Puteri Budaya Jawa Timur dan Putra Budaya Jawa Tengah Raih Juara 1 PPBI 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Puteri Budaya Jawa Timur dan Putra Budaya Jawa Tengah Raih Juara 1 PPBI 2022

Yogyakarta, Beritamerdekaonline.com – Pemilihan Putra dan Putri Kebudayaan Indonesia (PPBI) 2022 berhasil dilakukan oleh PPBI dari tanggal 2 hingga 7 November di ballroom Hotel Grand Selera Yogyakarta.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan budayawan dari berbagai provinsi di Indonesia ini menampilkan dua pasang putra dan putri terbaik Indonesia yang menjadi dua terakhir yang bertahan pada malam Grand Final. Terbaik dari mereka lolos sesi tanya jawab dalam posisi TOP 5 PPBI 2022 dihadapan juri yang terdiri dari lima orang yaitu Reko Serasi, MA (pendiri PPBI), RR Bita Saraswati (RU 2 Putri Indonesia DIY), Bara Zulfa (RU 3 L-Men 2021), Aryanto Hendro Suprantoro (Dinas Kebudayaan DIY) dan Suray Agung Nugroho, Ph.D (Akademisi UGM).

Selain Juara Umum PPBI, Juara 1 PPBI juga merupakan representasi dari putra-putri terbaik Indonesia di ajang ini. Oktaviana Tri W dari Jawa Timur meraih Juara 1 PPBI RU 2022. Ia telah menarik perhatian banyak orang sejak awal kegiatan PPBI. Dengan gerak-gerik dan aktivitas yang dilakukannya dalam kesehariannya, menunjukkan bahwa ia adalah orang yang sangat aktif dan mencintai budayanya.

Sebagai generasi muda yang cerdas, ia dapat menunjukkan bahwa budaya Indonesia khususnya Jawa Timur sangat menarik. Hal ini terlihat dari postingan yang ia lihat di media sosialnya. Dengan ini, Okta membuktikan bahwa generasi muda mampu menggambarkan budaya yang dianggap kuno sebagai sesuatu yang menarik dengan sentuhan teknologi, informasi dan komunikasi.

Untuk kategori Putra, Juara 1 RU Putra Budaya Indonesia dimenangkan oleh M. Farid Aji Nugroho yang berasal dari Jawa Tengah. Pemuda asal Kabupaten Purworejo ini sudah menorehkan prestasi terkait wisata budaya pada tahun 2018 dan meraih Juara 1 sebagai Duta Wisata Kabupaten Purworejo kemudian naik ke tingkat provinsi yaitu Mas dan Mbak Jawa Tengah dan memiliki banyak kegiatan budaya dan pariwisata di Kabupaten Purworejo dan juga Jawa Tengah 2019, menjadi pemenang Duta HIV AIDS di Yogyakarta 2019, mengikuti Pawiyatan Pamong Kraton Yogyakarta 2021, menjadi putra vokasi UB 2021, sebagai mahasiswa di bidang Teknologi informasi ini juga memadukan perkembangan teknologi di bidang perancangan aplikasi edukasi gamelan.

Farid mengatakan bergabung dengan PPBI merupakan wadah bagi generasi muda untuk lebih aktif dan aktif dalam pelestarian budaya, memanfaatkan waktu agar dapat diterima oleh semua kalangan.

“Alhamdulillah, dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, Jawa Tengah bisa membanggakan di tingkat nasional. Sangat diharapkan saat ini peran generasi muda terus berupaya untuk mewarisi budaya lokal sehingga bisa menjadi kekuatan bagi eksistensi budaya lokal itu sendiri, meski dihantam arus globalisasi,” harapnya. . (B.M)

Tampilan postingan: 46

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button