Produk karya siswa SMK di Jawa Barat dipajang di Bandara Kertajati - WisataHits
Jawa Barat

Produk karya siswa SMK di Jawa Barat dipajang di Bandara Kertajati

Bandung (ANTARA) – Produk hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Jawa Barat dipamerkan di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat Kabupaten Majalengka sebagai bagian dari acara “Jelajahi SMK Jabar Juara 2022” yang digelar pada 15-17 Desember 2018. 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan di Kota Bandung, Rabu, pelaksanaan SMK Jelajah Jabar Juara 2022 bertujuan untuk menunjukkan potensi SMK di Jabar dalam menghasilkan produk unggulan.

Acara bertajuk Eksplorasi dalam Kreasi dan Inovasi ini, lanjutnya, akan menjadi ajang unjuk inovasi siswa SMK se-Jawa Barat.

“Sudah saatnya potensi SMKN Jabar ditunjukkan kepada masyarakat, khususnya dalam hal kemampuan menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat 270 SMK Pusat Unggulan di antara 2.898 SMK yang ada di Provinsi Jawa Barat. SMK sentra kompetensi tersebar di 27 kabupaten dan kota administratif di Jawa Barat.

Sekolah kejuruan memiliki berbagai spesialisasi pelatihan kejuruan, termasuk akuntansi, administrasi perkantoran, desain grafis atau multimedia, farmasi, keperawatan, kimia analitik, logistik, administrasi bisnis, perkapalan, perhotelan dan perbankan dan keuangan Islam.

Selain itu, terdapat sekolah yang fokus pada pendidikan di bidang rekayasa perangkat lunak, seni kuliner, tata busana, tata rias dan kecantikan, teknik jaringan komputer, teknik kendaraan ringan, teknik elektronika industri, teknik menggambar arsitektur, dan bisnis travel.

Dedi mengatakan Juara SMK Jelajah Jabar 2022 akan menampilkan 130 stan produk karya siswa, diantaranya 57 stan produk teknologi, 14 stan produk pertanian, 27 stan produk keramahan atau jamuan makan, 30 stan produk industri kreatif, 2 stan produk kemaritiman, dan 7 stan produk industri.

Perguruan tinggi, perbankan, industri, pengusaha dan masyarakat dilibatkan dalam pelaksanaan Explore SMK Jabar Champion 2022.

Dedi mengatakan pemerintah sedang membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan lulusan SMK yang tidak hanya mendapatkan pekerjaan tetapi juga membuka lapangan kerja sendiri setelah lulus.

Baca juga:
Sebanyak 35 SMK Negeri di Jabar resmi menjadi BLUD
Astra sedang membangun 350 SMK di Jawa Barat untuk memenuhi kebutuhan industri

Reporter: Ajat Sudrajat
Penerbit: Mariati
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button