Mengenal Desa Tirtosuworo Giriwoyo, gudangnya seniman tradisional di Wonogiri | umm - WisataHits
Jawa Tengah

Mengenal Desa Tirtosuworo Giriwoyo, gudangnya seniman tradisional di Wonogiri | umm

Mengenal Desa Tirtosuworo Giriwoyo, gudangnya seniman tradisional di Wonogiri

Desa Tirtosuworo dikenal sebagai tempat berlatih seniman di Giriwoyo pada tahun 1980-an.

wonogirikab.go.id, Jumat (21/10/2022), saat ini banyak cara untuk memajukan suatu daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian seperti: B. pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UKM). Upaya lainnya adalah membuat desa wisata Promosi Daihatsu Rocky harga mobil Rp 200 juta jadi hanya Rp 99.000

Namun di Desa Tirtosuworo mereka tidak mau hanya mengandalkan pariwisata. Selain itu, desa ini ingin mengembangkan daerahnya melalui kesenian tradisional yang dimilikinya.Pada tahun 1980-an, Desa Titrosuworo dikenal sebagai pusat pelatihan seniman di Kecamatan Giriwoyo. Kesenian tradisional yang mereka kuasai seperti Rebana/Terbang, Karawitan, Tretek Bambu dan Reog.

Lanjut membaca:
pos solo »

Anggota TNI AL yang Tembak Tewas Warga Jayapura Meninggal, Kasus Ditutup – ANTARA News

TENGAH – Baku tembak dilakukan oleh anggota TNI AL Peltu HS yang mengakibatkan tewasnya seorang warga sipil bernama Tri Mulyo di Perumahan Permata… Selengkapnya>>

Mengenal Desa Mbengan di NTT yang Ditetapkan sebagai Desa Wisata Desa Wisata Mbengan di Manggarai Timur, NTT memiliki sejumlah wisata alam dan budaya.

Al-Quran ditemukan di dekat pintu gerbang masjid desa Saneta |Republika OnlineTerjadi penodaan Alquran di sebuah masjid di desa Saneta.

Sebuah desa di Malang terisolasi akibat jembatan yang rusak diterjang banjirBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan bencana yang terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengakibatkan sebuah desa hancur akibat…

Gus Halim: Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Produktivitas DesaGelar Teknologi Tepat Guna Nusantara telah diselenggarakan secara rutin setiap tahun sejak 1999. Acara ini menampilkan teknologi tepat guna dari desa-desa terbaik.

Mantan forum perangkat desa Pernyataan dukungan untuk Gibran sebagai gubernur Jawa TengahForum Aparatur Desa (Forumadi) Indonesia sebelumnya telah menyatakan dukungannya kepada Walikota Solo Gribran Rakabuming Raka untuk mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah 2024.

Pasca banjir, 2 desa di Kabupaten Bone Bolango terisolir dan kekurangan air bersihBanjir yang melanda Kabupaten Bone Bolango awal bulan ini menyebabkan rusaknya jaringan air minum. Akibatnya, warga kekurangan pasokan air bersih.

Dilaporkan oleh wonogirikab.Tour de Timau Promosikan Wisata di Pegunungan Timau NTT DOK/MBENGAN-HENDRA WISATAWAN Jerman berwisata ke Desa Wisata Mbengan di Ngapan Keto (Tebing Keto) untuk melihat pemandangan alam di Laut Sawu selatan, Manggarai Timur, Agustus 2022 untuk melihat REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tanah longsor memutus akses sejumlah desa di Kabupaten Malang, menurut dia, sembilan kecamatan terdampak yakni Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur, Pagak, Donomulyo, dan Kalipare.

go.id, Jumat (21/10/2022), Saat ini banyak cara untuk memajukan suatu daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian, seperti mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UKM). Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Ndalo Werok, Gua Liang Kar, Air Terjun Piripipi, Air Terjun Par Tambang dan Rumah Adat Mbaru Embo Suku Nanga. Upaya lain adalah dengan membuat desa wisata. Terdakwa, yang diidentifikasi sebagai Sohan Singh, tidak ditangkap. Daihatsu Rocky Promotion, mobil seharga Rp 200 juta, jadi hanya Rp 99.000. Namun di desa Tirtosuworo mereka tidak mau hanya mengandalkan pariwisata. Namun, masih ada genangan air di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare.

Selain itu, desa ini ingin mengembangkan wilayahnya melalui seni tradisionalnya. Dia juga mengatakan kepada polisi bahwa dia menemukan jeans di masjid yang dia lihat dipakai oleh seorang pria yang dia kenal. Pada 1980-an, desa Titrosuworo dikenal sebagai tempat pelatihan seniman di Kabupaten Giriwoyo. Kesenian tradisional yang mereka kuasai seperti Rebana/Terbang, Karawitan, Tretek Bambu dan Reog. Seiring berjalannya waktu, kesenian tradisional yang dimiliki oleh desa Titrosuworo mulai menurun. Pada awal tahun 2020, pemerintah desa Tirtosuworo mulai kembali mengembangkan kesenian tradisional. Bencana tersebut terjadi pada Senin (17 Oktober) akibat hujan deras.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Menjadikan Daerah Anda Desa Wisata di Wonogiri. Seniman atau sesepuh yang dulunya berkecimpung di bidang seni diundang untuk mendidik generasi muda dan berbagi pengalaman. Semua anak-anak di desa Titrosuworo selalu berlatih musik, yang bertempat di rumah kepala desa desa Titrosuworo, atau lebih tepatnya di dusun Ngemplak, desa Titrosuworo. Gatot Suryanto, Kepala Desa Titrosuworo (Kades), mengatakan desanya memiliki ikon seni tradisional, serta potensi warga dan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang dapat dikembangkan kembali. Tidak hanya itu, program live-in juga direncanakan di desa yang ada di desa Titrosuworo. Dengan adanya program ini, pengunjung dapat menikmati beberapa kesenian secara langsung.* Baca juga:.

Semua kesenian yang ada di Desa Tirtosuworo dipromosikan dalam sebuah wadah oleh Gerakan Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (PKK) Desa Tirtosuworo dan disebut Puspa Giri. Daftar dan berlangganan sekarang. Hanya dengan Rp 99.000/tahun, Anda sudah bisa menikmati berita lebih detail dan bebas iklan serta berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, motor NMax dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button