nih, segera rencanakan bersama orang tersayang untuk bisa berkunjung ke Salatiga. (Achida)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button