Pulau Banyak Aceh Singkil – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Banyak Aceh Singkil – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – banyak pulau salah satu wisata bahari yang eksotis di Aceh Singkil kaya akan pesona. Pulau pasir putih, air jernih dan keindahan bawah laut yang patut dikunjungi saat liburan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 27.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Beberapa Pulau Barat, Kab. Aceh Singkil, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa di Aceh Singkil terdapat destinasi wisata yang menakjubkan. Apalagi jika Pulau Banyak bukanlah primadona daerah. Tempatnya yang cukup terpencil membuat eksotisme pulau Aceh Singkil masih belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan.

Dengan demikian, penampilan dan pemandangan alam tempat ini tergolong masih alami. Anda akan benar-benar dimanjakan oleh berbagai hal yang dapat ditemukan di tempat ini. Destinasi wisata ini cocok untuk wisatawan yang suka kegiatan eksplor.

Meski tidak sepopuler pulau lain, pesonanya mampu membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini. Pulau cantik ini juga kerap dianggap sebagai salah satu destinasi eksotis di Indonesia. Nah, berikut ini berbagai informasi tentang Pulau Banyak agar kamu tidak semakin penasaran.

Atraksi dari banyak pulau

Banyak objek wisata pulauKredit gambar: Google Maps choir roziqin

1. Ada banyak pantai kecil

Keindahan alam yang disuguhkan tak lepas dari berbagai pantai kecil yang ada di tempat ini. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa menikmati pesona Pulau Banyak, tetapi juga berbagai keindahan yang terpancar dari pantai-pantai kecil tersebut. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai.

2. Pantainya berpasir putih

Siapa pun tidak akan menolak untuk menikmati pasir putih halus yang terdapat di sini. Selain indah, pasir putihnya tidak akan membuat kaki Anda sakit saat berjalan di atasnya tanpa menggunakan sepatu. Pasir putihnya juga membuat pantai-pantai di sekitar pulau berkilauan dengan cahaya.

3. Air laut yang bersih

Pemandangan air lautnya tak kalah indah dengan pasir putihnya. Hamparan lautnya memiliki air yang sangat jernih dan berwarna pirus. Ini jelas merupakan daya tarik penting untuk membuat orang ingin mengunjungi Pulau Banyak.

4. Masih belum ada pengunjung

Tempat Wisata di Banyak PulauKredit gambar: Google Maps Zaki yuddin

Anda tidak akan menemui banyak pengunjung jika mengunjungi tempat wisata ini sendirian. Setidaknya hanya ada tempat-tempat tertentu yang terkesan agak ramai pengunjung. Dengan demikian, liburan Anda akan lebih nyaman dan tenang, tanpa terlalu banyak gangguan dari orang lain. Tempat ini juga akan membuat Anda merasa seperti sedang berlibur di pulau pribadi.

5. Angin

Banyak pohon kelapa di tempat wisata ini yang masih melambai-lambaikan daunnya. Oleh karena itu, angin sepoi-sepoi dari pohon kelapa akan selalu menemani perjalanan Anda di Pulau Banyak. Hal ini mampu membuat mood pengunjung yang awalnya lelah dari perjalanan jauh menjadi bahagia kembali.

6. Terumbu karang yang indah

Kelestarian terumbu karang yang ada dapat menjadi daya tarik dari tempat wisata tersebut. Keberlanjutan tidak lain adalah hasil dari sangat sedikit orang yang berburu terumbu karang di sana. Apalagi keindahan terumbu karangnya sangat terlihat dengan mata telanjang karena air lautnya juga jernih.

Alamat dan rute ke banyak tempat di pulau

Alamat Pulau BanyakKredit gambar: Google Maps Tarmizi Muhammad

Pulau eksotis ini terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Indonesia. Padahal, tempat wisata ini lebih dekat jika ditempuh dari kota Medan. Ada berbagai jalur yang bisa Anda pilih jika ingin mengunjungi tempat tersebut. Namun, sebagian besar pengunjung lebih memilih jalur darat karena biayanya lebih terjangkau daripada jalur udara.

