Penerbangan internasional ke Semarang segera dibuka, paket Wis - WisataHits
Jawa Tengah

Penerbangan internasional ke Semarang segera dibuka, paket Wis

Semarang, IDN Times – Penerbangan internasional melalui Bandara Ahmad Yani Semarang akan segera dibuka. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang saat ini tengah melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian.

1. Disbudpar siapkan pariwisata daerah

Penerbangan internasional ke Semarang akan segera dibuka, paket wisata disiapkanKecamatan Kota Lama Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kepala Disbudpar Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan ada empat rute yang akan dibuka, antara lain dari Singapura, Malaysia, dan Guangzhou.

“Pembukaan Jendela waktu Penerbangan ini membuka peluang untuk mendatangkan lebih banyak turis asing ke Kota Semarang,” katanya di sela-sela Indonesia Tourism Exchange ke-7 di Hotel MG Setos Semarang, Selasa (11/8/2022).

Seiring bertambahnya kasus COVID-19, Pemkot Semarang berupaya menyiapkan paket wisata baru bekerja sama dengan pemerintah kabupaten sekitar.

“Kami menyiapkan pariwisata daerah melalui paket wisata aglomerasi dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dari Demak, Grobogan, Kendal, Semarang hingga Salatiga. Kita jual potensi wisata yang ada, misalnya kita mau wisata religi ke Demak, lalu ada wisata alam Bledug-Kuwu ke Grobogan dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga: 6 Agenda Acara di Semarang Hingga Akhir 2022 Bakal Penuh dan Seru

2. Tingkat kunjungan di Semarang mencapai 2,8 juta wisatawan

Penerbangan internasional ke Semarang segera dibuka, paket wisata disiapkanMasjid Agung kota Semarang di kawasan Kauman. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Menurut Wing, pemulihan sektor pariwisata pascapandemi paling cepat dibandingkan sektor lainnya. Oleh karena itu, pihaknya terus menggali potensi wisata seni budaya dan menyelenggarakan festival bertaraf nasional dan internasional sehingga Kota Semarang menjadi tujuan wisata utama.

“Pada Agustus 2022, tingkat kunjungan wisatawan mencapai 1,2 juta wisatawan di Kota Lama saja. Sedangkan di Kota Semarang mencapai 2,8 juta. Jadi akhir tahun ini kita targetkan 5 juta kunjungan wisatawan dan tahun depan 7 juta wisatawan,” jelasnya.

3. Bekerja sama dengan pemangku kepentingan pariwisata untuk menarik wisatawan

Penerbangan internasional ke Semarang segera dibuka, paket wisata disiapkanPembeli dan penjual pemangku kepentingan pariwisata bertemu Selasa (11/8/2022) di Bursa Pariwisata Indonesia (BWI) Jawa Tengah ke-7 di Hotel MG Setos, Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara itu, Pemkot Semarang mendukung kegiatan Bursa Pariwisata Indonesia (BWI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Bahkan, Disbudpar Kota Semarang akan kembali menggelar kegiatan tersebut tahun depan di ibu kota Jawa Tengah itu.

“Kami akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan pariwisata untuk mengembangkan paket perjalanan yang dapat dipasarkan kepada wisatawan pembeli mendatangkan wisatawan ke kota Semarang. Kami akan mengemas tempat-tempat wisata untuk merevitalisasi sektor pariwisata,” kata Wing.

Pada BWI ke-7 ada 117 vendor dan lebih dari 200 pembeli hadir di acara tersebut. Tidak hanya pelaku pariwisata, UMKM di Jawa Tengah juga terlibat dan berpartisipasi.

Ketua DPD ASPPI Jateng Setyo Legowo mengatakan pihaknya kembali menggelar kegiatan BWI setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap pembeli Siapapun yang datang bisa membawa wisatawan ke Jawa Tengah. Kemudian tahun depan kami akan melakukan lebih banyak kegiatan seperti e.g pasar perjalanan Tingkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah,” ujarnya.

Baca Juga: Kompetisi Berlangsung Saat Wisata Sejarah Semarang 10K 2022 Digelar Kembali

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button