Presiden Jokowi Kirim Surpres Gantikan Pimpinan KPK di DPR - WisataHits
Jawa Timur

Presiden Jokowi Kirim Surpres Gantikan Pimpinan KPK di DPR

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Surat kepresidenan (surpres) dari Presiden Jokowi (Joko Widodo) tentang calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar telah dikirim ke DPR RI. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengaku pihaknya menerima surpres tersebut.

“Memang saya sudah mendapat kabar bahwa Perpres sudah disampaikan, tapi belum kami selesaikan (rapat pimpinan),” kata Dasco kepada wartawan, Selasa (20/9/2022) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Mata Dasco, Ketua DPR RI, akan terlebih dahulu menggelar rapat tentang calon presiden untuk memimpin KPK, menggantikan Lili Pintauli. Pertemuan itu akan berlangsung minggu depan. “Belum rapi, jadi kita bersihkan dulu, mungkin minggu depan,” jelasnya.

Pengganti-Pemimpin-KPK-b60a1b2add5d64f8e.jpgWakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (FOTO: Dok Pribadi)

Dasco mengaku belum mengetahui nama pengganti Lili di kursi pimpinan KPK. “Saya belum melihatnya,” kata Dasco, politisi senior di Partai Gerindra.

Surat surpres ketua KPK pengganti Lili dikirim ke DPR

Sebelumnya, Sekretaris Negara Pratikno memberikan kabar terbaru tentang pergantian pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar. Ia mengatakan, Keppres Presiden Jokowi tentang calon pimpinan KPK untuk menggantikan Lili Pintauli telah dikirim ke DPR RI.

“Surpres sudah disampaikan ke DPR, surpres sudah disampaikan ke DPR,” kata Pratikno kepada wartawan, Senin (19/9/2022) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Pratikno mengatakan, Perpres tersebut sudah disampaikan sejak pekan lalu. Namun, dia enggan menyebut pengganti Lili sebagai ketua pimpinan KPK. “Sudah seminggu. Tanya ke DPR (pengganti Lili sebagai pimpinan KPK),” jelasnya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sambut Surpres Sebagai Pengganti Lili Pintauli Siregar

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyambut baik langkah Presiden Jokowi menyerahkan surpres ke DPR menggantikan Lili Pintauli Siregar (LPS). Ghufron berharap segera ada nama alternatif untuk Lili.

“Kami menyambut baik pengumuman Surpres tentang pencalonan pimpinan KPK menggantikan Ibu LPS,” kata Nurul Ghufron, dikutip detik, Selasa (20/9/2022).

Ghufron berharap DPR bisa menggunakan surpres untuk menunjuk wakil pimpinan KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar. Dengan pergantian wakil ketua, kerja KPK kembali optimal.

Tangga pengganti-KPK-c.jpgPresiden Indonesia Jokowi (FOTO: Kantor Pers Istana Kepresidenan)

“Mudah-mudahan DPR bisa segera mengidentifikasi pengganti Bu LPS agar KPK segera memiliki 5 pimpinan lengkap lagi dan kami berharap kerja KPK kembali maksimal,” kata Ghufton.

Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri setelah diduga melanggar kode etik dengan mendapatkan tiket balapan MotoGP Mandalika dan menerima opsi akomodasi melalui anak usaha PT Pertamina (Persero). Tak hanya dirinya, Lili dikabarkan mengajak keluarganya berlibur dengan biaya yang ditanggung perusahaan negara.

Presiden Jokowi telah mengumumkan akan mengusulkan nama pengganti Lili kepada DPR RI secepatnya. Surat pengunduran diri Lili ditandatangani Presiden pada 11 Juli 2022.

“Kami akan usulkan (nama pengganti Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar) ke DPR secepatnya,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button