Rahasia Gua Grubug, Konon Tempat Eksekusi PKI di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Rahasia Gua Grubug, Konon Tempat Eksekusi PKI di Gunungkidul

Gunungkidul

Gua Grubug terletak di Dusun Jetis Wetan, Kecamatan Papadejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Konon goa tersebut menjadi tempat eksekusi orang-orang yang diduga terlibat gerakan PKI.

Gua Grubug terletak di dekat Luweng Jomblang. Untuk mencapai gua harus melalui kebun jati. Sesampai di sana, akan ada beberapa peti besi yang menempel di tepi gua.

Setelah diperiksa lebih dekat, gua ini cukup dalam dan Anda dapat mendengar gumaman sungai yang mengalir dari bawah Gua Grubug. Juga, pintu masuk gua kadang-kadang tampak pucat karena percikan cepat air sungai bawah tanah ke dalam gua.

Salah satu warga Kalurahan Paijejo bernama Paijem mengatakan, Gua Grubug memiliki kedalaman lebih dari 90 meter. Paijem melanjutkan, gua itu dulunya adalah tempat orang-orang yang terlibat dalam PKI dieksekusi dan dibuang.

“Saya masih muda waktu PKI, jadi saya tidak begitu tahu detailnya. Tapi cerita kakek saya ada untuk menyingkirkan orang-orang yang terlibat tahun 30-an (G30S PKI),” kata Paijem saat ditemui di sawah sekitar Gua Grubug, Sabtu (9/10/2022). , Paddyjo, Semanu, Gunungkidul .

Perempuan berjubah itu juga menceritakan bagaimana pengalamannya saat maraknya eksekusi mati terhadap orang-orang yang terlibat dalam PKI. Menurutnya, ketika sekelompok orang membawa orang untuk dieksekusi, warga memilih untuk tidak keluar rumah.

“Ya kalau siang kalau ada orang yang mau ke sana (melaksanakan eksekusi) maka orang tidak keluar rumah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemandu wisata di Luweng Jomblang, Budiyanto mengakui, peristiwa itu terjadi pada pertengahan 1960-an. Karena itu, Budi mengaku belum banyak mengetahui secara detail, namun orang tua dan kakek-neneknya pernah menceritakan sejarah kelam Gua Grubug.

“Untuk detailnya saya belum lahir, tapi menurut cerita orang tua saya dan Simbah saya, tempat ini sebenarnya salah satu tempat eksekusi G30S, sama seperti Peter (penembakan misterius). ’60-an,” katanya.

Selengkapnya di halaman berikutnya…

Tonton video Demo Tolak Kenaikan BBM di Malioboro Gerbang Ricoh DPRD DIY Runtuh.
[Gambas:Video 20detik]

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button