Air Terjun Tumburano, air terjun cantik yang diapit tebing unik di Kepulauan Konawe - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tumburano, air terjun cantik yang diapit tebing unik di Kepulauan Konawe

Air Terjun Tumburano, air terjun cantik yang diapit tebing unik di Kepulauan Konawe
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lansilowo, Kec. Wawonii Utara, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Tumburano merupakan salah satu tempat wisata alam Sulawesi Tenggara dengan pesonanya yang luar biasa. Air Terjun Tumburano terletak di wilayah administrasi Desa Tumburano Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara, Konawe.

Air terjun ini dikatakan unik karena memiliki tebing coklat yang sangat besar yang terlihat seperti atap rumah adat kuno. Dari tebing inilah air mengalir dan memberikan suasana yang sangat indah. Air terjun Tumburano memiliki dua ketinggian yang berbeda, tinggi bahu pertama sekitar 90 meter disebut teras tumburan tama dan bahu kedua setinggi 30 meter disebut teras tumburantina.

Nama Tumburano berasal dari dua suku kata yaitu tumbuh dan rano yang berarti air terjun atau tempat air mengalir. Daya tampung air terjun ini sangat besar, sehingga tidak heran jika asapnya sangat melimpah. Di sungai ini terdapat danau alami yang terbentuk dari air terjun, biasanya danau alami ini banyak digunakan pengunjung untuk berendam dan menikmati sejuknya alam air terjun Tumburano.

Daya tarik yang dimiliki air terjun Tumburano

Air Terjun TumburanoKredit gambar: Google Maps Iman Teguh Wawonii

Air terjun ini masih sangat jarang diketahui masyarakat luas. Namun kini banyak media yang memanfaatkan tempat ini untuk dijadikan sebagai wisata nasional di Sulawesi. Patut diingat, daya tarik air terjun Tumburano sangat menjanjikan.

1. Air jernih dan suasana damai

Airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berlibur di tempat ini. Sehingga sangat cocok digunakan untuk mengisi waktu luang dan bersantai ditengah kesibukan aktivitas sehari-hari. Selain airnya yang jernih, suasana tempat ini juga sangat tenang karena masih jauh dari pemukiman penduduk. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan perbekalan, di sepanjang jalan menuju air terjun ini sudah terdapat warung-warung kecil untuk bersantai dan mengisi perut lapar Anda.

Di sekitar air terjun akan terlihat hamparan hutan yang sangat luas, terkadang kicauan burung dan binatang lainnya membuat suasana semakin tenang. Jika sudah puas menikmati keindahan air terjun, Anda bisa mendaki dengan pemandu yang sudah disiapkan oleh tour leader. Nantinya, Anda akan diajak menjelajahi hutan di sekitar air terjun.

2. Tebing bak mandi atap yang menakjubkan

Jika Anda berkunjung ke Air Terjun Tumburano, hal pertama yang menarik perhatian adalah bentuk tebingnya yang menyerupai atap rumah. Posisi tebing berada tepat di bawah aliran air dan terlihat seperti tangan manusia yang sedang bermain air di kera atau mata air. Jika dilihat dari bawah tebing ini bentuknya akan terlihat seperti atap, namun jika dilihat dari atas bentuknya hampir sama dengan mangkok berisi air yang mengalir.

Menariknya, sisi kanan dan kiri tebing ditumbuhi pepohonan yang sangat rimbun sehingga membuat suasana semakin alami dan damai. Tebing-tebing Air Terjun Tumburano juga dijadikan sebagai ajang keluar dari permainan adrenalin seperti panjat tebing. Dimana anda bisa menuruni tebing dengan menggunakan tali dan perlengkapan safety yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena sudah dijaga secara profesional.

3. Danau yang indah untuk berenang

Atraksi selanjutnya yang patut diacungi jempol adalah adanya danau cantik yang banyak dijadikan tempat pemandian oleh pengunjung. Di telaga dengan air jernih ini, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan gemuruh air terjun dan kesunyian hutan. Namun jika Anda berlibur bersama anak-anak, pastikan untuk selalu berhati-hati, karena untuk ukuran anak-anak, danau ini masih tergolong dalam.

