Simulasi Pengamanan Pilkades Serentak, Kapolres Sukoharjo: Hindari Konflik - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Simulasi Pengamanan Pilkades Serentak, Kapolres Sukoharjo: Hindari Konflik – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Polres Sukoharjo menggelar latihan simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (3/12/2022). (Spesial)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 8 Desember 2022.

Untuk mempersiapkan pengamanan pilkada serentak, Polres Sukoharjo menggelar latihan simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo pada Sabtu (3/12/2022).

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, simulasi tersebut dihadiri oleh pihak kepolisian, TNI dan Pemkab Sukoharjo.

Kapolres mengimbau masyarakat Sukoharjo untuk mengutamakan persatuan dan menghindari konflik.

Baca Juga: Tolak Rekomendasi Cakadus II untuk Desa Dalangan, Ini Pernyataan Camat Tawangsari

Antisipasi terjadi mulai dari pencoblosan hingga penghitungan.

“Petugas yang terlibat dalam pengamanan di sejumlah TPS dan lainnya siapsangat memahami tugas dan tindakan apa yang harus diambil ketika ada kemungkinan mengganggu Kamtibmas atau mengganggu kerusuhan sipil,” kata Kapolres dalam catatan yang diterimanya. Solopos.comSabtu malam.

AKBP Wahyu menambahkan, Polres Sukoharjo dan jajarannya siap memastikan Pilkades digelar serentak, dan simulasi itu sebagai bagian dari peningkatan persiapan pengamanan jelang Partai Demokrat.

Baca Juga: Pastikan Konduktivitas Kamtibmas, Cakades Sambangi Polsek Kartasura Sukoharjo

“Polisi tentunya memiliki tanggung jawab yang besar dalam memastikan penyelenggaraan Pilkades serentak yang aman dan kondusif. Dan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polres Sukoharjo untuk mewujudkan Kamtibma yang aman, lancar, dan tenteram,” ujarnya.

Pihaknya meminta semua pihak untuk membantu menjaga situasi kondusif dan menghindari konflik yang dapat memecah belah persatuan warga.

Baca Juga: Cegah Kerusuhan, 500 Personel TNI/Polri Bakal Kawal Pilkades di Sukoharjo dengan Ketat

Dalam simulasi yang dilakukan, tampak berbagai adegan yang mengarah pada potensi bahaya gangguan Kamtibmas yang melibatkan massa besar dan bagaimana menghadapi massa yang berusaha melakukan kerusuhan dan bagaimana menangani secara efektif dengan polisi, TNI dan Pemkab, sehingga situasi menjadi kondusif kembali.

Selain latihan simulasi pengamanan TPS, juga digelar Tactical Floor Game (TFG) sebagai bagian dari Pilkades Serentak di Kabupaten Sukoharjo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button