Prakiraan cuaca hari ini Tidak ada hujan lebat dan kilat - WisataHits
Jawa Barat

Prakiraan cuaca hari ini Tidak ada hujan lebat dan kilat

Prakiraan cuaca hari ini Tidak ada hujan lebat dan kilat

TEMPO.CO, jakarta – Tidak ada hujan deras di dalam ramalan cuaca hari iniDikeluarkan Kamis 12 Januari 2023 BMKG untuk kota besar atau ibu kota provinsi. Bahkan di tengah hujan disertai petir dan peringatan dini bencana hidrometeorologi.

BMKG hanya menyatakan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kupang dan Medan. Hujan ringan tersebar di Denpasar, Bengkulu, Jambi, Bandung, Surabaya, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Kendari dan Manado.

Suhu udara diperkirakan sekitar 20-33 derajat Celcius, dengan suhu terendah berada di Bandung dan Banda Aceh. Suhu tertinggi terjadi di Gorontalo, Semarang dan Pontianak.

Baca juga: Prospek iklim BMKG menyerukan bencana kebakaran hutan 2023 setelah banjir pada 2022

BMKG mengingatkan, perampokan atau banjir masih akan terus terjadi di pantai utara Jawa Tengah akibat pasang maksimum. Tinggi gelombang di laut diperkirakan mencapai 2,5 hingga 4,0 meter meliputi perairan selatan Jawa Timur, Bali Selatan, dan Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga NTB.

Prakiraan cuaca hari ini disusun BMKG setelah memantau keberadaan pusat tekanan rendah di Filipina selatan yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dari Samudera Pasifik timur Filipina hingga Laut Sulawesi. Sistem ini juga membentuk daerah konvergensi/konvergensi yang membentang di utara Kalimantan, utara Sulawesi Utara, dan utara Maluku Utara.

Konvergensi akibat sirkulasi siklon juga dipantau oleh BMKG yang membentang dari Sumatera Utara hingga Aceh hingga Sumatera Barat. Daerah konvergensi juga terpantau, membentang dari Lampung Barat hingga Sumatera Selatan, di Selat Karimata, di Jawa Barat bagian timur, di Jawa Timur.

Juga di perairan selatan NTB, di NTT, di Kalimantan Barat bagian utara, di Kalimantan Selatan, di Sulawesi Tengah, di Papua Barat, di perairan utara Papua Barat dan di Papua. Menurut BMKG, konvergensi dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button