Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo akan dibuka pada 21 Januari - WisataHits
Jawa Tengah

Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo akan dibuka pada 21 Januari

Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo akan dibuka pada 21 Januari

KOMPAS.com – Taman Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, dijadwalkan dibuka pada Sabtu (21/01/2023). Di tempat ini wisatawan bisa berwisata kuliner khas Mangkunegaran.

“Insya Allah tanggal 21 kita awal yang lembutdalam artian belum beroperasi 100 persen,” kata Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dikutip dari DiantaraKamis (1/12/2023).

Baca juga:

“Kami perlahan membukanya secara bertahap karena pembangunannya masih berjalan dan banyak aspek operasional yang kami persiapkan,” imbuhnya.

Adapun pembukaan besar atau pembukaan resmi direncanakan pada Maret 2023.

Baca Juga: 6 Fakta Candi Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang-erina

Bangunan pendapa utama yang merupakan bagian dari sisa kejayaan penguasa Mangkunegaran di Candi Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (03/06/2022).  Didirikan pada tahun 1757, Candi Mangkunegaran pernah berkembang di bawah kendali sejumlah pabrik gula dan memiliki sistem militer modern.  KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA (WEN) 03/06/2022KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Bangunan pendapa utama yang merupakan bagian peninggalan kejayaan penguasa Mangkunegaran di candi Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (03/06/2022). Didirikan pada tahun 1757, Candi Mangkunegaran pernah berkembang di bawah kendali sejumlah pabrik gula dan memiliki sistem militer modern. KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA (WEN) 03/06/2022

Salah satu daya tarik Taman Pracima Tuin adalah restoran yang menyajikan makanan favorit masa lalu Mangkunegara berdasarkan arsip Candi Mangkunegaran.

“Pracima Tuin memiliki restoran setiap hari untuk dinikmati pengunjung. Masakan yang kami pelajari, kami teliti dari kuliner khas Mangkunegaran, makanan favorit Mangkunegara-Mangkunegara sebelum saya dulu,” jelasnya.

Baca juga:

Salah satu masakan yang akan masuk dalam menu adalah Dendeng Age, Brubus dan Garang Asem.

Nantinya akan ada paket wisata untuk pengunjung namun untuk saat ini makanan akan disajikan dalam skala kecil terlebih dahulu.

“Sementara itu dari Reservasi dulu, ke depan kita satukan paket-paketnya supaya bisa menarik lebih banyak pengunjung,” ujarnya.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (12/02/2022), Pura Mangkunegaran merupakan tempat tinggal para raja atau adipati Mangkunegaran. Lokasinya berada di Jalan Ranggawarsita Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Baca Juga: 6 Kegiatan Wisata di Pura Mangkunegaran, Tempat Resepsi Kaesang Erina

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button