Berburu kuliner legendaris di sekitar Jogja Square - WisataHits
Yogyakarta

Berburu kuliner legendaris di sekitar Jogja Square

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai kota wisata, Jogja memiliki berbagai destinasi wisata. Selain pemandangan alam dan berbagai bangunan yang mengandung banyak cerita, kota ini juga memiliki destinasi kuliner yang wajib dicicipi.

Sebagai pusat wisata, kawasan Kraton Jogja yang diapit oleh dua alun-alun di utara dan selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran, banyak wisatawan datang ke sana sambil mencari destinasi kuliner untuk dicoba.

Meski identik dengan makanan khasnya, yaitu Gudeg dan Bakpia, Jogja memiliki sejumlah destinasi kuliner legendaris yang wajib dikunjungi. Selain itu, ada sejumlah restoran di sekitar Kraton Jogja, Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan yang menawarkan pengalaman bersantap yang menarik.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

Berikut rekomendasi destinasi wisata kuliner di sekitar Jogja City Square!

Gerai Handayani Brongko

Brongkos merupakan kuliner khas Jogja yang menjadi salah satu favorit Sultan HB IX. Hidangan ini merupakan hidangan khas di Kraton Jogja, namun pada umumnya masyarakat Jogja bisa menikmatinya di luar Kraton.

Di selatan Alkid (Alun-Alun Kidul) Kota Jogja, terdapat warung makan dengan sajian utama brongkos. Menu tersebut telah disajikan oleh toko tersebut sejak tahun 1975.

Sayur brongkos adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang tolo, daging sapi, tahu dan telur, disiram kuah santan dengan bumbu yang kuat. Menu ini biasanya disajikan dengan seporsi nasi dan irisan cabai.

Dengan harga mulai dari Rp 20.000, pengunjung sudah bisa menikmati sepiring brongkos dengan tambahan isian sesuai selera. Toko ini buka setiap pagi hingga sore hari.

Mie Pak Pele

Bagi penikmat kuliner malam di Jogja, salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan adalah mie Jawa. Di antara sekian banyak penjual mie Jawa, mie Jawa Pak Pele adalah salah satu yang paling legendaris.

Stand mie yang terletak di sudut tenggara Alun-Alun Utara Kota Jogja ini berdiri sejak tahun 1983. Dari dulu hingga sekarang, stand mie ini didesain sebagai stand tenda.

Jangan sampai terlambat jika ingin menikmati sajian bakmi Pak Pele, karena pada malam hari warung akan ramai pengunjung dan antrian akan semakin panjang. Selain Alun-alun Utara, Pak Pele juga membuka cabang di Bantulan, Godean, Sleman, serta di Sembungan, Kasihan, Bantul.

Sepiring mie Jawa tersedia di sini mulai dari Rp 25.000. Meski harga seporsi mie Jawa lainnya di atas rata-rata, diyakini sumber kelezatan Bakmi Jawa Pak Pele terletak pada penggunaan telur bebek dan kaldu ayam.

Restoran Bale Raos

Jika Anda penasaran dengan sajian hidangan ala Kraton Jogja, Anda bisa mengunjungi restoran Bale Raos. Berlokasi di No.1 Jalan Magangan Kulon, Kraton, Kota Jogja, restoran ini menyajikan makanan tradisional Jawa, favorit dari Sri Sultan HB VII hingga Sri Sultan HB X.

Berlokasi di kawasan Kraton Jogja, restoran ini menyimpan sejumlah resep masakan yang disiapkan oleh para chef Kraton Jogja. Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan ala Kraton Jogja mulai dari makanan pembuka hingga makanan pembuka dan penutup.

Mulai dari Sekul Golong, Bebek Suwar-Suwir, Bestik Jawa, Bestik Lidah, Prawan Kenes hingga Bir Jawa. Menariknya, setiap menu yang tertulis di buku menu juga memuat informasi tentang asal usul masakan tersebut. Misalnya menu Bebek Suwar-Suwir yang merupakan hasil olahan chef Kraton Jogja berdarah Belanda.

Siapa yang ingin mencicipi hidangan favorit raja sekaligus belajar sejarah? Jika Anda tertarik untuk mencoba sajian royal ini, Bale Raos buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button