Rekomendasi 12 objek wisata Garut terpopuler yang layak dijelajahi - WisataHits
wisatahits

Rekomendasi 12 objek wisata Garut terpopuler yang layak dijelajahi

Selain terkenal dengan masakan dodol khasnya, ternyata banyak tempat wisata murah di Garut yang layak untuk dikunjungi. Lokasinya yang strategis, mudah dijangkau terutama dari kota Bandung, menjadikan Garut sebagai destinasi ideal untuk liburan keluarga tercinta.

Kota Garut adalah kota kecil dengan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai sejenak dari rutinitas sehari-hari ketika akhir pekan. Ini dia tempat wisata terindah di Garut dengan sejuta keindahan yang sayang untuk dilewatkan!

gunung guntur

Untuk wisatawan Bagi anak muda yang suka mendaki gunung, Anda bisa mencoba objek wisata ini. Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, sekaligus menjadi salah satu Gunung Merapi di Jawa Barat. Dengan ketinggiannya yang pasti memberikan sensasi sejuk alami saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini.

Sesampainya di gunung ini, Anda akan disambut dengan keindahan dan keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Inilah alasan mengapa banyak pendaki menjadikan tempat ini sebagai destinasi terbaik.

Beberapa spot tersaji di tempat ini, mulai dari Kawah Manuk, Kawah Nangklak, Kawah Baru dan Kawah Mas. Di sini juga ada Blok Pondok Saladah, menyuguhkan padang rumput menawan yang siap memanjakan mata.

Wisata Kawah Papandayan

Jika Anda tertarik dengan keeksotisan kawah Gunung Papandayan di Garut, Anda bisa mencoba salah satu objek wisata tersebut. Ada dua kolam berisi air panas sebagai daya tarik pengunjung.

Suhu airnya mencapai 30 derajat Celcius, Anda bisa menikmati panorama alam sekaligus berendam di air panas untuk menghangatkan tubuh. Selain memberikan efek relaksasi, air panas yang mengandung belerang ini tentunya dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Menariknya, Anda akan disuguhkan sebuah pos pengamatan yang bisa menyuguhkan pemandangan luar biasa di kawasan wisata ini. Sudut pandang ini berada di area Bumi Perkemahan Papandaan, tepatnya di Desa Sirnajaya, Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Taman Rekreasi Papandayan

Kunjungan ini mungkin masih baru, karena dibuka pada awal tahun 2017. Namun pesonanya telah menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Terletak hanya 2 km dari kawah Gunung Papandayan, sebelum mencapai Bumi Perkemahan Papandayan.

Padahal, konsep wisatanya hampir sama dengan Bumi Perkemahan Papandayan. Hanya saja disini banyak terdapat tempat-tempat menarik untuk foto selfie, sehingga wajar jika tempat ini selalu diminati oleh para wisatawan.

Hutan Mati Papandayan

Wisata Garut berbau Gunung Papandayan selalu menjadi primadona di kota Garut, selain Camping Ground dan Taman Rekreasi Papandayan, ada satu lagi tempat yang wajib anda kunjungi di Garut yaitu hutan mati Garut Papandayan.

Menghadirkan pemandangan hutan mati yang unik, akibat letusan Gunung Papandayan pada tahun 2002. Meski terlihat suram karena menawarkan pemandangan hutan kering, tempat ini bisa dijadikan sebagai spot fotografi dengan visual menawan.

Tak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen mereka di tempat ini melalui foto artistik. Sayangnya, bau belerang di kawasan ini cukup menyengat. Jadi, buat kamu yang sering ke tempat ini, jangan lupa pakai masker ya!

Leuwi Tonjong

Berada di Kampung Rontog, tepatnya di Desa Jayamukti, Cihurip, Garut, menjadikan Leuwi Tonjong sebagai objek wisata yang tak kalah menarik. Tempat wisata ini menyajikan melihat
yang begitu mempesona dengan air terjun kecil yang mengalir dan kolam di bawahnya yang cukup dangkal.

Tidak hanya itu, suasananya juga sangat sejuk dengan pemandangan perbukitan hijau dan tebing-tebing yang eksotis, sangat cocok dijadikan sebagai spot foto yang bagus. instagramable.

