Taman Kyai Langgeng, tempat rekreasi keluarga favorit di Magelang - WisataHits
wisatahits

Taman Kyai Langgeng, tempat rekreasi keluarga favorit di Magelang

Selain terkenal dengan kemegahannya Candi Borobudur, Magelang juga punya taman hiburan Kyai Langgeng dengan pesona alam yang menawan dan wahana yang lengkap sebagai destinasi rekreasi dan edukasi favorit keluarga.

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Jl.Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Magelang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Salah satu hal yang membuat kota Magelang terkenal adalah candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Apalagi Pekan Wajik juga menjadi ikon kuliner milik Kota Magelang. Kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman Kyai Langgeng merupakan objek wisata yang menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang akan berlibur bersama rombongan keluarga. Di tempat ini wisatawan akan mendapatkan edukasi baru dengan kemasan yang menarik tentunya. Selain itu, berbagai wahana direncanakan di tempat ini sebagai salah satu cara untuk mendukung pariwisata.

Bagi wisatawan yang berada di Magelang, selain merencanakan liburan ke Candi Borobudur, jangan lupa juga berwisata ke Taman Kyai Langgeng. Sayang sekali jika Anda melewati objek wisata keluarga ini.

Atraksi Taman Kyai Langgeng

Atraksi Taman Kyai LanggengKredit gambar: Google Maps Elsa Adiningsih

Taman Wisata Kyai Langgeng memiliki pesona tersendiri yang mampu menjadikan tempat ini sebagai incaran utama wisata keluarga. Taman ini hampir mirip dengan tempat wisata Dufan Ancol yang terletak di Jakarta. Hanya saja taman Magelang ini merupakan versi mini dari Ancol. Dengan beberapa atraksi seperti:

1. Destinasi wisata edukasi

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Karena anak-anak dan orang dewasa akan mendapatkan pendidikan yang bervariasi di tempat ini. Tentunya belajar di tempat wisata ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini juga didukung dengan lingkungan yang asri dan sejuk dengan berbagai pepohonan yang mengelilinginya.

Tempat ini dikatakan edukatif karena memiliki sarana prasarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi pengunjung. Salah satu penunjang pembelajaran ini adalah adanya replika pesawat yang bisa dikunjungi wisatawan. Kemudian ada tumbuhan langka dan juga taman satwa dengan nama latin dan penjelasannya serta desa buku yang menarik.

2. Wahana yang memadai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, taman ini hampir mirip dengan Dufan Ancol dengan beragam wahana yang ditawarkan. Wahana di taman ini juga dikelompokkan menurut kategorinya masing-masing. Ada wahana petualangan, wahana air dan juga wahana hiburan.

Pada kategori wahana, terdapat berbagai wahana seru dan menarik untuk dikunjungi. Misalnya ada flying fox, kereta mini, bioskop 6D dan juga mobil travelling bagi yang ingin berpetualang di taman ini. Sedangkan untuk wahana air, ada kolam renang, becak air, dll. Permainan yang tak kalah menarik, seperti becak mini dan bianglala.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng AlamatKredit gambar: Google Maps Rino Setyo P

Jadi, di Magelang, dimana letak Taman Kyai Langgeng? Taman ini terletak di Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui tempat ini, selanjutnya anda bisa mengetikkan di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan ditunjukkan keberadaannya kepada anda.

Sedangkan untuk rute menuju lokasi, Anda bisa menggunakan GPS di Google Maps karena lokasi tempat ini sudah tersedia di peta. Bagi pengunjung yang datang dari arah Jogja selanjutnya dapat mengambil jalan utama Jogja-Magelang yang kemudian melewati Mungkid dan kemudian bertemu Artos Mall. Setelah itu ambil arah menuju Akademi Militer kemudian maju sekitar 3 km untuk sampai disana.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kyai Langgeng

Tiket Taman Kyai LanggengKredit gambar: Google Maps Luthfi Qoriah

Wisatawan yang akan berkunjung ke taman ini tentunya perlu menentukan hari liburan dan tentunya tidak melupakan isi dompet. Hari yang tepat untuk berlibur pasti saat akhir pekan untuk tiba. Tapi untuk tur ini, sebaiknya kapan hari dalam seminggu atau hari biasa. Hal ini dikarenakan perbedaan tiket masuk ke objek wisata ini.

