Pulau Dua Tambrauw, pulau eksotis nan indah yang memanjakan mata - WisataHits
wisatahits

Pulau Dua Tambrauw, pulau eksotis nan indah yang memanjakan mata

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Werbes, Kab. Tambrauw, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Dua Tambrauw adalah sebuah pulau yang terletak jauh di timur Indonesia, yaitu di provinsi Papua Barat. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, pasangan pulau ini juga dikenal masyarakat setempat dengan nama lain yaitu Amsterdam dan Pulau Meossu. Jika Anda mengunjungi pulau ini, bersiaplah untuk perjalanan yang cukup melelahkan.

Apalagi jika Anda berasal dari pulau-pulau besar di barat Indonesia. Hal ini karena Anda tidak hanya harus menempuh perjalanan melalui udara untuk mencapai Sorong, kota terdekat dengan Tambrauw, Anda juga harus menempuh perjalanan laut atau darat dan kemudian perjalanan laut lagi untuk mencapai lokasi.

Eksotismenya memang sangat terpuji. Selain itu, dalam perjalanan menuju Pulau Dua, Anda akan menemukan berbagai hal “unik” yang tidak akan Anda temukan di wisata lainnya. Tentu saja, ini karena medannya yang tidak mudah untuk diakses. Hutan di kiri dan kanan, minimnya penerangan dan tidak tersedianya akomodasi yang dekat dengan pulau membuat jiwa petualangmu semakin bergejolak!

Atraksi di Pulau Dua

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau DuaKredit Gambar: Erwin Rate di Facebook

1. Pantai yang indah

Keindahan pantai-pantai di pulau ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tidak setenar Raja Ampat yang masih berada di provinsi yang sama. Hamparan pasir putihnya tidak terlalu luas, namun bukan berarti Anda tidak bisa bersantai dengan nyaman di pantai ini.

Tidak hanya hamparan pasir yang akan menyambut Anda saat tiba di pantai, berbagai pepohonan pantai dan angin sepoi-sepoi menyambut Anda di pantai pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini.

2. Pantai yang masih alami

Dengan fasilitas yang terbatas dan akses yang sulit ke pulau ini, karakter alam Pulau Dua Tambrauw masih sangat terjaga. Jarang ditemukan sampah berserakan di pantai. Oleh karena itu, rasa lelah selama perjalanan ke pulau ini akan terbayarkan.

3. Air lautnya jernih dan biru dari kejauhan

Gradien warna yang indah; yaitu dari warna pasir pantainya yang coklat muda, biru kehijauan dan menua di tengah laut, begitu memanjakan mata setiap pengunjung pulau ini. Ombak lautnya cenderung tenang, jadi Anda tidak perlu khawatir jika hanya ingin berenang santai di pantai.

4. Pulau ini konon pulau tak berpenghuni

Atraksi Dua PulauKredit gambar: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Meski tidak ada sumber yang secara eksplisit menyebutkannya, beberapa sumber mengklaim bahwa pulau cantik Tambrauw merupakan pulau tak berpenghuni. Memang, penduduk asli Pulau Dua dievakuasi ke Biak karena sering terjadi konflik bersenjata di wilayah tersebut.

Meski begitu, Anda masih bisa melihat beberapa rumah penduduk pulau tersebut. Karena tidak ada penduduk, tidak ada warung makan yang bisa Anda kunjungi saat mogok makan.

5. Keindahan laut yang membuat Anda tertawa terbahak-bahak

Jika Anda adalah penggemar olahraga menyelam, Anda juga bisa melakukannya di pulau ini. Namun, Anda harus membawa peralatan sendiri karena di pulau ini tidak ada persewaan peralatan untuk menyelam.

Begitu juga jika Anda membidik keindahan laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dengan kacamata selam Anda. Keindahan laut di perairan sekitar pulau ini menjadikan tempat ini layak dijadikan sebagai spot snorkeling di wilayah Papua Barat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit gambar: Facebook Janny Rotinsulu

Pulau Dua terletak di Kabupaten Tambrauw di Provinsi Papua Barat. Secara spesifik pulau ini berada di wilayah Werur, Koor, Tambrauw. Untuk mengunjungi pulau ini, Anda mungkin bisa menghabiskan waktu lebih dari satu hari satu malam, apalagi jika mengandalkan jalur darat untuk mencapai kawasan Werur di Kabupaten Tambrauw, Papua.

Rute yang harus ditempuh untuk mencapai Pulau Dua di Tambrauw adalah sebagai berikut:

1. Dari rumah Anda, terbang ke Sorong atau Manokwari

Dari Jakarta, harga tiket pesawat (per Agustus 2021) ke kedua kota itu kurang lebih sama. Namun, ada lebih banyak penerbangan langsung dari Sorong daripada ke Manokwari. Penerbangan ke Manokwari didominasi oleh penerbangan dengan waktu transit satu hingga empat.

Maskapai yang melayani penerbangan Jakarta-Sorong atau Manokwari kurang lebih sama, misalnya Batik Air, Lion Air, Sriwijaya, Garuda Indonesia, bahkan maskapai asing seperti Air Asia.

