Presiden Jokowi Umumkan Hasil Pembangunan Bandara Komodo - WisataHits
Jawa Barat

Presiden Jokowi Umumkan Hasil Pembangunan Bandara Komodo

Saat ini, Bandara Komodo memiliki kapasitas hingga 1 juta penumpang per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai hasil pembangunan yang dilakukan. Budi mengumumkan hasil pembangunan Bandara Komodo akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (21.7.2022).

“Saya dan Pak Basuki (Menteri PUPR) datang ke Labuan Bajo untuk memastikan infrastruktur di salah satu dari lima destinasi wisata ini sudah selesai,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Budi mengungkapkan, pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Labuan Bajo harus mendukung potensi pariwisata di Labuan Bajo. Dia membenarkan selesainya bandara.

“Saat ini kapasitasnya mencapai 1 juta penumpang per tahun. Ke depan kami akan menambah runway menjadi 2.750 meter,” kata Budi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sedang mengembangkan perluasan Bandara Komodo dari tahun 2020 hingga 2022. Lingkup pengembangannya di sisi udara yaitu perpanjangan landasan pacu dari 2.450 meter menjadi 2.650 meter dan kemungkinan pendaratan seri B737 pesawat (berbadan sempit).

“Selain itu, bangunan terminal di sisi darat diperluas menjadi 13.366 meter persegi, dan bangunan terminal dipercantik dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan,” jelas Budi.

Budi menambahkan, pemerintah tidak hanya membangun bandara, tetapi juga pelabuhan multiguna baru di kawasan Way Kelambu, yang berjarak sekitar 10-12 kilometer dari pelabuhan lama di Labuan Bajo tengah. Dengan dibangunnya pelabuhan khusus logistik di Wae Kelambu, Budi mengatakan pelabuhan lama Labuan Bajo juga dibangun pemerintah khusus untuk kapal wisata.

Dengan adanya dua pelabuhan ini diharapkan dapat memajukan pariwisata di Labuan Bajo dan mengoptimalkan kegiatan logistik. “Pelabuhan Labuan Bajo juga rencananya akan diresmikan presiden besok,” kata Budi.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button