Tiket Tanjung Duriat Sumedang dan Wahana Seru - WisataHits
wisatahits

Tiket Tanjung Duriat Sumedang dan Wahana Seru

Tiket Tanjung Duriat Sumedang dan Wahana Seru

Harga tiket masuk ke Tanjung Duriat: Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat: Ranjeng, Cisitu, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45363.

Tanjung Duriat merupakan objek wisata yang terletak di tepi Waduk Jatigede, Sumedang. Kawasan tersebut berupa bukit memanjang yang posisinya menjorok ke arah waduk. Tempat wisata sederhana ini populer sebagai destinasi rekreasi akhir pekan. Suasana sejuk dan asri yang dihadirkan di sini menjadikannya menarik sebagai tempat piknik murah meriah.

Tiket masuk ke Tanjung Duriat

Untuk memasuki kawasan Tanjung Duriat, pengunjung harus membayar tiket masuk. Namun, harga tiketnya cukup murah.

Tiket masuk
Tiket masuk Rp 15.000/orang

Baca: Curug Cinulang Sumedang Pesona Air Terjun Kembar

Jam buka

Tanjung Duriat buka setiap hari untuk umum. Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Datanglah pada sore hari jika ingin melihat sunset yang eksotik dari sini.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Kunjungan ke Bendungan Tanjung Duriat

Tanjung DuriatTanjung Duriat menawarkan wisata alam di perbukitan yang berbatasan dengan Waduk Jatigede Sumedang – Foto: Google Maps/Wisata Tanjung Duriat

Destinasi wisata Tanjung Duriat merupakan salah satu tempat rekreasi yang terletak di Waduk Jatigede. Disebut “Tanjung” karena bentuknya yang seperti bukit yang menjorok ke dalam danau. Sedangkan ‘duriat’ berarti ‘cinta’. Waduk Jatigede sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2015.

Proyek Pembangunan Waduk Jatigede yang terletak di Kabupaten Sumedang merupakan salah satu proyek terbesar pemerintah Indonesia. Danau buatan ini menelan biaya lebih dari 6.000 miliar rupiah. Proses pembangunannya juga memakan waktu hingga tujuh tahun. Meski banyak konflik dan kontradiksi, Jatigede saat ini menjadi salah satu andalan wisata Sumedang.

Keindahan danau buatan ini bisa dilihat saat berkunjung ke Tanjung Duriat. Alam hijau yang asri menjadi pemandangan yang dominan. Permukaan danau yang tenang ditemani semilir angin sepoi-sepoi selalu siap menyambut wisatawan. Jika Anda sedang mencari tempat untuk menyegarkan jiwa Anda yang tidak berpetualang, inilah tempatnya.

Baca Juga : Tiket Masuk GUNUNG MANGLAYANG dan Jalur Pendakian

Piknik dan berperahu

Fasilitas relaksasi gazebo di tanjung duriatPengunjung dapat mengatur piknik di gazebo yang tersedia – Foto: Google Maps/Nani Sumarni

Gazebo Tanjung Duriat memiliki desain kayu yang minimalis. Deretan gazebo berjejer di antara deretan pepohonan. Dengan suasana yang teduh dan sejuk tentunya. Tidak hanya nyaman untuk beristirahat, tapi juga cantik untuk dijadikan spot foto.

Deretan gardu pandang ini menghadap Waduk Jatigede. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati keindahan waduk sambil duduk santai. Ukuran gazebo yang besar juga nyaman dijadikan tempat piknik. Sejauh ini tidak ada larangan makan makanan sendiri di sini.

Selain itu, di beberapa tempat terdapat meja dan bangku piknik. Jika lelah berkeliling, wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk beristirahat. Plus, ada ayunan yang bisa menghibur anak-anak.

Selain menikmati keindahan alam, ada aktivitas lain yang bisa dicoba. Wisatawan bisa naik perahu dari bibir pantai menuju pulau kecil di tengah danau. Tidak perlu merogoh kocek banyak, cukup membayar Rp 20.000 per orang.