Jika Anda datang dari Banda Aceh, naik angkutan umum ke Singkil dengan biaya 200 ribu hingga 250 ribu. Selain itu, Anda juga dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi, dengan waktu tempuh kurang lebih 12 jam 46 menit dan jarak tempuh kurang lebih 646 km. Namun, jika Anda datang dari Medan menuju Singkil, menggunakan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 7 jam 24 menit dengan jarak tempuh sekitar 268 km.

Anda juga bisa memilih rute udara dengan naik pesawat dengan harga tiket single person mulai dari yang paling murah sekitar Rs 774.000 hingga yang paling mahal sekitar Rs 5.941.000. Setelah sampai di Bandara Kualanamu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Singkil dengan menyewa mobil travel.

Sesampainya di sana, Anda hanya perlu menuju pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan sandar kapal di dek atas Pulo Sarok. Setelah itu, Anda bisa menggunakan speedboat, kapal tradisional atau feri ke Pulau Banyak.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Banyak Aceh Singkil

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Banyak Aceh SingkilKredit gambar: Arsitek Google Maps Satriatama

Untuk memasuki kawasan wisata Pulau Banyak, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk sepeser pun. Namun, Anda tetap perlu menyiapkan uang untuk biaya lainnya.

Misalnya, sewa feri biayanya sekitar 27.000 per orang, perahu tradisional sekitar 30.000 per orang, dan speedboat sekitar 1.100.000 hingga 1.500.000 untuk 9 orang. Agar lebih nyaman, Anda bisa memanfaatkan jasa travel dan tour dengan biaya sekitar 700.000 hingga 2 juta rupiah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di banyak pulau

Banyak kegiatan menyenangkan di pulau ituKredit gambar: Google Maps ARMoko Moko

1. Perkemahan

Di Pulau Banyak, pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda untuk berkemah di sana. Namun, Anda harus membawa peralatan dan perbekalan sendiri seperti logistik, makanan dan minuman. Berbagai tempat eksotis di tempat wisata ini cocok untuk berkemah, seperti Pulau Panjang dan Pulau Asok.

Berkemah di tempat wisata ini pasti bisa menjadi pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan. Saat malam tiba, Anda bisa menyalakan api unggun besar dan juga mengobrol dan berkumpul dengan teman-teman Anda.

2. Menyelam dan snorkeling

Dunia bawah laut yang disuguhkan di pulau ini tidak kalah dengan berbagai spot snorkeling di tempat lain. Disini terdapat banyak spot diving dan snorkeling seperti Pulau Sikandang, Pabisi, Matahari, Rago-rago dan Asok. Di kedalaman 3m Anda sudah bisa menikmati keindahan ekosistem bawah laut.

3. Berselancar

Banyak pengunjung lokal dan asing mengatakan pulau ini adalah salah satu tempat berselancar terbaik di dunia. Tempat ini sering diintai oleh para peselancar di seluruh dunia karena ketinggian ombaknya mencapai 6m dengan garis ombak yang panjang.

4. Melihat matahari terbenam

Aktivitas seru di Pulau BanyakKredit gambar: Google Maps LG

Menyaksikan panorama matahari terbenam merupakan kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Anda dapat melihat matahari terbenam dari pantai sambil mendengarkan suara air yang menenangkan. Cat alami akan muncul dari pemandangan saat langit mulai berubah warna. Lebih lengkap lagi jika Anda menikmati suasana bersama orang-orang tersayang.

5. Pelacakan

Di tempat ini terdapat gugusan pulau yang disebut Pourku. Petualangan melalui hutan hujan dan pegunungan adalah sensasi yang ditawarkan oleh pulau Pourku. Keamanan juga sudah diperhatikan karena panduan dari masyarakat setempat disediakan.

