Probolinggo akan mendapatkan dana desa Rp 336 miliar pada tahun 2023 yang dapat digunakan untuk penanggulangan bencana - WisataHits
Jawa Timur

Probolinggo akan mendapatkan dana desa Rp 336 miliar pada tahun 2023 yang dapat digunakan untuk penanggulangan bencana

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur akan menerima transfer dana desa dari pemerintah pusat sebesar Rp336 miliar pada tahun 2023. Pemerintah desa dapat memanfaatkannya untuk mitigasi dan penanggulangan bencana alam dan non alam.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia atau Mendes PDTT RI Nomor 80 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Staf Khusus Mendes PDTT RI Abdul Malik Haramain juga membenarkan ketentuan tersebut saat dikonfirmasi. “Bisa digunakan untuk kesiapsiagaan bencana,” kata pria yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo ini.

Terkait penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanggulangan bencana, pada tahun 2020 sebanyak 325 desa di Kabupaten Probolinggo mendapat mandat dari bupati untuk menyediakan dana desa untuk pembentukan Desa Tahan Bencana atau Destana.

“Ini wajib. Alokasi dibuat setiap tahun (anggaran, merah),” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Probolinggo saat itu, Anggit Hermanuadi.

Sejak Januari hingga 30 Oktober 2022, 120 bencana terjadi di wilayah berpenduduk 1,15 juta jiwa ini, menurut data BPBD. Dari bencana tersebut, tanah longsor mendominasi dengan 37 kasus, angin kencang dengan 35 kasus, kemudian banjir atau banjir dengan 29 kasus.

BPBD Kabupaten Probolinggo menyebutkan, dalam 10 bulan terakhir delapan orang meninggal dunia, satu orang hilang, 50 orang luka-luka, dan 134 orang menderita atau mengungsi.

Dengan dimulainya musim hujan, potensi bencana diperkirakan akan meningkat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi bencana hidrometeorologi pada musim hujan.

Bencana hidrometeorologi ini antara lain banjir atau genangan air, tanah longsor, angin kencang atau puting beliung, dan kemungkinan pohon tumbang.

Tiga prioritas penggunaan dana desa tahun 2023

Mengutip Permendes nomor 80 tahun 2023, ada tiga prioritas penggunaan dana desa pada tahun 2023.

Pertamapemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa. Kedua, program prioritas nasional menurut kewenangan desa. Ketiga, Mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai dengan kewenangan desa.

Prioritas pertama adalah membangun, mengembangkan dan meningkatkan kapasitas pengelolaan badan usaha milik desa/badan usaha milik bersama desa. Kemudian, pengembangan usaha ekonomi produktif untuk dikelola terutama oleh unit usaha milik desa/unit usaha milik bersama desa, dan pengembangan desa wisata.

Prioritas kedua meliputi peningkatan dan konsolidasi data SDG desa dan pendataan pembangunan desa melalui Pengembangan Indeks Desa, ketahanan pangan tanaman dan hewan, serta pencegahan dan pengurangan stunting.

Kemudian meningkatkan kualitas sumber daya manusia desa, meningkatkan partisipasi masyarakat secara keseluruhan dalam pembangunan dan penguatan masyarakat desa, memperluas akses pelayanan kesehatan sesuai kewenangan desa.

Penggunaan dana desa untuk dana operasional pemerintah desa juga masuk dalam prioritas kedua. Namun, dibatasi maksimal 3 persen dari pagu dana desa per desa.

Yang tidak kalah pentingnya, dana desa dapat digunakan untuk mengentaskan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrim, dan bantuan langsung tunai dari dana desa dapat digunakan untuk membantu percepatan pengentasan kemiskinan ekstrim.

Prioritas ketiga adalah penggunaan dana desa tahun 2023, meliputi penanggulangan dan penanggulangan bencana alam serta penanggulangan dan penanggulangan bencana non alam. Tahun ini 325 desa di Kabupaten Probolinggo akan mendapat dana desa Rp 336 miliar.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button