Tim SAR menyelesaikan pencarian siswa Pasuruan yang hilang di Bukit Krapyak, Halaman Mojokerto all - WisataHits
Jawa Timur

Tim SAR menyelesaikan pencarian siswa Pasuruan yang hilang di Bukit Krapyak, Halaman Mojokerto all

MOJOKERTO, KOMPAS.com – Pencarian Raffi Dimas Baddar, 20, mahasiswi asal Pasuruan yang hilang saat berkemah di kawasan Bukit Krapyak, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, akhirnya dihentikan.

Mahasiswa tersebut hilang sejak Minggu (9/11/22). Namun, karakternya belum ditemukan hingga Senin (19/9/2022), atau hari kesembilan sejak dinyatakan hilang.

Baca Juga: Fokus Cari Pendaki Hilang, Bumi Perkemahan Bukit Krapyak, Mojokerto Ditutup

Komandan Tim Basarnas Surabaya Octavino mengatakan, sesuai SOP, operasi pencarian harus dihentikan, meski keberadaan korban belum ditemukan.

Mengacu pada SOP, pencarian orang hilang dilakukan selama tujuh hari. Pencarian Raffi yang hilang sejak Minggu (11/92022), dilakukan sejak hari itu oleh petugas gabungan dari berbagai dinas dan komunitas relawan.

“Pencarian orang hilang di Bukit Krapyak dihentikan Basarnas. Termasuk Posko Pencarian Orang Hilang yang berlokasi di Grenjengan juga sudah ditutup,” kata Octavino saat dikonfirmasi. Kompas.comSenin (19/9/2022) malam.

Baca Juga: Sebelum Hilang, Pendaki Bukit Krapyak, Mojokerto Pernah Bertemu Teman-Temannya, Disapa Tapi Tak Dipedulikan

Kalaupun dihentikan, lanjutnya, pencarian skala kecil akan terus berlanjut. Pencarian independen juga sedang dilakukan oleh pihak keluarga.

Octavino menyatakan jika di kemudian hari ditemukan petunjuk atau tanda-tanda keberadaan korban, maka operasi pencarian akan dilakukan kembali.

Ia berharap, jika seseorang atau keluarga korban menemukan tanda-tanda keberadaan korban, bisa menghubungi Bukti Krapyak atau pengelola kawasan wisata Perhutani.

“Misalnya ada warga sekitar yang mencari pakan ternak di kawasan Bukit Krapyak dan menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Mohon informasinya segera disampaikan ke Perhutani,” kata Octavino.

Ia menambahkan, selama pencarian Raffi, tim SAR gabungan melakukan berbagai upaya untuk mencari petunjuk keberadaan korban. Tetapi pada hari kesembilan, pencarian tidak membuahkan hasil.

Baca Juga: Kronologis Pendaki Pasuruan Kalah Saat Berkemah di Bukit Krapyak, Mojokerto

Pencarian keberadaan Raffi tidak hanya dilakukan oleh Basarnas Surabaya, tetapi juga oleh puluhan pejabat dan relawan gabungan. Petugas gabungan tersebut berasal dari TNI/Polri, Perhutani BKPH Pacet, Polhut Tahura, serta pengelola wisata dan Komunitas Pencinta Alam Padusan.

Selain itu, penggeledahan juga melibatkan relawan dari LMDH Pesona Alam Lestari dan sejumlah relawan antara lain LPBINU, Komunitas Welirang dan warga sekitar.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pendaki bernama Raffi menghilang saat berkemah di bukit Krapyak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Raffi diketahui tinggal di Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sebelum dinyatakan hilang, Raffi dan 10 temannya memasuki loket perkemahan di Bukit Krapyak sejak Sabtu (10/9/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Raffi dan kawan-kawan kemudian mendirikan tenda di lahan 24C milik RPH Claket, BKPH Pacet, KPH Pasuruan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: surabaya.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button