PKMS Unsiq latih teknik urban farming di Mlipak Wonosobo - WisataHits
Jawa Tengah

PKMS Unsiq latih teknik urban farming di Mlipak Wonosobo

BERITA WONOSOBO – Program Kemitraan Masyarakat (PKMS) Unsiq Stimulus mengadakan pelatihan Teknik Urban Farming atau Urban Farming meliputi Vertikultura, Akuaponik dan Hidroponik kepada Kelompok Pemuda Desa Mlipak, Kabupaten Wonosobo pada Minggu 28 Agustus 2022.

PKMS merupakan bagian dari program Tim Hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Anggota tim PKMS Unsiq, Rina Mahmudati, M.Pd mengumumkan, pihaknya juga memberikan dukungan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan produktivitas karang taruna Mlipak. Kegiatan tersebut juga diisi oleh 4 narasumber tim PKMS Unsiq yaitu Rina Mahmudati, M.Pd, M. Furqon Hakim, ST, MT, Akhmad Zaed, A.Md, dan Suroso, SHMM

Baca Juga: Ini Pesan Menteri Sandiaga Uno di Wisuda UNSIQ, Mengingat Potensi Wisata Religi di Wonosobo

“Alat yang disediakan adalah berbagai alat urban farming dan starter kit hidroponik. Rig urban farming berukuran 80cm x 55cm x 85cm ini menggunakan pipa 2 Dim dan menerapkan sistem DFT atau teknik Deep Flow yang memiliki kelebihan pada saat pompa mati karena pemadaman listrik bekerja, tanaman tidak cepat layu karena masih ada sisa air hara yang tergenang di saluran tersebut,” kata nara sumber M Furqon.

Selain itu, bantuan berupa rangka dengan 6 lajur masing-masing 1 meter dan masing-masing lajur memiliki 10 lubang tanam dengan jarak antar lubang 5 cm.

Sedangkan media tanam yang digunakan adalah rockwool dan bagian pipa penghubung dan rockwool adalah mesh pot berdiameter 7cm dan dilengkapi dengan kain flanel sebagai media perambatan air atau nutrisi.

“Saat mensirkulasikan air dengan pompa 9 watt berkapasitas 30 liter per menit. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman dengan DFT Urban Farming System lebih baik dibandingkan dengan pertanian konvensional, diukur dari indikator pertambahan daun, panjang daun, lebar daun dan tinggi batang,” imbuhnya.

Baca Juga: Disparbud Bersama UIN Walisongo Semarang dan Unsiq Sepakat Kembangkan Wisata Religi Wonosobo

Source: kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button