4 Tempat Wisata Religi Islami di Surabaya yang Paling Banyak Dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

4 Tempat Wisata Religi Islami di Surabaya yang Paling Banyak Dikunjungi

4 Tempat Wisata Religi Islami di Surabaya yang Paling Banyak Dikunjungi

Surabaya memiliki beberapa wisata religi islami yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Pasalnya, beberapa tempat wisata religi memiliki sejarah panjang serta nilai spiritual yang tinggi, sehingga tak heran jika banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi setiap harinya.

Wisata religi memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan jenis wisata lainnya. Hal ini dikarenakan wisata religi mampu memperkokoh iman dan taqwa, sehingga mereka lebih rajin beribadah kepada Allah SWT.

1. Makam Sunan Ampel

Dimulai dengan kompleks makam Sunan Ampel. Di sinilah Raden Rahmat atau Sunan Ampel bersemayam. Sebagai salah satu Walisongo yang berjasa menyebarkan ajaran Islam, makam Sunan Ampel selalu dibanjiri peziarah dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Gedung-gedung pemerintah pusat di Jakarta bisa disewa setelah pindah ke ibu kota baru

Biasanya di tempat ini mereka melakukan berbagai kegiatan keagamaan mulai dari salat hingga membaca Al-Quran. Selain itu, di kawasan kompleks makam Sunan Ampel juga terdapat pusat kuliner Timur Tengah, mulai dari roti maryam, pukis arab hingga gule kambing.

2. Taman Bungkul

Berikutnya adalah Taman Bungkul. Taman seluas 10.000 meter persegi ini tidak hanya menawarkan area taman yang rindang dengan fasilitas yang lengkap. Di dalamnya terdapat makam tokoh Islam bernama Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul.

Tak heran jika taman ini, khususnya di kawasan pemakaman, selalu ramai dikunjungi umat Islam. Banyak yang berziarah dan juga membaca Alquran di makam teduh ini.

3. Makam Kakek Tondo

Baca juga: Jokowi akan ganti menteri dalam waktu dekat, Ngabalin: Jangan cengeng

Kawasan makam ini cukup unik karena terletak di pusat Kota Surabaya tepatnya di Ketandan Surabaya. Meski demikian, kawasan makam tersebut tetap terjaga dan terawat dengan baik hingga saat ini. Makam Mbah Buyut Tondo selalu ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat sekitar makam juga sangat kreatif dan menjual berbagai makanan, minuman dan kerajinan tradisional di sekitar makam. Peziarah tidak hanya bisa mengunjungi makam Mbah Buyut Tondo, tetapi juga berwisata kuliner atau berbelanja oleh-oleh.

4. Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya

Wisata religi di Surabaya yang terakhir adalah Masjid Rahmat Kembang Kuning. Masjid ini sudah ada sejak lama, lebih tepatnya saat Sunan Ampel menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa. Namun masjid ini dibangun kembali pada tahun 1967 namun tidak meninggalkan unsur tradisional yang melekat pada masjid sebelumnya.

Setiap harinya, Masjid Rahmat Kembang Kuning tidak pernah sepi jamaah. Bahkan ada yang rela pergi ke Surabaya hanya untuk sholat di masjid ini.

Demikian informasi tentang 4 Wisata Religi Islam di Surabaya. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata ke Kota Pahlawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button