Lihat Bale Kambang Ambarukmo, Pelajari Peningkatan Wisata Budaya - DPRD Jawa Tengah - WisataHits
Yogyakarta

Lihat Bale Kambang Ambarukmo, Pelajari Peningkatan Wisata Budaya – DPRD Jawa Tengah

PERJALANAN BUDAYA. Komite B DPRD Provinsi Jawa Tengah baru-baru ini membahas wisata cagar budaya dengan pengelola Balai Besar Bale Kambang Ambarukmo Provinsi DIY. (Foto cahaya oleh Dwi Prabowo)

YOGYAKARTA – Perkembangan sektor pariwisata pascapandemi Covid-19 masih menjadi perhatian Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengkaji peningkatan sejumlah daya tarik wisata di daerah lain, salah satunya Provinsi DIY.

Komite B menilai sektor pariwisata di provinsi tetangga sangat berkembang, sehingga layak untuk mengumpulkan informasi tentang pengembangan pariwisata. Misalnya, saat Komisi B mengunjungi Bale Kambang Ambarukmo Yogyakarta yang masih menjadi objek wisata.

Disana Komisi B diterima oleh Bakhtiar sebagai Abdi Dalem Pendopo Bale Kambang Ambarukmo Yogyakarta. Dalam kesempatan itu, Ketua Komite B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sumanto, menilai upaya pencarian informasi bukan hanya soal peningkatan pengembangan sektor pariwisata.

Namun, menurut dia, perlu adanya sejumlah pihak untuk melestarikan cagar budaya. Hal ini dikarenakan Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak warisan budaya seperti bangunan cagar budaya dan tradisi lokal.

“Jawa Tengah kaya akan warisan budaya seperti Yogyakarta. Penting bagi kita untuk menjaganya sekaligus mewariskan setiap warisan kepada generasi penerus kita,” kata politisi PDI-P ini belum lama ini.

Selain itu, dengan melestarikan warisan budaya, akan menarik wisatawan. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan yang berlandaskan pada cagar budaya yang tidak hanya berupa bangunan fisik tetapi juga nilai-nilai sejarah.

Dia juga mengatakan dampak transformasi pariwisata sangat luas. Tidak hanya pengelola pariwisata yang menikmati hasilnya, namun sektor lain seperti UMKM, penginapan, dll semakin berkembang.

“Dari kondisi normal baru Ini yang harus kita tangani, khususnya terkait dengan sektor pariwisata. Karena orang sudah lama tidak bepergian, mereka akan bepergian sekarang. Destinasi yang bersih, maka dialah pemenangnya,” ujarnya. (cahyo/ariel)

Source: dprd.jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button