Keindahan Pantai Padabumi di Ujung Pantai Tasikmalaya - WisataHits
Jawa Timur

Keindahan Pantai Padabumi di Ujung Pantai Tasikmalaya

Tasikmalaya

Pantai selatan Jawa Barat memiliki potensi wisata yang besar. Ada banyak lokasi pantai eksotik yang bisa memberikan kesan baik bagi pengunjung.

Salah satunya adalah Pantai Padabumi yang terletak di ujung timur pesisir Kabupaten Tasikmalaya, lebih tepatnya di desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong. Pantai ini mungkin salah satu permata tersembunyi dari pantai Kabupaten Tasikmalaya.

Pantainya tidak terlalu luas dan tidak terlalu terlihat dari sisi jalan utama yang melintasi selatan Jawa Barat. Namun keindahan panorama dan suasananya bisa membuat pengunjung betah berlama-lama.

Salah satu daya tarik Pantai Padabumi adalah gugusan karang di sebelah kanan yang membuat pemandangan pantai begitu mempesona. “Ini bukit Karang Tawulan, jadi pantai Padabumi ada di bawah Karang Tawulan,” kata Popon, pedagang pantai Padabumi, Jumat (11/11/2022).

Saat memasuki kawasan wisata ini, pengunjung dihadapkan pada lingkungan yang bersih dengan tempat duduk dan paviliun yang tertata rapi. Bukan paviliun mewah, hanya paviliun dari dealer. Namun, kebersihan lingkungan membuatnya menyenangkan untuk mengunjungi daerah tersebut.

Deretan kios pedagang berjejer rapi dan menjual berbagai macam makanan. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tak ketinggalan para pedagang kelapa muda seakan melengkapi indahnya suasana pantai.

“Tidak boleh berenang di pantai ini, tapi kalau main air di pantai saja bisa. Anak-anak pasti senang,” kata Popon.

Ditambahkannya, Pantai Padabumi biasanya ramai dikunjungi pengunjung pada akhir pekan. “Hari-hari biasa juga cukup ramai, biasanya singgah di sini membuat mereka yang melintasi Jalur Jawa Barat Daya betah,” kata Popon.

Pantai Padabumi dikelola oleh pemerintah desa setempat. Obyek-obyek wisata ini masih perlu diberi sentuhan agar bisa menarik lebih banyak wisatawan.

“Ya, memang ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki. Itu sudah termasuk akses ke Pantai Padabumi, kemudian fasilitas penerangan dan benteng atau tembok penahan di pinggir pantai,” kata Popon.

Ia berharap pemerintah bisa membantu menata Pantai Padabumi yang menurutnya memiliki potensi besar sebagai tempat persinggahan atau peristirahatan wisata di jalur Jawa Barat Daya.

Simak video “Jauh Dari Pengawasan, Seorang Anak Nyaris Tenggelam di Pantai Padabumi”.
[Gambas:Video 20detik]
(direktori/direktori)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button