Pulau Penyu Tanjung Benoa, Surga Laut Eksotis yang Mampu Memikat Hati - WisataHits
wisatahits

Pulau Penyu Tanjung Benoa, Surga Laut Eksotis yang Mampu Memikat Hati

Biaya kunjungan: Dari Rp 400.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Penyu di Bali merupakan tempat wisata yang dibuat untuk melindungi hewan langka bernama Turtle Green atau Penyu Hijau. Tempat wisata ini berada di sekitar obyek wisata Tanjung Benoa Bali, namun anda harus menyeberangi laut untuk menuju kawasan konservasi penyu hijau.

Obyek wisata yang juga merupakan penangkaran penyu hijau ini dikelola oleh pemerintah dan bekerja sama dengan masyarakat setempat. Karena rata-rata masyarakat di sekitar Tanjung Benoa adalah nelayan, maka merawat dan merawat penyu hijau dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Karena semakin banyaknya penyu hijau di tempat ini, objek wisata alam ini mulai diminati wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang terlihat berlibur di objek wisata dengan daya tarik utama penyu hijau ini, namun wisatawan mancanegara juga bisa anda jumpai di sekitar obyek wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Objek wisata pulau penyu

Atraksi Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps

1. Penyu hijau

Atraksi pertama Turtle Island adalah penyu hijau yang sudah terancam punah. Dengan hewan kecil tersebut banyak wisatawan yang datang ke Tanjung Benoa untuk melihat dan berfoto bersama penyu hijau tersebut.

Tidak hanya orang dewasa saja yang terlihat berlibur di objek wisata ini, anak-anak juga terlihat senang bermain dengan penyu di objek wisata Bali ini. Bahkan, tempat wisata unik ini menjadi salah satu wisata keluarga terpopuler di Pulau Dewata, Bali.

2. hewan peliharaan lainnya

Dari namanya yang berisi penyu, bukan berarti pulau ini hanya memiliki satu hewan yang harus dipelihara. Ada beberapa hewan jinak lain yang bisa Anda ajak berfoto, seperti iguana, ular, burung, dan monyet. Tak perlu takut karena semua hewan ini sudah jinak dan bisa berpose dengan aman di depan kamera.

3. Pemandangan pantai

Daya tarik Pulau Penyu selanjutnya adalah pemandangan pantainya yang masih sangat alami dan dikelilingi pasir putih yang indah. Karena jarak pulau ini cukup jauh dari pulau Bali, maka pantainya masih sangat alami dan bisa dinikmati sesuka hati karena objek wisata ini tidak terlalu ramai untuk ukuran pantai-pantai di Bali.

4. Pemandangan bawah laut

Atraksi di Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Citra Wiranda

Karena letak pulau yang cukup jauh dari pulau Bali, pemandangan bawah lautnya cukup indah untuk dinikmati. Selain itu, pulau ini juga merupakan pulau yang dilindungi pemerintah sehingga tidak banyak pemancing yang menangkap ikan di perairan sekitar objek wisata alam ini karena takut menangkap penyu hijau yang dilindungi.

Karena itu membuat pemandangan bawah laut perairan di sekitar pulau sangat indah digunakan untuk melestarikan penyu hijau, mulai dari terumbu karang hingga ikan-ikan yang bisa ditemukan di sekitar perairan. Perairan seperti ini sangat cocok bagi Anda yang gemar snorkeling.

5. Pemandangan matahari terbenam

Matahari terbenam atau sunset merupakan salah satu keindahan alam yang sangat luar biasa. Di pulau yang menjadi tempat penangkaran penyu hijau ini anda juga bisa menikmati keindahan sunset dari pantai dengan pemandangan laut biru yang sangat indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Rasesh Doshi

Alamat Turtle Island Desa Pakraman, Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Untuk menuju objek wisata ini, Anda perlu menaiki glass bottom boat dari Benoa. Untuk mencari tempat sewa glass bottom boat, Anda bisa menemukannya di sepanjang Jl.Primer.

Untuk menuju tempat ini dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali anda bisa menggunakan Jl.Bandara Ngurah Rai sampai Patung Satria Gatot Kaca dan sampai masuk Jl.Tol Bali Mandara kemudian masuk di Jl.Bypass Ngurah Rai arah Polsek Kuta Selatan kemudian belok kiri di Jl. Tanjung Benoa Lintas Utara atau dikenal dengan Jl. Pratama.

