Pracima Tuin dibuka pada 21 Januari 2023 dan memperkenalkan kuliner favorit para raja di Candi Mangkunegaran Solo - WisataHits
Jawa Barat

Pracima Tuin dibuka pada 21 Januari 2023 dan memperkenalkan kuliner favorit para raja di Candi Mangkunegaran Solo

Pracima Tuin dibuka pada 21 Januari 2023 dan memperkenalkan kuliner favorit para raja di Candi Mangkunegaran Solo

TEMPO.CO, solo – Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengatakan, pihak pengelola Pura Mangkunegaran saat ini sedang menyelesaikan persiapan pembukaan Taman Pracima atau Pracima Tuin pada Sabtu, 21 Januari 2023. Pembukaan resmi atau grand opening diharapkan berlangsung pada Maret 2023.

“Insya Allah tanggal 21 kita akan awal yang lembut (Pracima Tuin) dulu dalam artian belum 100 persen operasional,” kata Mangkunegara X kepada awak media usai bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis, 12 Januari 2023, di Balai Kota by Solo.

Meski demikian, menurut Mangkunegara X, Pracima Tuin sudah bisa menerima pengunjung, meski masih terbatas. “Jadi pelan-pelan kita buka bertahap karena pembangunannya masih berjalan dan banyak aspek operasional yang kita persiapkan,” ujarnya.

Mangkunegara X yang bernama Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo sebelum Jumeneng mengatakan, sebagai pembuka pembukaan Pracima Tuin, akan disuguhkan berbagai kuliner khas Mangkunegaran terlebih dahulu. Restoran di kawasan ini menyajikan berbagai masakan favorit masa lalu Mangkunegara.

Sejumlah pekerja sedang mengerjakan proyek revitalisasi Taman Mangkunegaran Solo pada Selasa, 8 November 2022. PACE/SEPTHIA RYANTHIA

“Di Pracima Tuin ada restoran yang buka dan bisa dikunjungi setiap hari oleh masyarakat atau wisatawan. Masakan yang kami pelajari, kami teliti makanan khas Mangkunegaran, merupakan makanan favorit Mangkunegara sebelum saya,” kata Mangkunegara X.

Menurut Mangunegara X, beberapa jenis makanan dikemas secara khusus dan menarik, di antaranya Dendeng Umur, Brubus, dan Garang Asem. Pemilihan makanan yang berbeda ini berdasarkan referensi dari arsip Candi Mangkunegaran.

Untuk kunjungan wisata nanti, kata Mangkunegara X akan berupa paket wisata. Namun, konsep paket wisata masih disiapkan mulai Maret 2023.

“Ya nanti ada paket wisata untuk pengunjung, tapi sekarang makanannya disajikan dalam skala kecil dulu,” kata Mangkunegara X.

Mulai Januari hingga Maret 2023 direncanakan pelayanan kunjungan wisata di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran dengan pemberitahuan terlebih dahulu. “Pertama-tama, kami akan membuat paket berdasarkan reservasi sebelumnya sehingga kami dapat menarik lebih banyak pengunjung,” kata Mangkunegara X yang menargetkan jumlah pengunjung sekitar 100 hingga 150 orang selama periode tersebut. awal yang lembut.

Selain rencana pembukaan Pracima Tuin, Mangkunegara X mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan walikota dan pemerintah kota terkait sektor pariwisata. “Kami juga melakukan mediasi dan diskusi program dan kegiatan budaya yang dapat diselenggarakan di Mangkunegaran sehingga dapat mendukung kegiatan pariwisata dan budaya di Kota Solo,” ujarnya.

Pihaknya berharap Kelenteng Mangkunegaran Solo tahun ini lebih banyak menarik pengunjung ke Kota Solo. “Kita di Mangkunegaran juga bisa mendukung pemerintah kota dan wisatawan agar lebih banyak lagi dan bagaimana kita bisa memperkenalkan budaya khususnya Jawa kepada masyarakat luas,” kata Mangkunegara X.

Sementara itu, Gibran meyakini kualitas makanan dan tempat mewah yang ditawarkan Pracima Tuin Pura Mangkunegaran akan sesuai dengan harga tiket yang ditawarkan kepada pengunjung. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo itu belum mau membeberkan harga tiketnya. “Nanti (harga tiket). Tapi menurut saya harganya akan sangat-sangat terjangkau,” ujarnya.

Baca juga: Apem, kolak dan beras ketan, masakan khas pura Mangkunegaran, penuh makna dan filosofi yang dalam

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button