Pengelola juga sudah menyiapkan pelampung yang bisa disewa oleh anak-anak, agar anak-anak bisa menikmati jernihnya danau sambil bermain dan bersenang-senang. Menyewa pelampung juga cukup murah, 5.000 untuk anak-anak dan 10.000 untuk dewasa.

4. Tempat foto pilihan

Traveling rasanya kurang lengkap jika setiap momen tidak diabadikan. Begitu juga saat berkunjung ke Air Terjun Tumburano, ada banyak spot foto yang bisa Anda abadikan. Tepat di awal perjalanan, Anda akan menemukan desa Lansilowo dan hamparan hutan yang sangat luas.

Selain itu, sesampainya di tempat wisata, Anda bisa berfoto di bawah satu atau dua tebing berundak, foto berenang, atau melakukan gaya foto lain seperti meditasi atau gerakan trending. Pengelola juga menyediakan jasa cetak foto langsung dengan harga murah 20.000 untuk 4 foto ukuran sedang.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat air terjun TumburanoKredit gambar: Google Maps Irhat Français

Anda bisa memulai perjalanan menuju air terjun cantik ini dari Kendari. Jika Anda berangkat dari pelabuhan Kendari menuju pelabuhan Langara, Anda bisa menggunakan kapal feri atau kapal lain yang memakan waktu sekitar 4,5 jam, misalnya berangkat pagi sekitar jam 9 WITA dan tiba di pelabuhan Kendari pada jam 2 siang. Jika ingin cepat sampai tujuan, lebih baik menggunakan kapal kayu daripada kapal ferry. Waktu tempuh menggunakan perahu kayu hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja.

Jika Anda tiba di kota Langara (ibukota kabupaten Konawe di Sulawesi Tenggara), jarak untuk mencapai air terjun cukup dekat, hanya membutuhkan waktu 30 menit jika menggunakan sepeda motor atau mobil. Kalau bercermin infrastruktur tahun sebelumnya memang sudah membaik, karena akses jalan sudah bagus dan bisa dilintasi sepeda motor atau mobil. Dengan demikian, pengunjung lebih mudah untuk sampai ke tempat wisata.

Rasa lelah perjalanan anda akan terbayar lunas sesampainya di tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Pulau Wawoni ini, karena menawarkan pemandangan yang sangat indah dan damai. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yaitu 20.000 untuk wisatawan mancanegara dan 15.000 untuk wisatawan lokal, yang dengannya Anda bisa menikmati panorama alam yang luar biasa.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Tumburano

Aktivitas Seru di Air Terjun TumburanoKredit gambar: Google Maps yudista chacha

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Tumburano yang indah.

1. Menikmati keindahan air terjun

Tujuan utama mengunjungi tempat ini adalah untuk bersantai dan menikmati keindahan alam air terjun Tumburano. Keindahan yang disajikan tidak ada habisnya. Maka wajib bagi Anda untuk mengabadikan momen tersebut sebagai kenang-kenangan saat Anda meninggalkan tempat ini.

2. Meditasi

Suasana yang tenang dan hening menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat meditasi dan juga menenangkan pikiran. Anda bisa duduk di tepi danau sambil memejamkan mata untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Untuk duduk lebih nyaman, Anda bisa membawa tikar atau duduk langsung di atas batu di tepi danau.

3. Berenang dan berendam

Telaga jernih yang berada di bawah air terjun, bisa Anda gunakan untuk berenang atau mandi. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih tenang dan rileks karena Anda sudah merasakan sejuknya air kunjungan alam ini. Apalagi jika berenang bersama orang tersayang pasti akan menambah indahnya momen liburan Anda.

Itulah berbagai hal menarik seputar Air Terjun Tumburano yang menawan di Kabupaten Konawe. Berlibur ke tempat refreshing pasti bisa memberikan pengalaman berlibur yang berbeda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button