Pulau Rondo Sabang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Rondo Sabang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan BiayaPulau Rondo adalah salah satu pulau tak berpenghuni terindah di Sabang, Provinsi Aceh. Pulau paling terpencil di Indonesia ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan hanya jiwa petualang yang bisa mencapainya.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Banyak orang mengira bahwa bagian terjauh dari Indonesia adalah Pulau Weh di utara. Namun, ternyata ada pulau-pulau yang jauh dari wilayah nusantara. Pulau itu bernama Rondo. Secara teknis merupakan bagian dari Kota Sabang.

Letak pulau kecil tersebut berada di Laut Andaman yang berbatasan langsung dengan negara bagian India. Dengan cara ini, tempat ini memang menjadi pintu gerbang negara Indonesia dari sisi barat. Pulau yang belum berkembang ini memiliki potensi wisata tersendiri yang dapat ditingkatkan oleh pemerintah setempat.

Oleh karena itu, mengunjungi Pulau Rondo akan memberikan perasaan yang berbeda dari sebuah pulau kecil. Situasinya masih cukup alami, sehingga pengunjung masih bisa merasakan berbagai jenis vegetasi dan pemandangan alam lainnya yang tak kalah indahnya dengan destinasi serupa di sisi lain nusantara.

Tempat Wisata Pulau Rondo Pulau

Aktivitas Pulau RondoKredit Gambar: Google Maps Muhammad Paimin

1. Pepohonan hijau yang menghiasinya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pulau Rondo masih cukup alami dengan vegetasi yang bervariasi menghiasi penampilannya. Dengan cara ini, tampilan yang terlihat didominasi oleh warna hijau dari vegetasi yang ada. Berbagai jenis tumbuhan sangat rapat menutupi permukaan tanah.

Mulai dari pantai yang mudah ditemukan pohon kelapa, hingga area dalam yang juga dipenuhi pepohonan seperti gelumpang, Lagan, dll. Tidak jarang di pulau ini juga terdapat tumbuhan yang menghasilkan buah-buahan yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah salak yang banyak ditemukan di hutan di sana.

Keteduhan pulau menjadi daya tarik tersendiri selain karena dikelilingi oleh lautan yang mempesona. Dilihat dari kejauhan, tempat ini terlihat seperti pulau kecil dengan berbagai jenis vegetasi yang tumbuh di hampir semua daratan yang terlihat.

2. Pesona airnya sangat menakjubkan

Pulau ini memang menjadi salah satu destinasi bahari Indonesia. Oleh karena itu, panorama laut yang mengelilinginya menjadi tontonan yang tak bisa dipungkiri menjadi daya tarik wisata saat Anda berada di sana. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai detail keindahan yang ada di kawasan perbatasan ini.

Bagian dari lautan terbuka yang terletak langsung di lautan, Laut Andaman memiliki formasi alam yang akan memukau siapa saja yang melihatnya. Bukan hanya karena air lautnya yang jernih yang dibuktikan dengan warna birunya, tetapi juga karena keadaan alamnya yang masih terjaga.

Di sana Anda masih bisa melihat berbagai jenis terumbu karang yang menghiasi dasar laut. Karena airnya yang sangat jernih, di beberapa tempat terumbu karang bisa terlihat langsung dari permukaan air. Varian yang dominan adalah hard coral yang saat ini sangat sulit tumbuh.

Sedangkan jumlah terumbu karang yang dihasilkan dari proses daur hidup makhluk hidup ini mencapai hampir 20% dari total terumbu karang yang ada di sana. Dengan cara ini, berbagai makhluk hidup lainnya juga dapat dengan mudah bergaul dengannya. Jenis makhluk hidup tertentu harus melalui proses ini untuk bertahan hidup.

Lanskap bawah laut sangat menghiasi interior. Hal inilah yang membuat pengunjung sangat tertarik untuk menjadikannya salah satu tujuan dari rencana perjalanan mereka. Namun, hal ini sekarang disebabkan oleh perubahan iklim dan juga rendahnya kesadaran masyarakat tentang hal itu.

Dengan kondisi tersebut, banyak ikan juga ditemukan berenang bebas di perairan sekitarnya. Kehadiran hewan ini menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung. Ikan-ikan tersebut akan berenang di sepanjang kawasan sekitar terumbu karang yang tumbuh subur di sana. Kedatangan ikan membuat pemandangan yang tersaji beberapa kali lebih indah.

3. Bentuk pulaunya cantik

Pulau Rondo merupakan salah satu tempat yang memiliki formasi unik. Dilihat dari atas, bentuknya bulat dengan topografi berbukit namun tidak terlalu menonjol. Hal ini menjadikannya salah satu pulau wisata yang wajib dikunjungi. Wisatawan tidak hanya akan menikmati cuaca, tetapi juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru lainnya.

