Pj Bupati Buteng Optimis potensi wisata gua bisa mendunia - WisataHits
Yogyakarta

Pj Bupati Buteng Optimis potensi wisata gua bisa mendunia

Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup saat membagikan materi wisata di sebuah hotel di Jogja, Sabtu malam (29/10/2022).

PROSESNEWS.ID, JOGJA – Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Yusup mengatakan, potensi wisata Buteng khususnya wisata gua sebanding dengan gua-gua di belahan dunia lainnya.

Demikian disampaikan Yusup saat menjadi keynote speaker pada diskusi panel regional “Pengembangan Potensi Pariwisata dan Investasi di Sulawesi Tenggara” yang diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Jogjakarta Sabtu (29/10/2022) malam lalu.

“Kemarin Menteri Koperasi berkunjung ke Buteng dan dia memastikan bahwa pariwisata utamanya adalah goa kelas dunia,” kata Muhammad Yusup.

Selain potensi wisata gua, Yusup mengatakan potensi wisata teluk juga akan menjadi fokus perhatian pemerintah daerah di bawah kepemimpinannya.

Untuk potensi wisata teluk, berdasarkan pembagian RTRW Buteng terbagi menjadi dua kawasan yaitu Teluk Lasongko dan Teluk Lianbanggai.

“Selain 2 tempat tersebut, juga terdapat kawasan wisata pulau yang strategis yaitu di Pulau Talaga. Dan itu akan diperkuat untuk dikenal dunia,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu semua, kata Yusup, pemerintah daerah Buteng terus menyusun serangkaian pedoman dengan langkah berbeda, agar pesona wisata alam Buteng bisa menarik perhatian dunia.

“Pertama, Pemda Buteng akan memberikan perhatian khusus pada pariwisata. Kedua, aksesibilitas gedung, ketiga seperti apa fasilitas dan atraksinya,” ujarnya.

Meski demikian, Yusup menjelaskan, kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan pelaku ekonomi sangat dibutuhkan agar potensi pariwisata Buteng bisa terkenal nantinya.

Reporter: menang

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button