PPKM dicabut, Wagub Emil optimistis pariwisata di Jatim akan meningkat - WisataHits
Jawa Timur

PPKM dicabut, Wagub Emil optimistis pariwisata di Jatim akan meningkat

PPKM dicabut, Wagub Emil optimistis pariwisata di Jatim akan meningkat

MALANG, iNews.id – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak optimistis pariwisata di Jatim akan meningkat jika penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dicabut. Dikatakannya, saat ini tidak ada lagi batasan khusus seperti yang tertuang dalam peraturan PPKM.

“Bahkan dengan dicabutnya PPKM, sektor pariwisata terdongkrak karena tidak ada larangan khusus,” kata Emil, Kamis (19/1/2023).

Meski begitu, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada mengingat masih hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

Meski saat ini tidak ada pembatasan jumlah kunjungan wisatawan, bukan berarti masyarakat bisa mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

“Namun tentunya kita tetap mengimbau budaya hidup sehat sejak dini. Budaya hidup sehat tidak boleh diubah, termasuk memakai masker, protokol kesehatan harus diikuti,” ujarnya.

Di sisi lain, penggunaan aplikasi PeduliLindendi masih diterapkan di beberapa lokasi wisata. Pasalnya, dengan aplikasi ini, menurutnya, bisa melihat bukti seseorang yang terpapar Covid-19 atau belum divaksin sebanyak tiga kali.

“Di beberapa tempat masih dipakai (PeduliLindendi) karena jelas kalau orang itu Covid-19 tidak bisa kemana-mana,” ujarnya.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan menjadi 52,7 juta pada Oktober 2022 dibandingkan 45,6 juta wisatawan pada periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pariwisata di Jawa Timur tercatat sebesar Rp 36.986,76 miliar pada triwulan I tahun 2022 dalam harga berlaku sektor pariwisata. Angka ini kemudian naik menjadi Rp 38.243,41 miliar pada kuartal kedua.

Kuartal ketiga tercatat Rp 39.408,48 miliar. Sektor pariwisata di Jawa Timur digenjot dengan potensi 1.316 daya tarik wisata yang terbagi atas 449 wisata alam, 354 wisata budaya, 513 wisata buatan dan 596 desa wisata.

Penerbit : Rizky Agustian

Ikuti iNewsJava News di Google News

Bagikan artikel:

PPKM dicabut, Wagub Emil optimistis pariwisata di Jatim akan meningkat

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button