4. Titik nol kilometer di Indonesia

Bahkan jika Anda mengunjungi tempat itu, Anda tidak akan menemukan tanda atau informasi apa pun tentangnya. Namun, pulau ini sebenarnya adalah titik nol kilometer negara ini. Karena kurangnya penduduk, pemerintah tidak membangun monumen atau sejenisnya.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Rondo

Alamat Pulau RondoKredit Gambar: Google Maps tetap berpegang pada fayakun

Secara administratif keberadaan pulau ini termasuk dalam wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini masih dalam penguasaan kota Sabang yang cukup besar karena termasuk pulau-pulau yang sudah diputuskan menjadi milik Indonesia. Tempat ini benar-benar berada di pinggiran Indonesia.

Untuk mencapainya, pengunjung harus melakukan perjalanan ke Banda Aceh. Jika Anda memilikinya, Anda harus memesan tiket kapal untuk segera mengaksesnya. Padahal, rute yang ditempuh sama dengan menuju ke Pulau Weh. Namun, menuju ke sana membutuhkan lebih banyak waktu.

Dari ibu kota provinsi Aceh, Anda harus mengambil jalur laut ke barat dan sedikit ke utara. Pastikan Anda telah melewati Pulau Weh. Hal ini dikarenakan Pulau Weh merupakan pulau berpenduduk paling terpencil di Indonesia. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Pulau Rondo.

Tidak ada biaya khusus yang harus dibayar ketika pergi ke sana untuk mendapatkan berbagai akses. Pengunjung bisa leluasa menjelajahi banyak hal di sini. Mulai dari terumbu karang yang megah hingga hutan lebat yang menghiasi pulau ini.

Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan perahu umum. Ada rute perahu untuk sampai ke sana dari berbagai titik. Namun, tarif termurah untuk sampai ke sana adalah sekitar Rp 100.000. Dengan uang sebanyak itu, pengunjung akan menikmati perjalanan istimewa ke pulau yang juga terkenal dengan misterinya.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Rondo

Aktivitas Seru di Pulau RondoKredit gambar: Twitter Disbudby Aceh

1. Menyelam skuba

Ini adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua manusia. Dengan keindahan alamnya terutama bagian bawah lautnya, tempat ini begitu indah dalam menyuguhkan panorama bawah laut. Dengan scuba diving, pengunjung yang belum pernah merasakan sensasi bawah air dapat terbantu bersama untuk melakukannya.

2. Berenang keliling pulau

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengunjung tidak boleh berenang terlalu jauh. Ada area maksimal yang harus dijangkau oleh pengunjung yang tidak menggunakan alat apapun. Air laut di sini dijamin menyegarkan siapa saja yang merasakan pengalaman liburan di Pulau Rondo.

Kegiatan ini sebenarnya bisa dilakukan di pantai pulau. Dari sana, pengunjung bisa bermain air bersama keluarga atau orang tersayang lainnya. Pasir pantainya sendiri juga indah dengan warna putihnya.

3. Berburu foto keren

Berburu foto adalah suatu keharusan di suatu lokasi wisata. Hal inilah yang akan membuat liburan semakin indah dan tak terlupakan. Dengan berbagai lokasi di semua sisi alun-alun, ternyata tempat ini memiliki cukup banyak tempat untuk berfoto.

4. Memancing

Bagi pecinta kegiatan memancing, Anda bisa mencoba menaklukkan ikan-ikan yang ada di perairan pulau ini. Banyak tempat memancing dapat diakses dengan perahu.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi Pulau Rondo

Freddies Santai SumurtigaKredit gambar: Twitter Trax

1. Surga Pulau Weh

Ini adalah asrama terdekat dengan tempat itu. Jaraknya persis sama dengan Pulau Rondo dan Pulau Weh. Dengan tarif mulai dari hanya 200.000 lift, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti jaringan wifi dan restoran.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Hostel ini terletak di daerah Sabang provinsi Aceh. Harga untuk menginap satu malam adalah Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Pengunjung dapat menemukan beberapa fasilitas, seperti akses wifi untuk mendapatkan jaringan internet dan juga restoran yang selalu siap buka.

3. OYO 1512 Harley Hotel

Hotel ini cukup jauh dari pulau. Namun, tempat ini menawarkan berbagai hal, mulai dari tempat tidur yang luas hingga AC. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Rondo Sabang

Fasilitas Pulau RondoKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Destinasi ini belum memiliki sejumlah infrastruktur penerimaan yang mumpuni seperti kebanyakan tempat wisata nusantara. Namun, beberapa warga setempat menyewakan peralatan untuk menyelam, memancing, atau aktivitas lainnya. Pulau ini masih alami karena terletak di bagian terjauh Indonesia.

Pesona nusantara akan selalu memukau siapa saja yang mengunjunginya. Hampir setiap tempat memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Pulau Rondo di Sabang adalah bukti bahwa bahkan di bagian paling terpencil pun menyimpan jutaan eksotik alam Ibu Pertiwi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button