Ketika Anda bertualang, banyak hewan pengembara seperti babi hutan, rusa, burung beo nia dan lainnya akan disajikan kepada Anda.

6. Kunjungi situs konservasi penyu

Di tempat wisata ini tepatnya di gugusan pulau Bangkaru juga terdapat tempat konservasi penyu sebagai hewan yang dilindungi. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan penyu bertelur di malam hari. Karena penyu sangat sensitif, ada sedikit cahaya dan suara, yang dapat mengganggu proses bertelur.

Di sana pengunjung dapat menjumpai 3 jenis penyu yaitu penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Kura-kura ini memiliki panjang hingga 1,5 m dan berat sekitar 200 kg. Penyu paling langka di daerah ini adalah penyu sisik. Dengan demikian, pengunjung dilarang mengganggu kelestarian ekosistem penyu.

Akomodasi Termurah Terdekat Pulau Banyak

Akomodasi Termurah Terdekat Pulau BanyakKredit Gambar: Google Maps Muhammad Muqsith

1. Karang Sikandang

The Coral Sikandang adalah hostel yang sangat dekat dengan alam. Sehingga hostel ini sering menjadi buruan pengunjung yang menyukai suasana tropis Pulau Banyak. Menginap di Coral Sikandang Inn dapat memberikan suasana yang damai. Di setiap cottage terdapat pemandangan pantai yang dilengkapi dengan pasir putih yang indah.

Tempat ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk melakukan aktivitas berjemur. Sering dikatakan bahwa hostel adalah akomodasi sederhana di pantai. Dindingnya anyaman bambu dan atapnya dari biji ek.

2. Mimpi Palambak

Hostel Palambak Dream sering dijadikan pilihan oleh pengunjung dari luar negeri. Namun, tidak jarang pengunjung domestik menginap di sana. Suasana alam yang asri dan mempesona yang dihadirkan di asrama mampu memukau setiap orang yang melihatnya. Hostel ini juga akan menjaga dan mengurangi penggunaan internet dari Anda.

Di The Palambak Dream Hostel, Anda bisa merasakan perasaan terputus dan terasing dari dunia luar. Pengunjung dapat melupakan berbagai perdagangan sejenak dan menyibukkan diri sambil menikmati liburan mereka dalam ketenangan pikiran. Harga yang dibutuhkan untuk bisa menginap di sini berkisar antara 250.000 hingga 370.000 rupiah.

3. Homestay di bawah sinar matahari

Manajer yang bekerja di Sunshine Homestay sangat komunikatif dan fasih berbahasa Inggris. Sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang datang dari luar negeri. Ada juga tempat penukaran uang atau money charger yang menjadi daya tarik hostel ini. Berbagai aktivitas menarik juga ditawarkan di area hostel ini.

Misalnya jalan-jalan keliling pulau, bersepeda, memancing, berjemur dan masih banyak lagi. The Sunshine Homestay Inn tersedia dengan 5 tipe kamar. Harga tetap juga tidak akan mengosongkan kocek, yaitu sekitar 250.000 untuk satu malam. Ada juga yang lebih mahal dan lebih murah tergantung tipe kamar yang diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Banyak Aceh Singkil

Pulau Aceh Singkil Banyak FasilitasKredit gambar: Google Maps mgthm

Berbagai fasilitas tersedia di tempat wisata di Pulau Banyak. Berbagai fasilitas juga cukup memadai bagi pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain perahu, speedboat, persewaan tenda, persewaan papan selancar, persewaan kano, persewaan kayak, dan pemandu wisata.

Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu khawatir membawa terlalu banyak barang dan perlengkapan saat mengunjungi tempat wisata ini. Selain cukup lengkap, harga sewa yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Demikian berbagai informasi tentang Pulau Banyak di Aceh Singkil. Tempat wisata ini bisa Anda jadikan referensi, agar liburan tidak membosankan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button