2. Sorong/Manokwari Werur, Tambrauw

Dari Sorong atau Manokwari, Anda perlu menyewa kendaraan untuk menuju Werur yang berada di Kabupaten Tambrauw. Werur adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Werur. Kecamatan ini merupakan kecamatan yang paling dekat dengan lokasi pulau ini.

Dari Sorong Anda bisa naik angkutan umum menuju pantai Werur di Tambrauw. Anda juga bisa menyewa kendaraan pribadi, namun biaya yang harus Anda persiapkan jauh lebih mahal, sekitar 4-5 juta rupiah per kendaraan sekali jalan (mobil Hilux).

3. Pulau Werur Dua

Dari sana Anda bisa menggunakan speedboat untuk sampai ke pulau tersebut. Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Untuk kelas eksekutif, biaya yang dikenakan pasti lebih mahal dari kelas ekonomi. Namun perlu diingat bahwa kapal pesiar tidak tersedia setiap hari.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit Gambar: Erwin Rate di Facebook

Untuk menuju ke Pulau Dua Tambrauw, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, seperti yang sudah Anda duga, biaya pengiriman yang harus Anda keluarkan cukup signifikan. Rinciannya adalah sebagai berikut (dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta ke Sorong):

  • Biaya perjalanan dari Sorong ke Werur melalui darat: Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 (Sewa mobil Hilux sekali jalan)
  • Biaya speedboat Werur ke Pulau Dua: Rp 100.000,-

Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih untuk terbang dari Sorong ke Sausapor. Penerbangan ke Sausapor dari Manokwari juga bisa dipilih untuk menghindari melintasi jalur darat yang masih “hutan”. Penerbangan Manokwari – Sausapor hanya tersedia pada hari Selasa dan Jumat dengan tarif ±Rp. 300.000,- per penumpang.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Dua

Aktivitas Seru di Pulau DuaKredit gambar: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

1. Berenang di dekat pantai

Puaskan hobi berenang Anda saat berkunjung ke Pulau Dua Tambrauw. Dengan ombak yang tidak terlalu ganas (asalkan tidak terlalu jauh dari pantai), Anda bisa lolos dengan olahraga air ini.

2. Menyelam

Selama Anda mampu membawa peralatan sendiri, tidak ada yang akan menghentikan Anda untuk menyelam. Perlu diingat, selalu berhati-hati saat menyelam, ya!

3. Snorkeling

Lihat lebih dekat kehidupan bawah laut saat melakukan aktivitas ini. Tentu saja, Anda harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada persewaan alat snorkeling.

4. Bersantai di pantai

Ini adalah sesuatu yang sangat direkomendasikan ketika mengunjungi Pulau Dua. Pasalnya, di pulau terpencil ini, Anda tidak perlu khawatir akan dipadati pengunjung lain. Temukan spot terbaik Anda dan nikmati kesenangan bersantai di pulau tak berpenghuni ini. Menarik bukan?

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi terdekat di Pulau DuaKredit gambar: Google Maps Swiss Belhotel Manokwari

1. Mess Kabupaten Kebar

Kekacauan yang dimiliki oleh pemerintah daerah ini cukup sering dikunjungi oleh para pelancong yang berencana mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Tambrauw. Sayangnya tidak ada informasi berapa banyak uang yang perlu Anda persiapkan untuk menginap di sini.

2. Hotel Je Meridien Sorong

Pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah menginap di Sorong. Aston Hotel merupakan salah satu hotel yang bisa Anda singgahi sebelum mengunjungi pulau cantik ini. Per malam Anda harus membayar Rp 400.000 (harga dapat berubah).

3. Swiss-Belhotel Manokwari

Apakah Anda dari Manokwari? Anda bisa menginap di hotel ini sebelum berangkat ke Tambrauw. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal dari hotel sebelumnya yaitu Rp 950.000 per malam. Namun, fasilitas yang bisa Anda dapatkan tentunya setara dengan harga yang harus Anda bayar.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau DuaKredit gambar: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sayang sekali, meski dengan biaya transportasi yang mahal, tidak ada infrastruktur pendukung, baik akomodasi (perumahan), restoran, atau bahkan toilet. Oleh karena itu, Anda harus membawa makanan sendiri saat berkunjung ke pulau ini.

Bagi Anda yang suka berenang, snorkeling atau diving, akan lebih baik jika Anda membawa sendiri peralatan yang diperlukan. Karena pulau ini tidak berpenghuni, tentunya Anda tidak akan menemukan tempat persewaan peralatan olahraga air ini.

Selain tidak adanya rumah makan, tempat ibadah pun tidak bisa ditemukan dari pulau ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan Anda saat berlibur di sana.

Itulah sedikit ulasan tentang Pulau Dua di Tambrauw, Papua Barat. Meski terlihat misterius karena keadaannya yang tidak berpenghuni, namun keindahan alam yang ditawarkan bisa dikatakan menyaingi Raja Ampat, lho! Jadi makin penasaran kan?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button