Produk unggulan SMK di Jawa Barat akan dipamerkan di Bandara Kertajati - WisataHits
Jawa Barat

Produk unggulan SMK di Jawa Barat akan dipamerkan di Bandara Kertajati

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Pendidikan (Diskdik) Jabar menyelenggarakan SMK Jelajah Jabar Juara 2022 pada 15-17 Desember.

Kegiatan yang akan berlangsung di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB) ini bertemakan “Eksplorasi dalam Kreasi dan Inovasi” dan merupakan ajang unjuk potensi beragam SMK di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dedi Supandi mengatakan ingin menunjukkan bahwa SMK Jabar memiliki potensi besar melalui SMK Jabar Jabar Jabar 2022, khususnya dari sisi produk unggulan melalui SMK Jabar Jabar Jabar Jabar 2022.

“Kini saatnya menunjukkan potensi SMK Jabar kepada masyarakat, terutama dalam hal kemampuan memproduksi produk yang dibutuhkan masyarakat,” kata Dedi, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, dari 2.898 SMK yang ada di Jabar, 270 merupakan SMK Center of Excellence (PK) dan tersebar di 27 kotamadya. Sebagai spesialis yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, desain grafis atau multimedia, farmasi, keperawatan, kimia analitik, logistik.

Manajemen bisnis, perkapalan, perhotelan, perbankan dan keuangan syariah, pengembangan perangkat lunak, seni kuliner, mode, tata rias dan kecantikan, teknik jaringan komputer, teknik kendaraan ringan, teknik elektronik industri, teknik gambar arsitektur hingga bisnis perjalanan dan pariwisata.

“Juara Jelajah SMK Jabar tahun ini akan menampilkan 130 orang yang akan menampilkan beragam produk hasil kreativitas dan inovasi siswa. Khusus kategori teknologi ada 57, pertanian 14, rumah sakit 27, kerajinan 30, perkapalan 2 dan industri 7,” kata Dedi.

Tak hanya itu, Dinas Pendidikan Jabar bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menghidupkan semangat SMK Bisa! SMK hebat! Sekolah kejuruan juara, seperti universitas, bank, industri, pengusaha untuk masyarakat. Beberapa di antaranya bahkan internasional.

Universitas pendamping juga dikunjungi pada acara ini, antara lain Seameo, Polindra, Akademi Kuliner Bandung, ITB dan IPB. Ini termasuk berbagai industri termasuk PT Samsung, PT LSKK, PT Skyline Semesta dan Telkomsel.

“Dengan berkolaborasi dan berinovasi dengan berbagai pihak, kami berharap SMK Jawa Barat bisa menjadi benar-benar internasional di masa depan. Namun yang lebih penting lagi, para siswa SMK ini tidak hanya berbicara tentang mencari pekerjaan setelah lulus. Sebaliknya, mahasiswa perlu didukung lebih lanjut agar suatu saat bisa membuka lapangan kerja sendiri,” ujarnya.

Guna lebih mengoptimalkan potensi SMK Jawa Barat agar lebih berdaya saing, dalam kegiatan ini juga disepakati dua kesepakatan kerjasama yaitu dengan PT Electronic Science Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi melalui Program BCA Cash Management Academy.

Diantaranya adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk terhadap penggunaan aplikasi BJB Disentra sebagai media pembelajaran kewirausahaan dan keterampilan perbankan di SMK di Provinsi Jawa Barat. “Jelajahi SMK Jabar Juara 2022 juga akan diisi dengan rangkaian penampilan seni oleh siswa SMK. Dan juga talkshow oleh kelompok-kelompok kepentingan terkait,” pungkasnya. (dbs)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button