Ikuti Jl. Pratama hingga menemukan lokasi penjemputan Glass Bottom Boat. Dari sana, Anda hanya perlu duduk tenang selama kurang lebih 15 menit dan Anda akan sampai di sebuah pulau kecil yang dulunya merupakan tempat pemeliharaan penyu hijau dan beberapa hewan lainnya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi Biaya Wisata Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Bernard Baliadvisor

Karena Pulau Penyu merupakan pulau yang berbeda dengan Pulau Bali, maka untuk mencapai tempat wisata tersebut anda harus menyeberang dengan menggunakan perahu. Perahu yang bisa Anda gunakan adalah glass bottom boat yang mampu menampung hingga 10 orang.

Untuk harga sewa 1 glass bottom boat diperkirakan antara Rp 400.000 sampai Rp 700.000 tergantung jenis kapal dan pelayanannya. Harga tersebut bervariasi karena ada wisatawan yang hanya mengunjungi pulau yang menjadi habitat penyu tersebut, namun ada juga wisatawan yang ingin sekaligus snorkeling di perairan sekitarnya.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda titipkan di Pantai Tanjung Benoa yang berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20.000 tergantung jenis kendaraan. Sementara itu, sesampainya di lokasi wisata, Anda juga perlu membeli tiket masuk seharga Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Penyu

Aktivitas seru di Turtle IslandKredit Gambar: Instagram Dismas Arief

1. Bermain dengan kura-kura

Aktivitas menarik pertama dan tujuan utama wisatawan yang datang ke Pulau Penyu Tanjung Benoa adalah bermain dan berfoto bersama penyu. Saat memasuki kawasan wisata ini, Anda akan diarahkan ke sebuah kolam kecil yang di dalamnya terdapat beberapa penyu berukuran kecil dan sedang.

Anda bisa membawa kura-kura dan berfoto bersama, ikuti petunjuk dari petugas bagaimana cara mengangkat kura-kura yang benar. Jika anda berfoto dengan kura-kura, anda bisa berjalan sedikit ke pulau, disini anda akan menemukan kura-kura yang berumur hingga 80 tahun dan berukuran sangat besar.

2. Bermain dengan hewan jinak lainnya

Selain penyu di pulau ini, kamu juga bisa menjumpai beberapa hewan jinak lainnya seperti ular, iguana, burung, dan monyet. Anda bisa mengambil foto bersama semua hewan ini, karena mereka telah dilatih untuk dijinakkan oleh semua turis yang datang. Hanya butuh beberapa menit keberanian untuk berfoto bersama mereka.

3. Bermain di pantai

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah bermain di pantai. Dengan pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai, anda bisa bermain sepuasnya atau bisa juga bermain air laut sepuasnya bersama orang-orang terdekat anda.

4. Pergi snorkeling

Aktivitas seru di Turtle IslandKredit gambar: Google Maps Ragil Firmansyah

Di perairan sekitar Pulau Penyu Anda juga bisa melakukan snorkeling atau diving. Karena letak pulau ini dilindungi oleh pemerintah maka perairan di sekitarnya juga dilindungi, dan alam bawah laut di perairan dekat objek wisata alam ini sangat indah dan cocok untuk anda yang suka snorkeling.apnea.

5. Menikmati matahari terbenam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dari tepian pulau cantik ini, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat atau yang sering disebut dengan sunset. Momen ini sangat indah dilihat dari pantai, apalagi ditambah dengan suasana pantai yang tidak terlalu ramai.

6. Ambil gambar

Liburan pasti sama dengan yang namanya foto. Saat berkunjung ke pulau tempat tinggal penyu, Anda wajib berfoto, baik dengan penyu, ular, burung, iguana, monyet atau bahkan berfoto sendiri dan bersama orang tersayang. Anda dapat mengabadikan semua momen itu dan kemudian mengunggahnya ke jejaring sosial pribadi Anda.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Memasang Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Nirav Jethva

1. Tempat istirahat

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan di Pulau Penyu adalah rest area berupa gazebo dan beberapa bangku panjang. Tempat istirahat tersebut bisa digunakan untuk bersantai atau bisa juga digunakan untuk makan bekal yang dibawa dari rumah.

2. Warung makan

Bagi anda yang tidak membawa bekal dari rumah, tidak perlu khawatir karena di tempat wisata alam ini terdapat beberapa warung makan yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan perut anda. . Jenis makanan dan minumannya beragam, bahkan ada jajanan untuk anak-anak.

3. Kamar mandi dan toilet umum

Fasilitas terbaru adalah kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan bermain air di pantai. Ada juga toilet umum tempat Anda bisa buang air besar dan buang air kecil. Kamar mandi dan toilet umum di pulau ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu toilet pria dan wanita, untuk menjaga privasi masing-masing wisatawan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pulau Penyu di Tanjung Benoa Bali yang merupakan rumah bagi penyu hijau yang terancam punah. Anda juga harus menyiapkan beberapa barang seperti tabir surya, topi, dan kacamata hitam, karena objek wisata ini cukup panas untuk membakar kulit Anda di siang hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button