Rekomendasi 10 wisata alam indah di Jawa Timur yang layak dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

Rekomendasi 10 wisata alam indah di Jawa Timur yang layak dikunjungi

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di sebelah timur pulau Jawa dengan ibu kota Surabaya. Dengan luas sekitar 47.922 km², provinsi ini memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan di Jawa Timur berkat keindahan alamnya yang menakjubkan.

Wisata alam di Jawa Timur memang menjadi primadona di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur, kawasan Jawa Timur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jawa Timur dengan topografi dan tampilan alamnya membuat banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah wisata pantai, pulau, pegunungan hingga taman nasional yang memukau.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Di Jawa Timur Yang Bagus dan Terkenal 2022

Tidak hanya alamnya yang eksotis, Jawa Timur juga memiliki rangkaian objek wisata tersendiri. Termasuk dari seni memasak hingga budaya masyarakatnya yang juga sangat berbeda dengan yang lain.

Oleh karena itu, kawasan wisata alam Jawa Timur terasa pas untuk Anda bersama dengan orang-orang terdekat Anda. Lantas apa saja rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Timur ini?

Rekomendasi menarik wisata alam di Jawa Timur

1. Pantai Teluk Hijau

Selain pantai Pulau Merah, tempat wisata alam di Jawa Timur selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah pantai Teluk Hijau. Pantai Teluk Hijau tak lain adalah Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Seperti namanya, pantai yang satu ini memiliki air laut dengan warna yang eksotis. Karena masih asri dan ditumbuhi rumput laut, warna airnya terlihat seperti biru toska.

Selain itu, ada daya tarik tersendiri dari Pantai Teluk Hijau. Pengunjung bisa melihat keindahan bebatuan yang berjejer di pantai dengan cara yang sangat menarik.

2. Taman Nasional Baluran

Selain Taman Nasional Alas Purwo, Anda juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata alam Jawa Timur lainnya. Tempat wisata yang sama yang menampilkan keindahan alam Jawa Timur tidak lain adalah Taman Nasional Baluran.

Bedanya, Taman Nasional Baluran menjadi habitat 26 jenis mamalia, 44 jenis tumbuhan dan ratusan jenis burung. Taman Nasional Baluran dikenal luas hingga mancanegara karena keindahannya.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung dari berbagai negara yang antusias menikmati pemandangan dari Taman Nasional Baluran. Jika Anda tertarik, kunjungi saja Taman Nasional Baluran yang terletak di kawasan Situbondo dan Banyuwangi.

3. Gunung Ijen

Tempat wisata alam di Jawa Timur selanjutnya adalah Gunung Ijen. Gunung Ijen adalah tujuan wisata antara Bondowoso dan Banyuwangi.

Daya tarik wisata alam Jawa Timur ini terletak pada fenomena alamnya. Salah satunya adalah blue fire yang sering terjadi di sekitar Gunung Ijen.

Disebutkan ini hanya terjadi di Gunung Ijen. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang penasaran untuk antusias melihat fenomena langka di kawasan Gunung Ijen ini.

4. Gili Labak

Rekomendasi pertama untuk wisata alam di Jawa Timur adalah Gili Labak. Gili Labak yang terletak tepatnya di Sumenep merupakan tempat wisata alam yang berbasis pulau.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda dari yang lain, Gili Labak bisa dikunjungi bersama orang tersayang. Gili Labak tidak hanya indah tetapi juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang eksotis berupa batuan dasar.

Anda tidak akan bosan di tempat yang satu ini. Karena Gili Labak dikenal memiliki luas hingga 5 hektar untuk dijelajahi.

5. Sayangnya Taman Nasional Purwo

Selain keindahan pantai yang eksotis dan indah, di Jawa Timur juga banyak tempat yang ditetapkan sebagai taman nasional. Salah satunya adalah wisata alam Taman Nasional Alas Purwo.

Sayangnya, Taman Nasional Purwo terletak di dua kecamatan yang berbeda yakni Tegaldlimo dan Purwoharjo, Banyuwangi. Destinasi alam ini dapat memanjakan mata pengunjungnya dengan deretan hutan, sabana, gua, dan pantai yang indah.

Selain itu, ada juga keanekaragaman hayati yang jarang ditemukan di tempat lain. Diantaranya adalah rusa, banteng, rusa jantan, lutung, macan tutul dan berbagai tanaman yang indah.

6. Taman Nasional Bromo Tengger

Destinasi wisata alam Jawa Timur yang tak kalah terkenal adalah: Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru. Wisata alam ketujuh ini berada di empat kabupaten sekaligus yakni Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Lumajang.

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, kawasan ini memang menjadi pilihan yang tepat. Karena Taman Nasional Bromo Tengger memiliki beberapa gunung yang bisa dikunjungi yaitu Semeru, Batok, Bromo dan lain sebagainya.

Selain itu, ada atraksi lain di daerah ini. Di beberapa pegunungan ini Anda akan menemukan beberapa jenis tumbuhan yang dilindungi seperti bunga edelweis.

7. Gunung Semeru

Selain itu, tempat wisata alam Jawa Timur yang tak kalah indah dan menariknya adalah Gunung Semeru. Lokasinya berada di wilayah administrasi Lumajang dan Malang.

Daya tariknya tak lain adalah ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.600 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, Gunung Semeru diklaim sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah tetapi juga keindahan dan kesejukan Danau Ranu Kumbolo. Tak heran jika banyak wisatawan yang antusias untuk mendaki gunung yang indah ini.

8. Gunung Welirang

Satu lagi tempat wisata alam di Jawa Timur yang bisa memanjakan mata. Tempat tersebut tidak lain adalah Gunung Welirang.

Gunung Welirang sendiri terletak di Kabupaten Mojokerto dan Malang. Daya tariknya terletak pada terciptanya kandungan belerang yang melimpah. Tak heran jika nama tempat wisata ini memiliki arti belerang dalam bahasa Jawa.

9. Pantai Pulau Merah

Selain wisata pulau, kawasan Jawa Timur juga menawarkan berbagai wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satu destinasi wisata alam terdekat di Jawa Timur tidak lain adalah Pantai Pulau Merah.

Di tempat ini, Anda bisa memanjakan mata dengan mengamati pulau kecil di tengah pantai. Tingginya bahkan mencapai 200 meter.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah yang terletak di Desa Sumragung, Banyuwangi. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahannya tetapi juga mengabadikan momen dengan berfoto selfie.

10. Pantai Banyu Tibo

Rekomendasi keempat wisata alam di Jawa Timur adalah Pantai Banyu Tibo. Nama pantai ini tidak lain karena terinspirasi dari pemandangan alam dari tempat itu sendiri.

Pantai eksotis ini memiliki air terjun indah yang mengalir langsung ke pantai selatan. Karena terdapat air terjun, Pantai Banyu Tibo juga menawarkan pemandangan dua tebing yang menarik untuk dinikmati.

Untuk mengunjungi Pantai Banyu Tibo, pengunjung bisa langsung bergegas menuju Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Setiap pengunjung bebas untuk berenang di beberapa tempat aman di lokasi atau sekedar bermain air.

Source: intrik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button