Rajin Beriklan di Shopee, Penjual mukena solo ini terima puluhan ribu order online - WisataHits
Jawa Tengah

Rajin Beriklan di Shopee, Penjual mukena solo ini terima puluhan ribu order online

INFO BISNIS – Memanfaatkan peluang secara cerdas adalah salah satu kunci sukses dalam penjualan. Hal itulah yang dilakukan pemuda asal Solo bernama Muhammad Rifqi Nahdi, CEO brand Putri Dania.

Rifqi melihat peluang besar dalam bisnis Rayon Mukena yang belum banyak tersedia di pasar online. Langkah ini menjadi titik balik kesuksesan bisnis Putri Dania.

Berdiri sejak tahun 2018, Putri Dania awalnya merupakan UMKM yang menjual produk Rayon Mukena dengan fokus berjualan sebagai distributor. Namun, kurangnya promosi kepada konsumen tidak menyebabkan peningkatan penjualan.

Kondisi ini membuat Rifqi menyadari bahwa diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan penjualan produk. Ia pun memanfaatkan momentum bisnis online dengan bergabung di marketplace Shopee per Agustus 2020 untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

“Sejak kami menjadi penjual di Shopee, kami mulai menggunakan berbagai fitur dan program untuk meningkatkan penjualan di saluran online. Semua program dan fitur kami maksimalkan dengan tujuan agar Putri Dania dikenal luas di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Alhamdulilah sekarang bisa menghasilkan penjualan hingga miliaran rupiah per bulan, apalagi di momen penting seperti Ramadhan,” kata Rifqi saat menghadiri peluncuran wajah baru Shopee Barokah di Solo pada Jumat, 7 Oktober, platform berpartisipasi, 2022.

Dalam mengoptimalkan penjualannya, Rifqi telah menggunakan hampir semua fitur dan program yang ada di Shopee. Menurutnya, setiap fitur di Shopee bersifat komplementer dan terintegrasi sehingga dapat mengarahkan traffic ke toko dan meningkatkan penjualan.

Dari berbagai fitur dan program yang diikuti, Rifqi menilai layanan iklan Shopee paling efektif. Sejak berpromosi secara rutin di Shopee, penjualan secara bertahap meningkat. Karena sebelumnya hanya bisa menjual ratusan produk, iklan Shopee membantunya mendapatkan penjualan luar biasa yang bisa mencapai puluhan ribu produk dalam sebulan.

Rifqi juga mengakui bahwa program ekspor Shopee juga memiliki keuntungan karena produknya bisa sampai ke luar negeri. “Ketika kita memiliki perusahaan, kita tidak bisa puas dengan pencapaian yang telah kita buat. Harus ada perbaikan. Dalam hal ini, Shopee sangat membantu saya mewujudkan itu,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa program pelatihan gratis yang tersedia bagi penjual, di antaranya program Kampus Shopee dan program Ekspor Shopee. “Hasilnya tidak main-main. Dari bisnis lokal dengan produk Rayon Mukena, kita bisa menembus pasar global hingga Malaysia, Singapura dan Thailand,” ujar pria 28 tahun ini.

Kehadiran Shopee Barokah membantu Rifqi dan jutaan UMKM menjangkau pasar muslim Indonesia. Berdasarkan data Indonesia Halal Market Report 2021/2022, Indonesia merupakan pasar konsumen Halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi produk Halal mencapai US$184 miliar pada tahun 2020.

Angka ini juga diperkirakan akan terus tumbuh mengingat potensi industri produk halal di Indonesia masih sangat besar dan dapat dioptimalkan oleh para pemilik usaha. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan konsumsi produk dan jasa halal dalam negeri diperkirakan meningkat 14,96 persen dari sekitar US$184 miliar menjadi US$281,6 miliar pada 2025.

Kehadiran Shopee Barokah sebagai ekosistem yang mendukung industri kreatif syariah dan merupakan rumah bagi produk Halal bertujuan untuk memaksimalkan potensi pasar Halal, khususnya di Indonesia. Hal ini juga menjadi peluang bagi brand Putri Dania untuk menjangkau segmen konsumen muslim.

Rifqi optimis dengan inovasi produk-produknya dan didukung ketersediaan platform penjualan, UMKM yang dipimpinnya selama dua tahun terakhir dapat dikenal lebih luas. “Kehadiran Shopee Barokah tentunya dapat membantu saya dan jutaan UMKM lainnya yang menjual produk bernuansa islami untuk mendapatkan eksposure baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Rifqi.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button