Baca Juga: Tiket Masuk KARUHUN KAMPUNG dan Kegiatannya

rekreasi alam

Suasana di sekitar Taman Tanjung Durat rindang dan asriSuasana tenang dan sejuk menjadi daya tarik Tanjung Duriat yang membuatnya cocok untuk rekreasi alam – Foto: Google Maps/Karya Inra

Para penyuka rekreasi alam dapat melakukan berbagai aktivitas di sini. Diantaranya berkemah dan memancing. Sebidang tanah datar yang cukup luas dibuka untuk mendirikan tenda. Itu terletak tepat di tepi danau.

Wisatawan hanya perlu membawa peralatan berkemah dan memancing sendiri di sini. Fasilitas MCK bersih tersedia tidak jauh dari perkemahan. Ingatlah untuk tidak meninggalkan jejak sampah saat berkemah di sini!

Baca Juga: Tiket Masuk Desa Sumedang Ciherang dan Kegiatannya

tempat foto

Pos Pengamatan Tanjung Durat JatigedeDapatkan panorama 360 derajat Waduk Jatigede dari pos pengamatan – Foto: Google Maps/Asep Rmd

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan waduk ini adalah pada pagi dan sore hari. Di pagi hari, udara masih sangat segar. Sedangkan sore hari identik dengan sunset. Alam yang asri dan tenang, tak heran jika tempat ini identik dengan suasana romantis.

Tentu tidak lengkap rasanya jika pesona alam yang dipamerkan tidak terekam dalam foto. Spot foto terbaik tersedia di sini. Salah satunya di kawasan Teras Surat Raksasa Jatigede. Dari sini pengunjung juga bisa melihat pintu air Waduk Jatigede.

Selain itu, ada spot yang didesain khusus seperti melihat jembatan dan lihatlah. Lihat jembatannya hanya bisa menampung maksimal 20 orang. Sedangkan pos pengamatan sepanjang 10 meter dibatasi untuk 5 orang. Dari gardu induk ini Anda bisa melihat panorama waduk hingga 360 derajat.

Tersedia lebih banyak lagi spot foto kreatif untuk penggemar selfie. Tak jauh dari pintu depan, ada papan penunjuk jalan. Sedangkan lokasi lainnya adalah taman bunga berbentuk hati di dekat area huruf raksasa.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Sumedang

Pemasangan Tanjung Duriat

nikmati keindahan waduk dari bibir pantaiBangku santai disediakan sebagai tempat istirahat bagi pengunjung Tanjung Duriat – Foto: Google Maps/JACX 2277

Setelah melewati loket tiket, para wisatawan tidak sepenuhnya tiba di lokasi. Pusat Rekreasi Tanjung Duriat berjarak sekitar 200 meter dari pintu depan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memilih untuk parkir di area dalam.

Kawasan Tanjung Duriat sedang dilakukan penataan kembali pada tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk memperbaharui dan menambah fasilitas agar pengunjung semakin nyaman. Di sepanjang jalur pejalan kaki tidak sulit menemukan toilet, tong sampah, gazebo, dan area tempat duduk.

Fasilitas yang ada antara lain tempat parkir, toilet, warung makan dan mushola. Untuk fasilitas rekreasi, terdapat gazebo, gardu pandang, gardu pandang, ayunan, dan bumi perkemahan. Semua area sudah memiliki jalur pejalan kaki dari batu bulat dan pagar yang aman.

Rute dan Lokasi Tanjung Duriat

Tanjung Duriat terletak di Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Jaraknya 1 jam perjalanan dari pusat kota Sumedang. Arahkan kendaraan ke arah timur menuju kecamatan Situraja dan terus lurus mengikuti rambu Waduk Jatigede. Akses jalan aman untuk sepeda motor dan mobil.

Tanjung Duriat terletak sekitar 25 kilometer sebelah timur kota Sumedang. Untuk menemukan lokasinya, cukup arahkan kendaraan menyusuri Jalan Wado – Sumedang. Sampai kecamatan Situraja lurus terus sampai melewati alun-alun Situraja.

Jalan menuju lokasi Tanjung Duriat tidaklah sulit. Akses menuju lokasi berupa jalan beraspal satu arah. Sepanjang jalan, wisatawan akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan dan perkebunan yang ada.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button