Puring Park, belanja di mal sepatu keren dan murah! - WisataHits
wisatahits

Puring Park, belanja di mal sepatu keren dan murah!

Puring Park, belanja di mal sepatu keren dan murah!

taman pemurnian bukan taman dalam arti sebenarnya. Anehnya mall malah disebut taman. Namun sejak tahun 1960, pasar ini disebut Taman Puring.

Semua orang pada zaman dahulu tahu bahwa pasar ini adalah pasar gelap. Barang ilegal dapat ditemukan di sini. Alhasil, sejak 1980-an hingga 1990-an, banyak orang yang menjauh dari pasar ini karena juga menjual properti hasil tindak kriminal.

Taman Puring yang merupakan pasar tradisional di Jakarta kini dikenal sebagai sentra sepatu murah dan berkualitas. Berkembangnya pasar ini dari citra buruk menjadi pusat perbelanjaan populer saat ini tak lain akibat kebakaran pada 2002. Saat itu, pemerintah memanfaatkan momen ini sebagai ajang renovasi dan valuasi pasar.

Belanja sepatu di Taman PuringBeli sepatu di Puring Park via Tribunnews

Lokasi Pasar Tampur alias Taman Puring

Tampur adalah nama lain dari pasar Taman Puring. Pasar ini terletak di kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Tepatnya di Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru. Jika Anda datang dari terminal Blok M, Anda bisa naik metro mini nomor 69, 71, atau 611 untuk menuju ke sana.

Kembali ke cara menuju pasar ini, jika Anda dari Lebak Bulus, Anda bisa naik bus 102 dan berhenti tepat di luar tujuan Anda. Lokasinya yang agak jauh dari jalan utama memberikan kesan bahwa pasar ini memiliki kehidupannya sendiri.

Pasar Puring menjual berbagai macam barang

Jika kita bandingkan dengan jenis kelamin, kita dapat mengatakan bahwa pasar ini adalah laki-laki. Pasalnya, banyak kios yang menjual suku cadang sepeda motor dan mobil di sini. Selain itu, kios-kios menjual peralatan olahraga. Semua peralatan pria mendominasi pasar ini. Terutama sepatu olahraga.

Di pasar ini Anda juga akan menemukan banyak sepatu ditolak produsen merek-merek besar yang dijual kembali melalui lapak-lapak di sana. Ada juga banyak versi sepatu KW dari merek-merek besar. Namun setelah banyak merek besar memindahkan produsennya ke Vietnam, pasar ini mulai menjual produk buatan China dan Thailand. Tidak hanya sepatu, Pasar Puring juga menjual tas, jam tangan, dan barang lainnya.

Kumpulkan di Pasar Taman Puring via myeatandtravelstoryKumpulkan di Pasar Taman Puring via myeatandtravelstory

Ada ratusan brand yang dijual di sana dan tentunya semuanya khas anak muda. Dari Adidas, Caterpillar, Nike, Karrimor, Vans, Converse. Semua model dan warna juga tersedia di sana. Bedanya, harga produk bermerek di pasar ini jauh dari harga aslinya.

Entah apa yang membuat harganya begitu murah. Nyatanya, pasar ini benar-benar raja replika bermerek. Namun nyatanya jika Anda jeli dan pandai memilih, ada barang-barang original yang bisa ditemukan di sini dan bisa dibawa pulang dengan harga murah. Sebagai perbandingan, sepatu bot gunung Caterpillar bisa berharga sekitar Rp 350.000, padahal harga aslinya dua kali lipat dari harga tersebut. Contoh lain merek Adidas yang harganya rata-rata Rp 200.000.

Keunikan Pasar Tampur adalah lorong-lorong kiosnya sempit dan ramai oleh pedagang. Sekilas, pasar ini pasti akan mengingatkan Anda pada Pasar Chatuchak di Bangkok, Thailand. Lantai satu diisi 626 kios sedangkan lantai dua diisi 84 kios. Di lantai dua Anda akan menemukan banyak penjual kaset, CD dan piringan hitam. Banyak karya mantan musisi juga dijual di sini.