Leuwi Jubleg

Selain Leuwi Tonjong, Garut juga memiliki kawasan wisata serupa yang tak kalah menawan. Aliran air di Leuwi Jubleg sangat jernih dan menyegarkan, belum lagi pemandangannya yang sangat aduhai selalu siap menyambut pengunjung. wisatawan yang berkunjung ke sini.

Nama “Jubleg” sendiri berarti alat tumbuk tradisional, menggambarkan bebatuan di sekitarnya yang tampak seperti jubleg. Wisata Garut ini memiliki kolam tangki yang sangat jernih dan sangat menggiurkan.

Tebing alam Tumpang

Garut juga memiliki wisata tebing di Desa Tanjungjaya, Banjarwangi, Garut, Jawa Barat. Tebing alam Batu Tumpang bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang menyukai aktivitas eskalasi.

Akses menuju tempat ini cukup mudah, mengingat letaknya yang berada dipinggir jalan, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata unik ini saat liburan. Anda bisa menikmati indahnya perbukitan hamparan kebun teh hijau dan menyejukkan mata.

Lembah Karacak

Tempat wisata lain yang sangat populer di Garut adalah Lembah Karacak. Menghadirkan perkebunan yang sangat asri, terdiri dari hamparan hutan pinus dan perkebunan kopi seluas 92 hektar.

Tempat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata favorit, dengan adanya air terjun eksotis bernama Curug Ngebul. Anda juga dapat mengunjungi Puncak Dogar untuk menikmati melihat Gunung Cikuray dan kota Garut di atas ketinggian.

Taman Satwa Cikembulan

Jika Bogor memiliki taman safari, maka Garut juga memiliki taman margasatwa Cikembulan. Meski tidak serapi dan selengkap satwa yang ada di Taman Safari Bogor, tempat ini layak dikunjungi sebagai wisata edukasi yang memberikan wawasan tentang berbagai jenis satwa untuk anak-anak saat liburan.

Di taman satwa ini, Anda dapat menemukan orangutan, gajah, badak, ular, singa, dll. Selain bisa mengamati satwa lebih dekat, Anda juga bisa menginap di kawasan yang suasananya masih sangat asri ini.

Air Terjun Batu Nyusun

Pernahkah Anda menikmati atraksi air terjun? Destinasi ini bisa kamu coba saat liburan di Garut. Curug Batu Nyusun, sesuai dengan namanya, merupakan wisata air terjun yang memiliki tebing-tebing batu yang tersusun menyatu

Menghadirkan aliran air di sepanjang tebing, sehingga menawarkan suasana yang segar dan eksotis. Lokasi Air Terjun Batu Nyusun berada di Pangrumasan, Pendeuy, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Bukit Pilar Angin

Wind Pillar Hill juga menjadi rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi. Bukit ini dipenuhi rerumputan berwarna kekuningan, sekaligus terkenal sebagai spot foto keren bagi para pecinta fotografi.

Pemandangan yang unik semakin terasa dengan hadirnya suasana pedesaan, apalagi jika melihat domba yang sedang merumput di kawasan ini.

Pantai Rancabuaya

Setelah hanya sekedar menjelajahi tempat wisata gunung dan air terjun, kini beralih ke tempat wisata pantai di Garut. Meski tidak terlalu besar, kota ini menyuguhkan perjalanan terorganisir yang sangat lengkap.

Salah satunya adalah Pantai Rancabuaya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa Selatan. Ombak yang Anda rasakan di pantai ini cukup besar. Bebatuan pantai ini siap memecah ombak, sekaligus memberikan fenomena alam yang begitu menyegarkan.

Baca Juga: Menikmati Pesona Pemintalan Garut Ala Kamodjan Hari Ini

Uniknya, di pantai ini terdapat air terjun atau air terjun yang alirannya langsung menuju ke laut. Wah, unik bukan? Jika tertarik, datang saja ke tempat wisata yang ada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat ini.

Ini dia 12 tempat wisata Garut yang bisa kamu singgahi, go for it daftar beberapa objek wisata di atas untuk rencana liburan kamu!

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button