RSUD Banyuwangi: Peserta Diklat Literasi BI Keracunan Ringan - WisataHits
Jawa Timur

RSUD Banyuwangi: Peserta Diklat Literasi BI Keracunan Ringan

Liputan6.com, Banyuwangi Dipastikan, peserta pelatihan literasi (BI) Bank Indonesia yang diadakan di sebuah hotel di Banyuwangi mengalami keracunan ringan. Pemicunya belum teridentifikasi.

Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr. Widjie Lestariono mengatakan 16 korban dibawa ke RS Blambangan. Hampir semua korban mengeluhkan diare dan muntah-muntah.

“Ini tanda keracunan ringan,” kata Rio, sapaan akrabnya, Senin (12/12/2022).

Rio mengatakan para korban masih dalam kondisi normal. Artinya kesehatannya tidak terlalu buruk.

“Tidak ada yang dirawat di rumah sakit yang artinya tidak bertambah parah. Mereka diberi obat dan kemudian diperbolehkan pulang,” katanya.

Terkait pemicu keracunan, Rio menegaskan perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. Ini nantinya menjadi tugas dinas kesehatan setempat.

“Racun apa yang membutuhkan identifikasi. Itu akan menjadi peran dari dinas kesehatan, bagaimana mengambil sampel muntahan korban kemudian dilakukan uji lab,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Amir Hidayat mengatakan, pihaknya mengambil sampel makanan yang sebelumnya dimakan peserta di hotel dan di Alas Purwo.

“Kami mengirim tim untuk penyelidikan epidemiologi,” kata Amir, Senin (12/12/2022).

Menurut Amir, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan peserta keracunan. Termasuk makanan, air dan pengolahan. Sampel dari semua orang dibawa ke lab departemen kesehatan.

“Kami masih menunggu hasil labnya,” kata Amir.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button