Jangan khawatir dengan keamanan di pasar ini karena meski ramai pengunjung, sejauh ini belum ada pengaduan tindak kriminalitas. Hal ini mungkin karena letak pasar yang dekat dengan kantor polisi.

Lihat juga: 18 Tempat Makan Enak di Tebet Jakarta Selatan

Tips Cerdas Berbelanja Taman Puring

Tak bisa dipungkiri, Anda memang membutuhkan tips dan trik khusus untuk berbelanja di pasar yang tak pernah sepi pengunjung ini. Tips ini adalah:

1. Jangan lupa menawar

Secara umum, di pasar selalu ada ruang untuk negosiasi. Pintar-pintarlah dalam menanyakan harga, karena kemampuan negosiasi Anda akan diuji di sini. Jika Anda kuat secara mental, Anda dapat menawar barang yang Anda sukai hanya dengan setengah dari harga yang ditetapkan.

Usahakan nekat karena terkadang penjual juga tidak mau mengalah dengan memberikan diskon. Namun perlu diingat bahwa jika penjual mengatakan “Fixed price”, ada baiknya juga mengikuti harga agar tidak terjadi kerepotan bersama.

2. Pemilihan jeli

Semua orang tahu Pasar Puring adalah tempat produk KW. Tapi hati-hati dan jangan tergiur dengan kata-kata penjual. Anda harus cerdas dalam memilih. Nantinya banyak penjual yang mengatakan bahwa produk tersebut asli dan harta bendaAnda dengan hanya cacat kecil.

Meskipun kami tidak tahu apakah produk tersebut asli, lebih baik Anda tidak mudah percaya dengan apa yang dikatakan penjual. Namun, penjual pasti ingin barangnya cepat laku.

3. Kenali tingkat kualitas

Walaupun replika, ada levelnya juga lho. Perlu kalian ketahui apa perbedaan antara versi original dan versi KW. Grade ori adalah replika dengan kualitas yang sangat baik dan terlihat hampir seperti aslinya.

Itu tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. Perhatikan juga detail barang yang akan Anda beli, misalnya kualitas perekatnya atau kualitas bahannya. Meski replika, Anda pasti tidak ingin mengenakan sesuatu yang mudah rusak bukan?

4. Memiliki Dasar Perbandingan harga

Meski harga replika lebih murah dari aslinya, sebaiknya Anda mengetahui berapa perbandingan harga kedua tipe tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari. Anda pasti tidak ingin menggunakan produk palsu dengan harga yang sedikit berbeda dengan aslinya bukan?

Jadi hal paling mendasar yang bisa Anda lakukan adalah mencoba mencari tahu harga barang aslinya terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya di internet atau di situs jual beli terpercaya. Setelah meneliti, bandingkan harga dari stand ke stand.

Dengan cara ini Anda dapat memperkirakan berapa kisaran harga aslinya. Kemudian Anda dapat menggunakannya nanti untuk membandingkan harga yang Anda tawarkan di pasar. Seperti pada poin pertama, pertama-tama cobalah untuk menegosiasikan setengah harga.

Siapa tahu, mungkin ini adalah kesempatan Anda. Yang perlu Anda perhatikan, Anda mungkin menemukan barang yang sama tetapi kualitasnya berbeda.

5. Gunakan bahasa setempat

Ingin tahu tips belanja murah di Jakarta? Coba tebak dari mana asal penjualnya. Kalau memang berasal dari daerah yang sama, kita sudah bisa bilang itu rejeki.

Tapi kalau kamu benar-benar bisa menguasai bahasa yang bukan dari daerahmu, itu poin tersendiri lho. Memang mayoritas penjual Taman Puring berasal dari Sumatera Utara, Jawa Barat dan sebagian dari Madura. Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga AndaAnda dapat menggunakan bahasa lokal mereka.

****

Demikian informasi tentang Taman Puring. Sekadar informasi, Anda bisa bersantai setelah puas belanja di Taman dekat Pasar. Tempatnya asri dan sejuk. Sangat cocok untuk beristirahat. Ada juga bangku yang disediakan untuk mendukung istirahat Anda. Bagaimana? Apakah Anda masih ragu untuk berbelanja di sana? Semoga beruntung.

Juga jangan lewatkan: 40 Tempat Wisata Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button