Ketika wisatawan memutuskan untuk berlibur akhir pekan, maka akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp30.000, namun jika berkunjung pada hari biasa, tiket masuknya dipatok dengan harga lebih murah dari Rp24.000. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Selain dikenakan biaya tiket masuk, wisatawan juga harus membayar biaya lainnya. Sedangkan untuk karcis parkir yang tentunya berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraannya. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000, dan untuk kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Selain itu, karena taman ini juga menawarkan berbagai wahana, wisatawan yang akan mencoba wahana ini harus membayar biaya tersendiri. Namun, bagi wisatawan yang tidak ingin mencoba wahana tersebut tidak akan dikenakan biaya masuk wahana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Kyai Langgeng

Aktivitas Taman Kyai LanggengKredit Gambar: Google Maps Bamsbreeder

Karena dasar dari taman ini adalah sarana rekreasi edukatif, tentunya ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di taman ini. Bagi Anda yang akan berkunjung ke taman ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan antara lain:

1. Kegiatan keluar

Taman hiburan ini sangat cocok untuk kegiatan Di luar dalam bahkan jika itu di tengah kota. Karena taman ini memiliki hutan buatan dan lokasinya memang strategis dan mendukung untuk mengadakan outing. Tidak perlu khawatir tentang undangan penyelenggara acara sebagai pemandu, karena di taman ini sudah tersedia pemandu.

Tak heran jika banyak orang yang mengunjungi tempat ini bersama rombongan. Seperti keluarga besar, anak sekolah atau hanya anak muda yang bermain bersama teman-temannya di taman ini.

2. Ikuti tur kereta sungai di taman

Selain didesain dengan hutan buatan di tengah kota, Taman Kyai Langgeng juga terletak tidak jauh dari Sungai Bangkong. Meski bersebelahan dengan keberadaan sungai alami, di lokasi wisata ini juga diatur sungai buatan untuk menunjang kegiatan rekreasi tersebut. Banyak wahana air yang disuguhkan oleh tempat wisata populer ini.

Kereta air merupakan salah satu wisata air yang dapat dinikmati oleh wisatawan dari segala usia. Kereta air ini menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan taman ini namun tidak ingin berjalan kaki. Dengan naik kereta ini, wisatawan akan mengelilingi taman ini dengan berjalan-jalan menyusuri sungai buatan ini.

3. Menonton bioskop dalam 6 dimensi

Salah satu sarana belajar di taman ini adalah bioskop 6 dimensi yang tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika sebuah bioskop menyajikan film dalam 3 dimensi atau 4 dimensi, itu sudah biasa di mata wisatawan. Namun, untuk bioskop di taman ini dirancang dan dihadirkan dalam 6 dimensi.

Akan menjadi pengalaman baru jika Anda mengunjungi tempat ini. Banyak hal unik yang dikemas dalam kegiatan ini.

4. Naik sepeda tandem

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan berkuda atau bersepeda, taman ini juga menawarkan tempat persewaan sepeda. Sepeda di taman ini sangat istimewa karena merupakan sepeda tandem. Jika biasanya sebuah sepeda dikayuh oleh satu orang, tetapi jika Anda menyewa sepeda tandem, dibutuhkan dua orang untuk mengayuhnya.

Kegiatan bersepeda ini tentunya membutuhkan kekompakan dari dua orang yang mengayuhnya. Tanpa kekompakan, bisa dipastikan orang yang menggunakannya akan terjatuh dari sepeda tandem ini. Harga sewa sepeda tandem sangat murah hanya Rp 10.000. Jadi Anda bisa berkeliling taman ini dengan sepeda tandem.

5. Berfoto di berbagai tempat keren

Bagi wisatawan yang sedang berlibur tentunya ingin mengabadikan momen terindah. Di taman ini terdapat banyak spot foto yang menarik dan instagramable dengan background dan wahana yang alami. Taman ini juga menawarkan fotografer untuk disewa jika Anda menginginkan hasil yang bagus estetis.

Fasilitas yang tersedia di Taman Kyai Langgeng, Magelang

Fasilitas Taman Kyai LanggengKredit gambar: Google Maps destu83

Hal terakhir yang berperan penting agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar adalah fasilitas yang memadai. Tanpa fasilitas tersebut tentunya tempat wisata ini tidak akan menarik. Untuk tempat wisata kali ini, Taman Kyai Langgeng yang memiliki berbagai fasilitas untuk wisatawan diantaranya tempat parkir yang sangat luas. Kendaraan jenis bus juga bisa parkir di tempat parkir mobil.

Selain area parkir, di tempat wisata ini juga terdapat mushola yang disediakan bagi umat Islam yang akan melaksanakan ibadah. Toilet juga disediakan di beberapa titik wisata untuk kenyamanan pengunjung.

Bagi pengunjung yang lapar jangan khawatir karena di tempat ini juga ada food court dekat tempat parkir dan juga toko oleh-oleh bagi yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga.

Itulah berbagai ulasan tentang Taman Kyai Langgeng di Magelang. Selain mengunjungi Candi Borobudur, jangan lupa untuk mengunjungi taman wisata ini juga saat liburan dan akhir pekan keluarga!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button